8 Pemain Terbaik yang Direkrut di Hari Terakhir Bursa Transfer

Deretan pemain ini berhasil didatangkan di hari terakhir bursa transfer.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 08 September 2021 | 12:30 WIB
Penyerang Barcelona, Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter pada lanjutan Liga Champions, Kamis (3/10/2019) dini hari. [LLUIS GENE / AFP]

Penyerang Barcelona, Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter pada lanjutan Liga Champions, Kamis (3/10/2019) dini hari. [LLUIS GENE / AFP]

Bolatimes.com - Bursa transfer di dunia sepak bola selalu menghadirkan kejutan dan drama, terutama saat Deadline Day atau hari terakhir jual beli pemain.

Di musim panas 2021 ini, Deadline Day dipenuhi kejutan kala Manchester United mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Juventus.

Padahal sebelum kepindahan tersebut terjadi, nama pemain berusia 36 tahun itu dikaitkan dengan rival sekota Man United, Manchester City.

Baca Juga: PSS Jalani Recovery Setelah Tahan Imbang Persija Jakarta

Namun di detik-detik terakhir menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas secara penuh, Man United melakukan manuver dan dalam sekejap mencapai kesepakatan dengan Ronaldo dan agennya.

Selain transfer Cristiano Ronaldo, Deadline Day di musim panas 2021 ini juga dibarengi kejutan lainnya kala Real Madrid mendatangkan bakat muda Prancis, Eduardo Camavinga.

Transfer ini bisa dikatakan tak terduga sama sekali mengingat banyak laporan menyebutkan Real Madrid disibukkan dengan transfer Kylian Mbappe.

Baca Juga: Momen Nurul Akmal Jalani Sesi Latihan, Bungkam Komentar Sinis

Di sisi lain, Camavinga malah tak sekalipun dikaitkan dengan Real Madrid di musim panas ini dan lebih condong dikaitkan dengan Man United.

Kepindahan dua pemain dengan kualitas mumpuni ini pun menambah panjang daftar pemain hebat yang hijrah di detik-detik terakhir bursa transfer.

Selain Cristiano Ronaldo dan Eduardo Camavinga, siapa saja pemain hebat yang hijrah di detik terakhir bursa transfer? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Foto Selfie di Kamar Mandi, Body Goals Anya Geraldine Kembali Disorot

1. Ronaldo Nazario (2002)

Ronaldo Nazario (tengah) saat penyerahan simbolik dalam konferensi pers Real Valladolid (Cesar Manso/AFP)
Ronaldo Nazario (tengah) saat penyerahan simbolik dalam konferensi pers Real Valladolid (Cesar Manso/AFP)

Ronaldo Nazario de Lima menjadi salah satu pemain hebat yang didatangkan di detik-detik terakhir bursa transfer kala Real Madrid memboyongnya dari Inter Milan pada musim panas 2002.

Transfer ini dikatakan hebat bukan karena nama besar sang pemain saja, melainkan juga imbas yang Ronaldo berikan ke Real Madrid di mana selama 4,5 tahun ia mampu memberikan beragam gelar bergengsi.

Baca Juga: Ditinggal Messi dan Griezmann, Pique Berencana Pensiun Tahun Depan

2. Dimitar Berbatov (2008)

Dimitar Berbatov saat berseragam Manchester United (Anesh Debiky/AFP)
Dimitar Berbatov saat berseragam Manchester United (Anesh Debiky/AFP)

Jauh sebelum saga transfer Cristiano Ronaldo yang melibatkan Man United dan Man City, ada saga transfer Dimitar Berbatov.

Pada musim panas 2008 lalu, Man City telah melayangkan tawaran ke Tottenham Hotspur untuk Berbatov. Namun, sang pemain memilih Old Trafford sebagai pelabuhannya di detik-detik terakhir bursa transfer.

Kepindahan ini berujung manis mengingat pencapaian yang ditorehkan bomber asal Bulgaria tersebut yakni enam gelar dan status pencetak gol terbanyak Liga Inggris 2010-2011.

