Boladunia

Dari Keluarga Miskin, 4 Fakta Emiliano Martinez yang Jarang Orang Tahu

Emiliano Martinez ramai dipuji setelah mengantarkan Argentina menjuarai Copa America 2021. Simak fakta menarik soal Emiliano

Irwan Febri Rialdi

Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021. (EVARISTO SA / AFP)
Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021. (EVARISTO SA / AFP)

Bolatimes.com - Emiliano Martinez didaulat menjadi kiper terbaik dalam ajang Copa America 2021 ini. Emiliano Martinez juga menjadi salah satu suksesor Tim Tango dalam memenangkan trofi Copa America 2021. Pada babak semifinal melawan Kolombia, ia mampu melakukan penyelematan gemilang dari tendangan lawan hingga mampu menuju partai final melawan Timnas Brasil. Emiliano Martinez merupakan penjaga gawang klub Liga Inggris Aston Villa. Pada musim 2019-2020 ia pernah dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik di Premier League setelah ia berhasil mengagalkan Chelsea untuk menjadi juara di Final Piala FA.

Dibalik suksesnya Emiliano Martinez bersama Timnas Argentina maupun klubnya, ada beberapa fakta menarik yang menjadi saksi hidup dalam kariernya hingga saat ini. Berikut adalah daftar fakta menarik Emiliano Martinez yang jarang orang ketahui.

1. Berasal dari Keluarga Miskin

Di balik dari kesuksesannya bersama timnas maupun klub, Emiliano Martinez merupakan salah satu pesepak bola yang lahir dan besar dari keluarga yang kurang berada. Bahkan saat ia kecil, keluarganya tidak mampu untuk membelikannya sepatu sepak bola. Ayahnya bekerja di pelabuhan sedangkan ibunya sebagai pembantu rumah tangga.

2. 10 Tahun Berseragam Arsenal

Emiliano Martinez memulai debut profesionalnya di klub Liga Inggris Arsenal pada tahun 2012. Selama bersama Arsenal, ia sering kali dipinjamkan di beberapa klub seperti Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers. Getafe, hingga Reading. Ia hanya menjalani pertandingan bersama Arsenal sebanyak 23 pertandingan yang kemudian memutuskan untuk hijrah ke Aston Villa pada tahun 2020 silam.

3. Tampil Apik Bersama Aston Villa

Setelah memutuskan hengkang dari Arsenal, Emiliano Martinez memutuskan untuk bermain bersama Aston Villa. Ia tampil apik bersama Aston Villa yang kemudian membuatnya menyamai rekor Brad Friedel untuk clean sheet dalam satu musim untuk klub dengan 15 kali dalam 38 pertandingan hingga ia terpilih sebagai Pemain Terbaik Musim untuk Aston Villa dan kiper terbaik di Premier League.

4. Debut Timnas pada tahun 2021

Emiliano Martinez yang bermain apik bersama klubnya Aston Villa pada musim 2020-2021 membuat pelatihnya Lionel Scaloni memanggil dirinya sebagai kiper. Awalnya Scaloni memutuskan Emiliano Martinez sebagai pelapis dari Franco Armani, namun Scaloni memasang dirinya sebagai kiper utama pada 3 Juni 2021 saat melawan Chile. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini