Boladunia

Profil Daniel Maldini, Generasi Ketiga Dinasti Maldini di AC Milan

Daniel Maldini baru saja cetak gol di laga debutnya bersama AC Milan.

Rauhanda Riyantama

Penampilan debut Daniel Maldini saat AC Milan mengalahkan Spezia di Serie A. (ALBERTO PIZZOLI / AFP)
Penampilan debut Daniel Maldini saat AC Milan mengalahkan Spezia di Serie A. (ALBERTO PIZZOLI / AFP)

Bolatimes.com - Daniel Maldini akhirnya membuka keran golnya bersama AC Milan. Putra dari legenda dan kapten Milan, Paolo Maldini, itu mencetak gol debutnya untuk Rossoneri saat mengalahkan Spezia di pekan keenam Liga Italia 2021/22.

Daniel mencetak gol pembuka di laga tersebut pada menit ke-48. Ini merupakan gol perdana gelandang serang berusia 19 tahun itu semenjak debut bersama tim utama AC Milan pada 2 February 2020 lalu.

Gol ini punya arti sejarah yang panjang buat keluarga Maldini di Milan. Daniel menjadi generasi ketiga dari keluarga Maldini yang mencetak gol di Serie A setelah ayahnya dan kakeknya, Cesare Maldini.

Tak cuma gol, di laga itu Stefano Pioli memasang Daniel sebagai starter. Ini untuk pertama kalinya setelah penantian 4.500 hari sejak ayahnya terakhir kali menjadi starter di AC Milan pada 2009 silam.

Profil Daniel Maldini

Daniel Maldini lahir pada 11 Oktober 2001, dia merupakan anak kedua dari Paolo Maldini dan Adriana Fossa.

Lahir dari keluarga yang punya sejarah panjang di sepak bola, khususnya dengan AC Milan, kehidupan Daniel tidak jauh-jauh dari si kulit bundar.

Tidak seperti kakaknya, Christian Maldini, karier Daniel Maldini terbilang lebih mentereng. Ketika usianya menginjak 9 tahun atau pada 2010 lalu, Daniel bergabung dengan akademi AC Milan.

Sejak bergabung di sana, Daniel menembus beberapa tim kelompok umur Milan. Mulai dari U-10 hingga membela tim U-19 AC Milan. Menariknya, dia tak bermain sebagai bek seperti ayahnya, melainkan gelandang serang.

Pada musim 2016/17, Daniel Maldini ikut tergabung dalam skuat AC Milan junior yang memenangi kejuaraan nasional U-16  (Campionato Nazionale Under-16), usai mengalahkan Lazio di final.

Maldini juga tercatat pernah menjadi top skorer untuk AC Milan di kompetisi U-17 musim 2017/18 dengan torehan 4 gol.

Setelah menghabiskan hampir satu dekade di akademi, Daniel Maldini dapat kesempatan melakukan debut di tim senior AC Milan pada 2 Februari 2020 saat menghadapi Hellas Verona. Daniel masuk menggantikan Samuel Castillejo.

Untuk debutnya di kompetisi Eropa, Daniel baru saja melakoninya pada 15 September lalu saat AC Milan bertandang ke markas Liverpool di fase grup Liga Champions.

10 hari berselang, Daniel Maldini melakoni debut pertamanya sebagai starter bersama Milan yang disempurnakan dengan gol debut.

Untuk kariernya di tim nasional sendiri, Daniel Maldini pernah merasakan membela Tim U-18 Italia dan U-19 Italia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini