Boladunia

Kenang Ketajaman Sadio Mane: Cetak Hat-trick dalam 3 Menit ke Gawang Villa

Di musim 2014/15, Sadio Mane mencetak hat-trick dalam kurun waktu 176 detik.

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Liverpool, Sadio Mane (Guenter Schiffmann/AFP)
Penyerang Liverpool, Sadio Mane (Guenter Schiffmann/AFP)

Bolatimes.com - Sadio Mane kini dikenal sebagai salah satu penyerang tajam di jagat sepak bola. Ketajamannya semakin terasah setelah bergabung dengan Liverpool di bawah arahan Juergen Klopp.

Bahkan, kerja samanya bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino di lini depan menjadi salah satu trio paling menakutkan. Nyatanya ketajaman Mane sudah terlihat sebelum pemain asal Senegal itu bergabung dengan Liverpool.

Momen istimewa itu terjadi pada musim perdana Mane di Premier League. Mane yang dibeli Southampton pada September 2014 dengan harga 11,8 juta poundsterling mampu menunjukkan penampilan yang memukau.

Di bawah arahan pelatih Ronald Koeman, Mane tampil solid di lini depan The Saints bersama Graziano Pelle, Dusan Tadic, dan Shane Long. Di musim debutnya itu, Mane mencetak 10 gol dan 5 assist.

Di antara torehan gol itu, Mane pernah mencatatkan hat-trick sensional. Momen itu terjadi pada laga kandang terakhir Southampton musim 2014/15. Menghadapi Aston Villa, Mane mampu mencetak tiga gol dalam kurun waktu kurang dari 3 menit (2 menit 56 detik).

Southampton yang tampil menekan sejak awal laga membuahkah hasil saat Sadio Mane bikin gol pembuka di menit ke-12. Satu setengah menit kemudian, Mane kembali bikin gol setelah memanfaatkan blunder dari kiper dan bek Villa.

Stadion St. Mary's semakin bergemuruh setelah di menit ke 15 lewat 18 detik Sadio Mane mencetak gol ketiganya. Torehan itu membuat Mane tercatat sebagai pemain yang mencetak trigol tercepat dalam sejarah Premier League.

Di musim keduanya bersama Southampton, ketajaman Mane semakin terasah. Meski gagal membawa Southampton mentas di Liga Europa karena gagal di babak kualifikasi, di akhir musim Mane tercatat sukses menorehkan 15 gol dan 9 assist dari 43 laga lintas ajang.

Berkat penampilan ciamik selama dua musim di Southampton, Liverpool kepincut memboyong Mane ke Anfield. Duit sebesar 34 juta poundsterling pun dikeluarkan untuk mendatangkan mantan pemain Red Bull Salzburg tersebut.

Di bawah arahan Klopp dan ditopang oleh skuat lebih mumpuni di Liverpool, kertajaman Sadio Mane semakin terasah. Selama kurang lebih 4 musim bersama The Reds, Mane menorehkan 97 gol dari 216 pertandingan di semua kompetisi. Bahkan di musim 2018/19, Mane meraih Sepatu Emas Premier League usai mencetak 22 gol.

Prestasi yang didapatkan Mane bukan cuma di ranah individu. Bersama Liverpool, Sadio Mane meraih gelar juara Premier League, Liga Champions, UEFA Super Cup, hingga Piala Dunia Antarklub.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini