8 Pemain Top yang Pernah Berseragam Manchester United dan Barcelona

Salah satunya Zlatan Ibrahimovic.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 08 September 2021 | 16:15 WIB
 Alexis Sanchez/Instagram

Alexis Sanchez/Instagram

Bolatimes.com - Manchester United dan Barcelona adalah rival di kompetisi Eropa. Namun, siapa sangka, ada sejumlah pemain yang pernah memperkuat dua klub tersebut. 

Menariknya, nama-nama besar justru singgah. Mengutip dari sejumlah sumber, berikut Bolatimes merangkum siapa-siapa saja pemainnya.

1. Mark Huges

Baca Juga: Raffi Ahmad Bakal Bangun Sportainment, Ini Keistimewaannya

Mark Huges adalah nama pertama yang menjadi bagian dari Manchester United dan Barcelona. Pada musim 80-an performa Huges di Old Trafford membikin Barcelona kepincut.

Betapa tidak, Huges mencetak 47 gol dan membantu MU juara Piala FA. Mahar sebesar 3 juta euro kemudia ditebus oleh manajemen Blaugrana pada musim 1986.

Namun, performa Huges di Spanyol redup. Di Barcelona, dia hanya bermain 28 kali dan mencetak 4 gol. Akhirnya dipinjamkan ke Bayern Muenchen setelah 2 musim di Camp Nou. 

Baca Juga: Wikipedia Syaiful Indra Cahya Diedit Jadi Pegulat MMA usai Insiden Kung Fu

Setelahnya, manajemen Iblis Merah kembali merekrutnya. Bersama MU, Huges kembali ke performa apiknya. Selama 7 musim, dia mencetak 83 gol dari 257 pertandingan dan salah satunya mengantar tim tersebut juara.

2. Laurent Blanc

Bertitel sebagai pemain Timnas Perancis membuat klub-klub besar menginginkan jasanya. Barcelona adalah salah satunya dan merekrut Blanc pada 1996.

Baca Juga: Giliran Samuel Umtiti Rela Dipotong Gaji demi Selamatkan Barcelona

Meski demikian, Blanc hanya satu musim membela Barcelona. Tercatat, pemain berposisi bek ini mentas 28 kali dengan mencetak 1 gol.

Usai membela Barcelona, Blanc berpindah ke Marseille dan Inter Milan. Setelah tiga tahun menghabiskan waktu di dua klub tersebut, Blanc kemudian direkrut oleh MU.

Oleh MU, Blanc yang bermain selama 2 musim menjalani hari-hari yang menyenangkan. Salah satunya membawa MU juara Liga Inggris dan pensiun setelahnya.

Baca Juga: Tampil Brutal, Berikut 5 Pemain yang Paling Banyak Diganjar Kartu Merah

3. Jordi Cryuff

Jordi merupakan anak legenda Timnas Belanda Johan Cryuff yang besar di akademi sepak bola Barcelona. Pada September 1994 ia memulai debutnya untuk Blaugrana dan menjalani 53 pertandingan dengan 11 gol.

Namun, kebersamaan Jordi dengan Barcelona hanya 2 musim setelah ikut andil mengantar timnya juara Piala Super Spanyol. Setelahnya ia bertolak ke MU.

Di MU, Jordi sukses merengkuh juara Premier League di tahun keduanya di Old Trafford. Per musim 2000 ia kemudian meninggalkan tim dengan catatan 55 pertandingan di seluruh lintas ajang.

4. Henrik Larsson

Larsson jadi bagian penting Barcelona saat menjuarai Liga Champions musim 2006. Terbilang istimewa karena dia mencatatkan 2 assist. 

Namun, Larsson sejatinya sudah punya catatan mentereng saat membela Celtic. Pemain asal Swedia ini menyumbangkan lebih dari 240 gol.

Bicara soal kepindahan antara Barcelona dan MU, Larsson sejatinya sudah pulang ke kampung halamannya untuk bermain di Halsinborg. Tapi, ia dipinjamkan ke MU pada musim 2007 selama setengah musim.

Kendati demikian, penampilan Larsson sukses membantu MU juara musim itu. Di usia yang tak lagi muda, ia mencatatkan 7 penampilan dan 1 gol.

5. Gerard Pique

Pique menimba ilmu bersama MU di usia muda. Hanya, saat mentas di tim utama, minimnya kesempatan bermain membuat ia hanya menorehkan 12 penampilan selama rentang 2004-2008.

Alhasil, Pique kemudian mudik ke Spanyol untuk bergabung bersama Barcelona pada 2008. Bersama Blaugrana, pemain 34 tahun ini sudah bermain 366 kali dan mencetak 12 gol dan sudah memenangi sejumlah gelar bergengsi.

6. Victor Valdes

Valdes boleh dibilang legenda di Barcelona. Ia sudah bermain lebih dari 530 kali di seluruh lintas kompetisi.

Bicara juara juga tak main-main: Tiga medali Liga Champions pernah tersemat di lehernya saat membela Blaugrana.

Namun, pada 2015 Valdes memutuskan hengkang ke MU. Sayang, di Old Trafford, Valdes tak menjadi pilihan utama karena ada David De Gea. 

Alhasil, pada 2015 saat ia pindah, Valdes hanya mencatatkan 2 penampilan. Kemudian dia dipinjamkan ke Midelsbroug dan terdegradasi.

7. Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic boleh dibilang sukses bersama MU. Kendati usianya tak lagi muda saat bergabung dengan MU pada musim 2016, Ibra sukses membantu Iblis Merah meraih gelar Piala Liga dan Piala Europa.

Bicara soal Barcelona, Ibra pernah berbaju Blaugrana pada musim 2009 hingga 2011. Namun, karena sering terlibat cekcok dengan Pep Guardiola ketika itu, dia hanya mencatatkan 29 penampilan dengan 11 gol sebelum dipinjamkan ke AC Milan.

8. Alexis Sanchez

Sanchez nyaris tampil paripurna di Barcelona. Bermain di tepi sayap, pemain asal Cile ini mencatatkan 88 penampilan dengan 39 gol selama tiga musim.

Memasuki musim 2014, Sanchez dipinang Arsenal dan bermain apik di Emirates Stadium dengan raihan 60 gol dari 122 pertandingan. Lewat catatan itu, MU kepincut untuk merekrutnya.

Sayang, di MU selama 18 bulan, Sanches gagal bersinar karena cedera. Alhasil, dia hanya bermain 32 kali dan mencetak 3 gol saja.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak