Boladunia

Dikalahkan Belgia, Portugal Ciptakan Rekor Paling Buruk di Euro

Portugal ciptakan rekor terburuk di Euro, apa itu?

Rauhanda Riyantama

Cristiano Ronaldo banting ban kapten usai Portugal kalah dari Belgia di 16 besar Euro 2020. (AFP/Thanassia Starvakis/Pool)
Cristiano Ronaldo banting ban kapten usai Portugal kalah dari Belgia di 16 besar Euro 2020. (AFP/Thanassia Starvakis/Pool)

Bolatimes.com - Portugal, yang notabene memiliki predikat juara bertahan, harus rela tersingkir dari babak 16 besar setelah dikalahkan oleh Belgia. Skor 1 – 0 yang dilesakkan Belgia cukup untuk membawa mereka melaju ke babak selanjutnya. Dikalahkan Belgia, Portugal ciptakan rekor paling buruk di Euro selama mereka tampil sebagai partisipan.

Bagaimana tidak? Portugal hanya meraih satu kemenangan dari total 4 laga yang dilaksanakannya. Di fase grup mereka hanya berhasil membukukan 4 poin dari tiga pertandingan, satu kalah, satu menang, dan satu seri. Pada laga 16 besar, mereka langsung dikalahkan Belgia dan angkat koper dari gelaran tersebut.

Permainan Portugal yang Tak Maksimal

Jika melihat laga yang berlangsung beberapa waktu lalu, memang sangat terlihat Portugal tak bermain dengan maksimal. Portugal praktis hanya bermain dengan Cristiano Ronaldo saja, sementara sisanya seperti kehilangan gairah untuk memenangkan pertempuran.

Belgia di sisi lain, masih memiliki gairah tinggi untuk terus melakukan penyerangan. Hasilnya adalah satu gol dari Thorgan Hazard di menit 42, dan bertahan hingga akhir pertandingan. Berbagai upaya selanjutnya gagal diwujudkan ke dalam gol yang menambah keunggulan.

Romelu Lukaku memeluk Cristiano Ronaldo usai laga Portugal vs Belgia Euro 2020. (AFP/Lluis Gene/ Pool)
Romelu Lukaku memeluk Cristiano Ronaldo usai laga Portugal vs Belgia Euro 2020. (AFP/Lluis Gene/ Pool)

Rekor Terburuk Sejak 1984

Terakhir kali Portugal mencatatkan rekor buruk ini adalah pada tahun 1984. Portugal menjadi partisipan di Euro 1984 dengan torehan rekor buruk serupa, yakni total empat pertandingan, dengan sekali menang, sekali seri, dan dua kali kalah.

Untuk Cristiano Ronaldo sendiri, hal ini juga sekaligus jadi catatan buruk di karirnya sebagai punggawa tim nasional Portugal. Setelah sebelumnya bisa mengantarkan Portugal menjadi juara Euro 2016 lalu, Ronaldo kini hanya bisa membawa tim kebanggaannya sampai 16 besar saja.

Beberapa peluang sebenarnya sempat terjadi selama 90 menit pertandingan berjalan. Namun sial untuk kedua pihak, gol tambahan gagal tercipta dan pertandingan berakhir dengan skor 1 – 0 untuk kemenangan Belgia.

Dikalahkan Belgia, Portugal ciptakan rekor paling buruk di Euro 2020 ini. Meski demikian, Ronaldo dan kawan-kawan tetap patut berbangga karena sudah memberikan yang terbaik yang mereka bisa. Meskipun harus tersisih dari babak 16 besar, namun Portugal tetap akan selalu masuk dalam tim raksasa Eropa yang kuat dan patut diperhitungkan.

Berita Terkait

Berita Terkini