Boladunia

Emery Hormati Keputuhan Mkhitaryan usai Pilih Absen di Final Liga Europa

Mkhitaryan yang berasal dari Armenia, disebut-sebut sulit mendapatkan visa untuk memasuki wilayah Azerbaijan lantaran tengah terlibat ketegangan politik.

Rauhanda Riyantama

Henrikh Mkhitaryan saat mengikuti sesi latihan Arsenal jelang laga final Liga Europa di St. Albans, Inggris, (21/5/2019. (OLLY GREENWOOD / AFP)
Henrikh Mkhitaryan saat mengikuti sesi latihan Arsenal jelang laga final Liga Europa di St. Albans, Inggris, (21/5/2019. (OLLY GREENWOOD / AFP)

Bolatimes.com - Gelandang serang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan, memastikan diri untuk tak ikut pergi ke Azerbaijan dalam partai final Liga Europa. Keputusan itu ia ambil karena alasan keselamatan.

Arsenal akan menghadapi Chelsea di laga final Liga Europa. Pertandingan itu sendiri rencananya akan dihetal di Baku Olympic Stadium, pada 30 Mei mendatang.

Sebagai informasi, Mkhitaryan yang berasal dari Armenia, disebut-sebut sulit mendapatkan visa untuk memasuki wilayah Azerbaijan. Pasalnya, kedua negara memiliki hubungan kurang baik lantaran tengah terlibat ketegangan politik terkait kasus perebutan wilayah kekuasaan.

Menanggapi kasus tersebut, UEFA sejatinya telah menjanjikan keamanan kepada Mkhitaryan. Namun, pemain berusia 30 tahun itu memilih tak berangkat setelah berdiskusi dengan klub dan keluarganya.

Pelatih Arsenal, Unai Emery, pun menyambut baik keputusan anak asuhnya tersebut. Ia menyadari bahwa keselamatan merupakan poin utama bagi skuatnya.

''Saya berdiskusi dengan Mkhitaryan. Itu merupakan situasi yang sangat personal. Dia ingin bermain bersama tim, tapi dia berbicara dengan keluarganya dan memutuskan untuk tetap tinggal,'' ungkap Unai Emery, seperti dilansir dari FourFourTwo.

''Ini kabar buruk, tapi kami tak bisa melakukan apapun mengenai masalah ini. Ini merupakan masalah yang sangat-sangat personal dan kami harus memberi respek untuknya. Saya tak mengerti masalah politik, tapi harus memberi respek,'' tuturnya menambahkan.

Sebelumnya, kabar absennya Mkhitaryan sudah diumumkan oleh pihak klub. Manajemen The Gunners paham betul kondisi sang pemain jika dipaksakan bisa berakibat fatal.

''Kami sudah melihat berbagai macam opsi agar Micki tetap masuk dalam skuat, tapi setelah berdiskusi dengan si pemain dan keluarganya, kami semua bersepakat bahwa dia tidak akan ikut bersama tim,'' demikian pernyatan resmi klub.

''Micki akan terus ikut dalam persiapan tim sampai kami berangkat nantinya ke Baku,'' tandasnya.

Sementara itu, Henrikh Mkhitaryan memang menjadi bagian penting Arsenal sepanjang musim ini. Tercatat, eks pemain Borussia Dortmund itu telah membukukan 39 kali penampilan di seluruh kompetisi dengan torehan enam gol dan tujuh assist.

Berita Terkait

Berita Terkini