Boladunia

5 Pemain Top yang CLBK dengan Manchester United, Terbaru Ronaldo

5 pemain ini berseragam Manchester United di dua periode berbeda.

Rauhanda Riyantama

Cristiano Ronaldo saat main di Manchester United pada 2008. (PAUL ELLIS / AFP)
Cristiano Ronaldo saat main di Manchester United pada 2008. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Manchester United tak dimungkiri memang punya daya tarik tersendiri. Besar lantaran nama dan prestasi, membikin sejumlah pesepak bola yang sudah pergi, ingin kembali bermain di hadapan publik Old Trafford.

Paling anyar adalah Cristiano Ronaldo. Sempat mempekuat MU pada musim 2003 hingga 2009, Ronaldo sempat hengkang selama 12 tahun lamanya, kemudian baru-baru ini, ia kembali untuk memperkuat Iblis Merah.

Selain Ronaldo, ada sejumlah nama yang sempat berkarier di MU, pindah, kemudian kembali lagi. Berikut Bolatimes rangkum.

Les Sealey

Sealey adalah pemain MU era 1990. Bersama MU, sebetulnya pemain asal Inggris ini berstatus pinjaman dari Luto Town.

Kendati demikian, prestasi Sealey terbilang ciamik. Sebab, hanya satu musim bersama MU, ia sukses membawa timnya meraih juara dengan 31 penampilan.

Sealey kemudian dipinang Aston Villa, dipinjamkan ke Coventry City dan Birmingham dan dibeli kembali oleh MU pada musim 1993. 

Hanya, bulan madu Sealey dan MU tak seindah musim pertamanya. Tak satu penampilan ia catatkan dan akhirnya dia pindah ke Blackpool.

Mark Huges

Huges jadi pemain kedua yang kembali ke MU. Sempat berpetualang ke Barcelona, namun dirinya gagal bersinar.

Padahal, Huges yang merupalan alumnus akademi MU, punya karier gemilang sebelum merapat ke Barcelona. Selama 6 musim yakni 1980 hingga 1986, pria kelahiran Wales ini mencetak 37 gol dari 89 penampilannya.

Di Barcelona selama 20 musim, performa Huges melempem. Ia hanya bermain 28 kali dan mencetak 4 gol dan dipinjamkan ke Bayern Muenchen.

Alhasil, guna mengembalikan performanya, Huges mudik ke MU. Di kesempatan kedua berbaju Iblis Merah, Huges memenangi dua gelar Premier League dan dua Piala FA selama 7 musim berkarier pada 1988-1995.

Paul Scholes

Berbeda dengan dua pemain di atas, Scholes hanya bermain untuk MU semasa menjadi pesepak bola. Dirinya merupakan alumnus akademi MU dan promosi ke tim utama sejak 1991 hingga 2011.

Per musim 2011, Scholes menyatakan pensiun dari sepak bola. Namun, ia kembali turun gunung setahun berselang.

Bolongnya lini tengah MU ketika musim 2012/13 membikin Sir Alex memanggilnya. Kendati hanya semusim, Scholes sukses membawa MU juara Liga Inggris.

Paul Pogba

Sama seperti Huges dan Scholes, Pogba adalah binaan akadami MU. Kendati demikian, tak semua pemain bisa mencicipi tim utama.

Pogba adalah salah satunya. Pada 2012, Pogba yang sudah mendapat kesempatan main di tim utama, gagal menembus skuat inti. Alhasil, dirinya meminta untuk dijual guna menambah jam terbang.

Juventus kemudian mendapatkan servis pemain Perancis ini. Selama 4 musim di Turin, Pogba mendapatkan jam terbang dengan torehan 28 gol dari 124 pertandingan.

Pada musim 2016 hingga saat ini, Pogba kembali ke MU. Mahar besar dirogoh oleh manajemen MU untuk memulangkan anak didiknya ini. Ketika itu, Pogba pernah mencatatkan diri sebagai pemain termahal dunia. 

Cristiano Ronaldo

Seperti narasi yang disebutkan di awal, Ronaldo menjadi yang kelima deretan pemain MU yang CLBK. Sempat dirumorkan bergabung dengan Man City, CR7, demikian nama ikonik sang pemain, akhirnya mantap memilih MU.

Bersama MU, Ronaldo sudah mendapatkan sejumlah gelar. Liga Inggris, Liga Champions, dan pemain terbaik dunia sudah ia rasakan.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini