Boladunia

Pengakuan Eks Wasit Vietnam: Gol Pertama ke Gawang Indonesia Tidak Sah

Mantan wasit Vietnam mengakui gol pertama anak asuh Park Hang-seo tidak sah.

Arif Budi Setyanto

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Bolatimes.com - Mantan wasit asal Vietnam, Duong Manh Hung, mengutarakan pendapatnya soal gol pertama yang terjadi ke gawang Indonesia. Duong Manh Hung menganggap gol itu tidak sah.

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam berakhir dengan skor 0-4 untuk kemenangan anak asuh Park Hang-seo. Dalam kemenangan itu, gol pertama Vietnam jadi sorotan karena berbau kontroversi.

Pasalnya, sebelum mencetak gol pertama Vietnam, Nguyen Tien Linh diklaim lebih dulu handball. Kendati demikian, wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Akan tetapi, menurut penuturan eks wasit Vietnam yang bernama Duong Manh Hung, dia melihat bahwa gol itu tidak sah. Dia mengakui bahwa Tien Linh memang handball.

"Analisa saya, ketika Tien Linh menembak, bola mengenai lawan. Bola kemudian memantul mengenai tangannya dan itu dilihat semua orang. Setelah bola menyentuh tangannya, Tien Linh mencetak gol untuk Vietnam," ucap Duong Manh Hung dikutip dari Thethao247 pada Rabu (9/6/2021).

"Dalam situasi ini, wasit harusnya meniup peluit. Karena saat bola memantul, Tien Linh mengayunkan tangan sepenuhnya. Situasi itu terlalu jelas, kita harus mengakui itu. Menurut peraturan, wasit harus memberi kartu Tien Linh karena membiarkan tangannya menyentuh bola."

"Meski tidak disengaja, bola mengenai tangan saat tangan Linh mengayun dan setelah itu dia mencetak gol. Wasit pemimpin laga melakukan kesalahan. Jika ada VAR itu pasti berbeda," tegasnya.

Keputusan wasit pemimpin laga Indonesia melawan Vietnam sendiri juga membuat Shin Tae-yong geram. Bahkan, Shin Tae-yong meminta Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) untuk turun tangan menyelidiki wasit tersebut.

Terlepas dati itu, Timnas Indonesia tidak boleh larut dalam kekalahan. Selepas menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia akan memainkan laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra UEA pada 11 Juni mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini