Boladunia

Profil Sir Alex Ferguson, Manajer Paling Sukses di Inggris

Sir Alex Ferguson merupaka pelatih legendaris yang telah mempersembahkan berbagai trofi untuk Manchester United. Simak profilnya

Irwan Febri Rialdi

Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson berpose saat meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA (Andrew Yates/AFP)
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson berpose saat meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA (Andrew Yates/AFP)

Bolatimes.com - Salah satu legenda besar di dunia sepak bola adalah mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. Tahun ini sang legenda meluncurkan film dokumentasi terbarunya berjudul Sir Alex Ferguson – Never Give In. Film tersebut menceritakan momen-momen terpenting dalam hidup pelatih legendaris Manchester United tersebut sebagai pemain dan pelatih. Film ini juga menggambarkan sosoknya yang memiliki tekad berapi-api. 

Simak profil Sir Alex Ferguson sebelum menonton tayangan film Never Give In yang telah rilis pada 27 Mei 2021 di bioskop Inggris.

Profil Sir Alex Ferguson

Sir Alex Chapman Ferguson (lahir pada 31 Desember 1941) merupakan mantan manajer dan pemain sepak bola asal Skotlandia. Sepanjang karirnya sebagai pemain, Ferguson bermain sebagai penyerang untuk beberapa klub Skotlandia, seperti Dunfermline Althletic dan Rangers. Ia dikenal sebagai manajer terhebat sepanjang masa dengan mengelola Manchester United dalam kurun waktu 1986-2013.

Ferguson diangkat sebagai manajer Manchester United pada November 1986. Selama kurang lebih 26 tahun bersama Manchester United, ia memenangkan 38 trofi, termasuk 13 gelar Liga Inggris, lima Piala FA, dan dua gelar Liga Champions UEFA. Salah satu kenangan tak terlupakan baginya adalah ketika menghantarkan MU meraih gelar juara Liga Inggris di musim 1992-1993 untuk pertama kalinya. 

Ferguson dianugerahi gelar kebangsawanan dalam daftar Queen’s Birthday Honours untuk jasanya di dunia sepak bola pada 1999. Dua puluh enam tahun menjadi pelatih Manchester United, ia menjadi manajer terlama kedua setelah Sir Matt Busby. Fergi (panggilan akrab Ferguson) resmi menyatakan pensiun sebagai pelatih Manchester United pada 9 Mei 2013. Posisinya kemudian dilanjutkan oleh David Moyes mulai 1 Juli 2013.

Sir Alex Ferguson, Sosok Panutan Banyak Orang

Sepanjang dedikasinya melatih pemain, pria 79 tahun ini berhasil mendidik para pemain superstar seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, Paul Scholes, R.V. Nistelrooy, Ryan Gigs, dll. Banyak teladan yang bisa diperoleh dari seorang Ferguson. Sang legenda memiliki jiwa pemenang dan taktik luar biasa yang ia terapkan membuat lawan sering menundukkan kepala karena kalah menghadapi tim The Red Devils.

Ferguson saat ini menjadi pembicara dan konsultan yang sangat dicari di bidang manajemen dan kepemimpinan untuk perusahaan besar di seluruh dunia dan institusi akademik seperti Harvard. Ferguson kemudian menuangkan seluruh dokumentasi perjalanan di dunia sepak bola dalam film Never Give In yang tayang pada 27 Mei lalu di bioskop Inggris. Dalam film yang digarap oleh putranya, Jason Ferguson, ia menceritakan perjuangannya melawan penyakit otaknya yang dialami di tahun 2018.

Biodata Sir Alex Ferguson

Nama: Alexander Chapman Ferguson

Tanggal lahir: 31 Desember 1941

Tempat lahir: Govan, Glasgow

Kewarganegaraan: Skotlandia

Lisensi Kepelatihan : Lisensi Pro UEFA

Karier Manajerial

  • East Stirlingshire (1974)
  • St. Mirren (1974-1978)
  • Aberdeen (1978-1986)
  • Manchester United (1986-2013)

Demikian profil Sir Alex Ferguson, mantan manajer sepak bola paling legendaris di klub Liga Inggris.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini