Boladunia

Ansu Fati Warisi Nomor Punggung 10 Barcelona Milik Lionel Messi

Nomor punggung 10 identik dengan Messi.

Rauhanda Riyantama

Ansu Fati mencetak dua gol dari dua assist yang diberikan Lionel Messi, membawa Barcelona mengalahkan tamunya Levante dengan skor 2-1. (Foto: AFP)
Ansu Fati mencetak dua gol dari dua assist yang diberikan Lionel Messi, membawa Barcelona mengalahkan tamunya Levante dengan skor 2-1. (Foto: AFP)

Bolatimes.com - Terjawa sudah siapa pewaris nomor punggung 10 Barcelona sepeninggal Lionel Messi. Blaugrana secara resmi memberikan nomo tersebut pada penyerang muda Ansu Fati.

Barcelona mengumumkan bahwa pemain berusia 18 tahun jebolan akademi La Masia itu akan mengenakan nomor 10 mulai kampanye 2021/2022 ini.

"Ansu Fati memiliki nomor punggung baru. Setelah mengenakan nomor 22 lalu 17, striker muda Barca ini akan dengan bangga mengenakan nomor punggung 10 -- jersey terkenal yang sebelumnya dipakai oleh para legenda seperti Lionel Messi, Ronaldinho dan Rivaldo," demikian pernyataan di laman resmi Barcelona, Rabu (1/9/2021).

Ansu Fati sendiri belum tampil memperkuat Barcelona musim ini. Sang wonderkid masih berjuang untuk pulih dari cedera lutut parah yang dialaminya musim lalu.

"Meski baru berusia 18 tahun dan masih belum pulih dari cedera, Ansu Fati menjadi bagian dari sejarah Barca sebagai pemecah rekor dan juga bersama Timnas Spanyol. Sejak debutnya (di tim utama Barcelona) pada Agustus 2019, anak muda ini telah mencetak rekor di liga (Spanyol) dan Liga Champions."

Nomor 10 Barcelona sebelumnya sempat tanpa pemilik, menyusul kepergian Lionel Messi di musim panas ini dengan status free transfer dan akhirnya gabung dengan Paris Saint-Germain.

Sempat tercetus ide dari para Cules untuk 'mempensiunkan' nomor 10 Barcelona demi menghormati pencapaian Messi di Camp Nou. Namun, gagasan tersebut berbenturan dengan peraturan Liga Spanyol.

Pihal LaLiga memang mewajibkan seluruh tim untuk mendaftarkan 25 pemain dengan nomor punggung yang berurutan. Apabila ada satu nomor yang dihilangkan, maka tim tersebut hanya bisa mendaftarkan 24 pemain saja.

(Rully Fauzi)

Berita Terkait

Berita Terkini