3. Luis Suarez (2011)

Selebrasi Luis Suarez usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. (JOSEP LAGO / AFP)
Selebrasi Luis Suarez usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. (JOSEP LAGO / AFP)

Berbeda dengan nama dua penyerang sebelumnya, Luis Suarez didatangkan Liverpool pada detik-detik terakhir bursa transfer musim dingin 2011.

Ia didatangkan dari Ajax dengan mahar 23 juta poundsterling. Meski tak memberi gelar, catatannya terbilang baik dengan 82 gol dari 113 penampilan yang dibarengi penghargaan pemain terbaik Liga Inggris 2013-2014.

4. Claude Makelele (2003)

Siapa yang tak kenal Claude Makelele? Nama pemain satu ini bahkan dijadikan salah satu posisi dalam taktik sepak bola, yakni Makelele Role.

Makelele menjadi pemain hebat yang juga didatangkan di akhir-akhir bursa transfer musim panas setelah tawaran 16 juta poundsterling Chelsea diterima Real Madrid.

Kepindahan Makelele sendiri dikarenakan Real Madrid membuangnya. Bersama Chelsea, ia mampu meraih dua gelar Liga Inggris, dua gelar Piala Liga dan satu gelar Piala FA.

5. Gareth Bale (2013)

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale (Gabriel Bouys/AFP)
Penyerang Real Madrid, Gareth Bale (Gabriel Bouys/AFP)

Gareth Bale menjadi salah satu nama besar yang didatangkan di akhir-akhir bursa transfer. Tak tanggung-tanggung, kepindahannya kala itu bahkan memecahkan rekor transfer dunia.

Real Madrid mengeluarkan 101 juta euro untuk memboyong Bale dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2013. Uang sebesar itu pun mampu dibalasnya dengan beragam trofi bergengsi, termasuk Hattrick Liga Champions.

6. Wayne Rooney (2004)

Mantan penyerang Manchester United, Wayne Rooney (Oli Scarff/AFP)
Mantan penyerang Manchester United, Wayne Rooney (Oli Scarff/AFP)

Jauh sebelum Cristiano Ronaldo dan Dimitar Berbatov, Man United pernah mendatangkan pemain hebat di detik terakhir bursa transfer pada sosok Wayne Rooney.

Man United mendatangkannya pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2004 dari Everton dengan harga cukup fantastis kala itu yakni 33 juta poundsterling untuk ukuran pemain muda seperti Rooney.

Meski demikian, besarnya mahar tersebut mampu dibalasnya dengan torehan golnya dan beragam gelar bergengsi di kancah domestik dan Eropa.

7. Ashley Cole (2006)

Mantan pemain Chelsea, Ashley Cole (Glyn Kirk/AFP)
Mantan pemain Chelsea, Ashley Cole (Glyn Kirk/AFP)

Dari enam daftar di atas, bisa dikatakan transfer Ashley Cole menjadi transfer teraneh yang pernah terjadi di detik-detik terakhir bursa transfer.

Chelsea mendatangkannya dari Arsenal pada musim panas 2006 dengan harga 5 juta poundsterling saja ditambah William Gallas.

Hasil transfer ini pun dapat ditebak. Ashley Cole sukses menjadi salah satu bek kiri terbaik dunia, sedangkan pamor William Gallas meredup dan kariernya terlupakan.

8. Sergio Ramos (2005)

Sergio Ramos (Dok. thesefootballtimes.com/Galih)
Sergio Ramos (Dok. thesefootballtimes.com/Galih)

Selain Ronaldo Nazario, Real Madrid juga punya rekam jejak apik di Deadline Day kala memboyong Sergio Ramos dari Sevilla pada musim panas 2005.

Ramos diboyong dengan mahar 27 juta euro. Sejak kepindahan itu, ia menjelma menjadi salah satu bek terbaik di dunia dengan beragam gelar mentereng di level klub dan tim nasional.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak