Boladunia

Hasil Lengkap Liga Europa Semalam: Klub Inggris Kompak Menang

Klub-klub Inggris berjaya.

Rauhanda Riyantama

Trofi Liga Europa ditampilkan saat undian babak 32 besar Liga Europa di Nyon Swiss pada 17 Desember 2018 (Fabrice Coffrini/AFP)
Trofi Liga Europa ditampilkan saat undian babak 32 besar Liga Europa di Nyon Swiss pada 17 Desember 2018 (Fabrice Coffrini/AFP)

Bolatimes.com - Kompetisi antarklub Eropa kasta kedua, Liga Europa memasuki musim anyar. 24 laga matchday 1 babak fase grup Liga Europa 2020/2021 pun telah dihelat mulai Kamis (22/10/2020) malam hingga Jumat (23/10/2020) dini hari WIB tadi.

Klub-klub Inggris yang menjadi favorit juara musim ini macam Arsenal, Tottenham Hotspur, hingga Leicester City semuanya meraih hasil positif pada matchday pembuka ini.

Demikian pula wakil Italia, AC Milan yang sukses meraih kemenangan pada laga perdana mereka di fase grup, meski Napoli secara mengejutkan keok di kandang sendiri dini hari tadi.

Arsenal bangkit dari ketertinggalan untuk mengawali kiprah mereka di Grup B dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Rapid Vienna di Allianz Stadion, Vienna, Austria.

Tim besutan Mikel Arteta itu tampil kurang meyakinkan sepanjang babak pertama dan tertinggal lebih dulu enam menit memasuki babak kedua, ketika kiper Bernd Leno melakukan kesalahan umpan.

Bola dihalau oleh Ercan Kara dan jatuh ke hadapan Taxiarchis Fountas yang membawa tuan rumah memimpin dengan sepakan terarah ke gawang Arsenal.

Arsenal perlahan mulai tampil tenang dan pada menit ke-70, berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan David Luiz menyambut umpan tendangan bebas kiriman Nicolas Pepe.

Pada menit ke-74, Arsenal menuntaskan kebangkitan mereka diawali umpan terobosan gemilang dari Mohamed Elneny, yang bisa dikejar Hector Bellerin untuk diteruskan menjadi umpan tarik ke arah Pierre-Emerick Aubameyang.

Penyerang Gabon itu menyelesaikan tugasnya tanpa cela untuk membuat The Gunners berbalik memimpin 2-1.

Sementara itu, Tottenham Hotspur sukses menggasak tim asal Austria lainnya, LASK Linz, dengan skor meyakinkan 3-0 di partai pembuka Grup J yang berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium, London.

Lucas Moura membuka keunggulan tuan rumah, diiringi gol bunuh diri pemain LASK Andrade Cedeno dan diperlebar Son Heung-min.

Kemenangan ini mengawali perjalanan Tottenham di Liga Europa dengan memuncaki klasemen sementara Grup J, di atas klub asal Belgia Royal Antwerp yang juga menang atas Ludogorets.

Pada laga ini, manajer Tottenham, Jose Mourinho langsung memasang Gareth Bale sejak awal laga untuk pertama kalinya sejak dipulangkan dari Real Madrid pada musim panas ini.

Sebagai gantinya, Son ditepikan dan baru tampil dari bangku cadangan sebagai pemain pengganti.

Tak ketinggalan, Leicester City menandai debut mereka di Liga Europa dengan kemenangan telak 3-0 atas wakil Ukraina, Zorya Luhansk, dalam pertandingan pertama Grup G di King Power Stadium, Leicester.

Kelechi Iheanacho menjadi bintang kemenangan Leicester lewat dua assist untuk gol James Maddison dan Harvey Barnes, sebelum melengkapi penampilannya dengan gol penutup.

Penyerang 'buangan' dari Manchester City itu dipercaya menjadi ujung tombak serangan Leicester oleh manajer Brendan Rodgers, di tengah cedera betis yang memaksa penyerang utama Jamie Vardy absen di laga ini.

Sementara itu, AC Milan membawa pulang kemenangan 3-1 dari markas tim raksasa Skotlandia, Celtic dalam pertandingan pembukaan Grup H yang dimainkan di Celtic Park, Glasgow.

AC Milan yang merupakan pemuncak klasemen sementara Liga Italia 2020/2021, membuka keunggulan melalui gol Rade Krunic (14'), sebelum Brahim Diaz (42') menggandakan keunggulan mereka.

Mohamed Elyounoussi (76') sempat memperkecil ketertinggalan Celtic, namun pemain muda anyar Jens Petter Hauge (90') mengemas gol penutup bagi AC Milan.

Kemenangan ini mengantar Milan menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup H dengan koleksi tiga poin, namun kalah selisih gol dari Lille. Sedangkan Celtic tertahan di posisi ketiga.

Nasib berbeda dialami klub Italia lainnya, Napoli, yang harus mengawali petualangan mereka di Grup F dengan kekalahan kandang 0-1 dari klub Belanda, AZ Alkmaar dalam laga yang berlangsung di Stadio San Paolo, Naples.

Gol semata wayang yang mengakibatkan Napoli tak berdaya di rumah sendiri dibukukan Dani de Wit.

Dengan kekalahan ini membuat Napoli berada di posisi ketiga, sebab dalam pertandingan lain yang mempertemukan Real Sociedad dengan wakil Kroasia Rijeka, dimenangkan tim asal Spanyol tersebut dengan skor 1-0.

Secara statistik, Napoli sejatinya memegang kendali permainan dan penguasaan bola mencapai 73 persen. Namun, penguasaan itu tak diimbangi dengan penyelesaian akhir yang baik dari pasukan Gennaro Gattuso.

Dari 20 percobaan tembakan, pasukan berjuluk Partenopei hanya mampu melepaskan enam sepakan yang mengarah ke gawang. Sebaliknya AZ yang mengandalkan serangan balik mampu bermain efektif.

Hasil Liga Europa, (semua laga rampung Jumat 23 Oktober dini hari WIB):

hasil

 

[Soccerway]
[Soccerway]

Berita Terkait

Berita Terkini