Boladunia

Karier Tragis James Rodriguez yang Kini Terdampar di Liga Qatar

Di usia yang tergolong masih muda, James Rodriguez kini terdampar di Liga Qatar.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Bayern Munchen, James Rodriguez. (Christof Stache/AFP).
Gelandang Bayern Munchen, James Rodriguez. (Christof Stache/AFP).

Bolatimes.com - Karier James Rodriguez jungkir balik dalam beberapa tahun terakhir. Pemain asal Kolombia itu kini terdampar di Liga Qatar bersama klub Al-Rayyan.

Padahal, James Rodriguez digadang-gadang bisa menjadi pemain yang akan memiliki karier panjang di level top.

Nama James Rodriguez semakin dikenal setelah dia tampil ciamik bersama Kolombia di Piala Dunia 2014.  Dia membawa Kolombia menembus perempat final, sebelum dikalahkan tuan rumah Brasil.

Meski begitu, penampilan James Rodriguez banyak mendapat pujian. Total dia mencetak 5 gol di Piala Dunia 2014 dan meraih penghargaan Golden Boot.

Tak cuma itu, gol yang dicetak James Rodriguez dengan tendangan voli ke gawang Uruguay dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Dunia 2014 dan FIFA Puskas Award.

Lantaran penampilan apiknya itu, banyak top klub eropa yang mengincar James Rodriguez. Akhirnya Real Madrid memboyongnya dari AS Monaco dengan mahar 71 juta euro.

Nilai transfernya saat itu membuat James Rodriguez menjadi pemain keempat termahal di dunia. Musim perdananya di Santiago Bernabeu berjalan lancar.

James Rodriguez mencetak 17 gol dari 46 penampilan dan jadi kreator serangan Madrid lewat torehan 18 assist.

Di musim keduanya, Rodriguez masih tampil cukup apik dengan mencetak 8 gol dan 10 assist, serta membawa Los Blancos meraih gelar Liga Champions 2015/16.

Di musim 2016/17, James Rodriguez mulai kehilangan tempat setelah Zinedine Zidane mengambil alih kursi pelatih. Meski mampu mencetak 11 gol dan assist, James Rodriguez kuras puas dengan menit bermainnya.

Ingin mendapat kesempatan lebih banyak, James Rodriguez pindah ke Bayern Munchen dengan status pinjaman. Dia mengikuti jejak Carlo Ancelotti yang pindah ke Bayern.

Bersama Ancelotti, James Rodriguez kembali mendapat banyak kesempatan. Dia tampil 39 kali di semua kompetisi dengan mencetak 8 gol dan 14 assist di musim 2017/18 serta meraih gelar Bundesliga.

Di musim keduanya bersama Bayern, penampilan James Rodriguez masih cukup apik dengan mencetak 7 gol dan 6 assist. Namun, kepergian Ancelotti membuat James kembali kehilangan tempat.

Akhirnya di musim 2019/20, James Rodriguez kembali ke Madrid setelah Bayern tak mengaktifkan klausul pembelian.

Namun demikian, James Rodriguez tak banyak mendapat kesempatan dengan hanya tampil 14 kali di semua kompetisi dan lebih banyak berangkat dari bangku cadangan serta bergelut dengan cedera.

Di musim 2020/21, James Rodriguez pindah ke Everton dan kembali bereuni dengan Ancelotti. Tak terlalu signifikan kontribusi James dengan hanya tampil 26 kali dan mencetak 6 gol.

Ketika Everton menunjuk Rafael Benitez sebagai pelatih menggantikan Ancelotti yang pindah ke Madrid, James Rodriguez langsung kehilangan tempatnya.

Benitez secara terang-terangan menyebut James Rodriguez tak masuk skema permainannya di Everton. James Rodriguez pun pindah ke Liga Qatar bersama klub Al-Rayyan dengan nilai transfer yang dirahasiakan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini