Boladunia

Daftar Juara Terbanyak Copa America, Argentina Teratas Samai Rekor Uruguay

Argentina berhasil menyamai rekor Uruguay untuk menjadi pemenang terbanyak Copa America

Irwan Febri Rialdi

Lionel Messi dan para pemain Argentina merayakan gelar juara Copa America 2021. (Foto: AFP)
Lionel Messi dan para pemain Argentina merayakan gelar juara Copa America 2021. (Foto: AFP)

Bolatimes.com - Copa America 2021 sudahh berakhir. Pesta sepak bola antar negara Amerika Selatan ini akan menghadirkan Argentina sebagai juara setelah mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Adapun, Copa America 2021 sejatinya harusnya berlangsung di Argentina, namun pandemi COVID-19 membikin gelaran dipindahkan ke Brasil. Ini menjadi edisi ke-47 sepanjang Copa America berlangsung.

Copa America biasanya digelar setiap dua tahun sekali, tetapi waktunya dapat berubah. Pada tahun 1959, turnamen ini bahkan diselenggarakan setahun dua kali. Pada tahun 2007 atau edisi ke-42, Copa America sempat berlangsung empat tahun sekali sampai dengan edisi ke-44 (2015).

Sejak digelar pertama kali pada 1916, sudah ada 8 negara berbeda yang berhasil menjadi kampiun Copa America. Siapa saja negara yang punya koleksi gelar Copa America terbanyak?

1. Uruguay (15 gelar)

Dalam 46 kali penyelenggaraan Copa America, Uruguay tercatat menjadi negara yang paling sering menjadi juara atau berstatus sebagai negara tersukses dengan koleksi 15 trofi. Tim berjuluk La Celeste ini juga sebagai negara pertama yang menjuarai Copa America pada 1916.

Pada edisi berikutnya tahun 1917, La Celeste kembali merengkuh trofi. Uruguay terakhir mengangkat piala Copa America pada edisi 2011. Saat itu, Luis Suarez dan kolega berhasil menggunduli Paraguay 3-0 di laga puncak.

2. Argentina (15 gelar)

Setelah menjuarai Copa America 2021, Argentina menyamai rekor Uruguay sebagai peraih trofi terbanyak turnamen tersebut.

3. Brasil (9 gelar)

Daftar berikutnya adalah Brasil yang punya koleksi 9 trofi Copa America. Selecao juga merupakan juara bertahan dari edisi ke-46 yang digelar pada 2019 lalu. Ketika itu Brasil mengalahkan Peru dengan skor 3-1 di laga pemungkas.

Dalam 10 edisi terakhir Copa America, Brasil telah 5 kali lolos ke partai final. Total 5 kesempatan tersebut tak pernah berakhir dengan kegagalan dan selalu berbuah gelar juara.

4. Paraguay, Chile, Peru (2 gelar)

Di luar tiga besar negara yang punya koleksi trofi Copa America terbanyak, terdapat tiga negara yang sama-sama pernah dua kali menjadi juara Copa America. Mereka adalah Paraguay, Chile, dan Peru.

Chile bahkan merebut dua trofi secara beruntun yaitu pada edisi 2015 dan 2016, kemudian Paraguay terakhir kali jadi juara pada 1979, dan Peru pada 1975.

5. Bolivia dan Kolombia (1 gelar)

Negara lainnya, yaitu Kolombia dan Bolivia baru sekali menjadi juara Copa America. Bolivia melakukannya pada edisi 1963, sementara Kolombia di tahun 2001.

Dari 10 negara yang bernaung dalam CONMEBOL, hanya Ekuador dan Venezuela yang belum pernah merasakan manisnya menjadi juara.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini