Boladunia

Emiliano Martinez, Pemain Buangan Arsenal yang Jadi Pahlawan Argentina

Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021.

Rauhanda Riyantama

Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021. (EVARISTO SA / AFP)
Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021. (EVARISTO SA / AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan semifinal Copa America 2021 antara Argentina vs Kolombia diselenggarakan di Estadio Nacional de Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi ini. Pada pertandingan tersebut Argentina berhasil memenangkan adu penalti 3-2 setelah bermain imbang skor 1-1 dengan Colombia.

Berket kemenangan tersebut, Argentina memastikan diri untuk melaju ke final Copa America 2021. Lionel Messi cs akan melawan tuan rumah Timnas Brasil.

Pada pertandingan tersebut, Argentina unggul lebih dulu berkat gol Lautaro Martinez menit ke-7. Penyerang Inter Milan tersebut menembakkan tendangan ke pojok kanan bawah gawang Colombia yang dijaga oleh David Ospina.

Pada menit ke-62, Luis Diaz berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi individunya yang masuk ke dalam kotak penalti. Luis Dias kemudian mengakhiri aksi individunya tersebut dengan mencungkil bola menggunakan kaki kanannya sehingga tidak dapat ddihalau oleh Emiliano Martinez. Pertandingan kemudian berakhir dengan skor 1-1 pada menit ke-90.

Namun pada pertandingan semifinal tersebut, Emiliano Martinez menjadi pahlawan Argentina pada babak adu penalti sehingga melaju ke Final Copa America 2021.

Aksi heroik Emiliano Martinez menepis penalti pemain Kolombia sehingga mengantar Argentina ke final Copa America 2021. (NELSON ALMEIDA / AFP)
Aksi heroik Emiliano Martinez menepis penalti pemain Kolombia sehingga mengantar Argentina ke final Copa America 2021. (NELSON ALMEIDA / AFP)

Emiliano Martinez merupakan pemain Aston Villa yang pernah berseragam Arsenal. Selama bersama Arsenal, dirinya kerap dipinjamkan ke banyak klub seperti Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhamption Wanderers, Getafe, hingga Reading.

Kiper 28 tahun tersebut berhasil menepis tendangan penalti tiga pemain lawan. Tendangan berturut-turut oleh Davinson Sanchez, Yerry Mina dan Edwin Cardona berhasil dijinakkan oleh Emiliano Martinez.

Timnas Argentina berhasil memenangkan adu penalti dengan skor 3-2 dan maju untuk menantang Timnas Brazil pada laga Final Copa America 2021 di Rio de Janeiro pada tanggal 10 Juli 2021 mendatang. Pertandingan Final Copa America 2021 menjadi pertandingan final kelima bagi Argentina namun selalu gagal mengangkat trofi.

Timnas Argentina terakhir berhasil mengangkat trofi Copa America pada tahun 1993 saat mengalahkan Timnas Meksiko pada partai Final dengan skor 2-2. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini