Boladunia

Denmark Jadi Tim Pertama yang Bobol Gawang Inggris sejak Maret 2021

Rekor tak kebobolan Inggris dipatahkan Denmark di laga semifinal Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Aksi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, saat membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)
Aksi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, saat membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Denmark boleh jadi gagal melangkah ke final Euro 2020 usai ditumbangkan Timnas Inggris. Namun, tim Dinamit tetap menjadi kejutan dengan berhasil menjebol gawang The Three Lions yang perawan selama hampir empat bulan.

Denmark harus mengubur impiannya mengulangi keberhasilan di tahun 1992 pada Euro 2020 usai takluk di tangan Inggris di babak semifinal dengan skor 1-2.

Denmark sejatinya tak bermain buruk dan terbilang bermain ngotot untuk memenangkan laga ini. Daya juang anak asuh Kasper Hjulmand terlihat sejak menit pertama.

Bahkan, gol pertama di laga ini dicetak pertama kali oleh Denmark lewat tendangan bebas Mikel Damsgaard yang tak bisa dihalau Jordan Pickford di menit ke-30.

Tak lama berselang, gantian Inggris yang berhasil menjebol gawang Denmark. Adalah Simon Kjaer yang mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol bunuh diri di menit ke-39.

Meski secara materi dan nama Denmark kalah jauh dari Inggris, tim Dinamit terlihat bermain ngotot dan menyulitkan tuan rumah di hadapan ribuan para pendukungnya di Stadion Wembley.

Alhasil, laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di babak ini, Denmark kembali tampil apik dalam bertahan dan mampu menggagalkan seluruh peluang Inggris.

Naas, di menit ke-103 Raheem Sterling terlihat jatuh di kotak 16 Denmark sehingga wasit menunjuk titik putih. Keputusan ini cukup kontroversial karena banyak yang menganggap Sterling melakukan diving.

Harry Kane yang menjadi eksekutor pun berhasil mencetak gol memanfaatkan bola rebound hasil tendangan penaltinya yang ditepis Kasper Schmeichel. Gol tersebut pun lantas memupus harapan Denmark mengulangi pencapaian 29 tahun lalu.

Meski demikian, Denmark tetap menorehkan tinta apik karena mampu menjebol gawang Inggris yang perawan sejak kompetisi digelar dan bahkan sejak 4 bulan lalu.

Selebrasi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, usai membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)
Selebrasi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, usai membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Perawannya Gawang Timnas Inggris

Mikkel Damsgaard menjadi pemain yang dipuja kala Inggris bersua Denmark di semifinal Euro 2020. Pasalnya, gol tendangan bebasnya tersebut mengakhiri Clean Sheets The Three Lions di ajang ini.

Sebagaimana diketahui, dalam lima laga dari babak grup hingga babak semifinal, gawang Inggris yang dijaga Jordan Pickford belum pernah dibobol oleh lawan.

Bahkan, tanda-tanda Inggris takkan kebobolan di laga ke-6 Euro 2020 terlihat sebelum tendangan bebas Mikkel Damsgaard yang melewati pagar betis menjebol gawang Jordan Pickford.

Gol tersebut nyatanya tak hanya mengakhiri catatan Clean Sheets Inggris, melainkan juga memutus catatan tak kebobolan The Three Lions yang bertahan selama hampir 4 bulan.

Tercatat, gawang Inggris tak pernah kebobolan sejak 24 Maret 2021 hingga 30 menit babak pertama semifinal Euro 2020 melawan Denmark.

Terakhir kali Inggris kebobolan terjadi pada bulan November 2020 kala menghadapi Belgia di ajang UEFA Nations League.

Jika ditotal, sejak 25 Maret 2021 Inggris telah melakoni 8 laga dengan total 720 menit. Jika ditambah 30 menit sebelum gol Mikel Damsgaard, maka gawang The Three Lions perawan selama 750 menit.

Catatan impresif tak kebobolan itu sejatinya bisa bertahan setidaknya hingga final Euro 2020. Sayangnya, ledakan Denmark lewat Mikkel Damsgaard tak bisa dibendung barisan kokoh pertahan Inggris dan juga kegesitan Jordan Pickford.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini