Boladunia

Sejarah Siaran Langsung Pertama Pertandingan Sepak Bola

Adalah Arsenal yang kali pertama yang melakukan siaran langsung pertandingan.

Rauhanda Riyantama

Arsenal yang kali pertama yang melakukan siaran langsung pertandingan. (Dok. The Guardian)
Arsenal yang kali pertama yang melakukan siaran langsung pertandingan. (Dok. The Guardian)

Bolatimes.com - Tahukah kapan siaran langsung pertandingan sepak bola ditayangkan di televisi? Jawabannya adalah 16 September 1937 alias 84 tahun silam.

Adalah Arsenal yang kali pertama yang melakukannya. The Gunners melakukan laga internal antara tim utama dan cadangan. Oleh salah satu stasiun televisi, laga tersebut diliput dan disiarkan.

Cukup detail penayangan yang dilakukan ketika itu. Selama 15 menit, ada perkenalan pemain, dan tentu saja pertandingannya. Hanya, siaran tersebut bisa dinikmati di dekat Stadion Highbury saja.

Hal ini merupakan ide dari seorang insinyur bernama John Logie Baird yang mendemonstrasikan tata cara kerja televisi di sebuah laboratorium di London, Inggris.

Ide Baird terus berkembang seiring berjalannya waktu. Setahun setelahnya, stasiun televisi yang sama menyiarkan pertandingan antara Huddersfield Town vs Preston North End yang merupakan laga final Piala FA pada 1938.

Tak hanya di Inggris, Baird juga melebarkan sayapnya ke pelbagai negara Britania Raya. Salah satu caranya dengan menggunakan kabel telepon dari London ke Glasgow.  

Ketika itu, siaran langsung sepak bola juga menayangkan Inggris vs Skotlandia. Tapi, yang namanya teknologi belum maju seperti sekarang, siaran hanya dapat ditangkap di sekitaran London saja.

Teknologi yang dibawa Baird bukan tanpa masalah. Dengan adanya siaran langsung televisi, membikin gaduh penjualan tiket langsung ke stadion.

Akhirnya, siaran langsung di Inggris baru benar-benar terwujud pada 1960 dengan kemajuan teknologi yang lebih baik di saat itu. Ditambah pula, penyelenggara kompetisi juga sepakat dengan salah satu stasiun televisi Britania untuk menayangkannya.

Adapun, Piala Dunia 1954 memang sudah disiarkan secara langsung melalui televisi. Itu juga merupakan acara puncak yang pertama kali ditayangkan.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini