Boladunia

3 Pemain Terbaik UEFA Ini Baru Saja Gagal Eksekusi Penalti

Kandidat pemain terbaik UEFA, Mohamed Salah gagal eksekusi penalti. Selain Salah, tiga pemain terbaik UEFA ini juga pernah gagal eksekusi penalti.

Galih Priatmojo

Kandidat pemain terbaik UEFA, Mohamed Salah gagal penalti di laga Kualifikasi Piala Afrika 2019 antara Mesir vs Niger. (Dok. virasport.ml/Galih)
Kandidat pemain terbaik UEFA, Mohamed Salah gagal penalti di laga Kualifikasi Piala Afrika 2019 antara Mesir vs Niger. (Dok. virasport.ml/Galih)

Bolatimes.com - Mohamed Salah sukses membawa Timnas Mesir memetik hasil positif di ajang Kualifikasi Piala Afrika 2019. Kandidat pemain terbaik UEFA itu bersama skuat Pharaoh melumat Niger dengan skor 6-0.

Berlaga di Borg El Arab, Alexandria, Sabtu (8/9/2018), Mohamed Salah menjadi bintang dengan menyumbang dua gol dan dua assist. Yang menarik, penyerang Liverpool itu juga gagal melakukan eksekusi penalti sebanyak dua kali.

Selain Salah, gelandang Arsenal Mohamed Elneny juga turut menyumbang gol Timnas Mesir ke gawang Niger. Sebiji golnya sekaligus menutup pesta gol skuat Pharaoh.

Berkat kemenangan 6-0, Timnas Mesir kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup J Kualifikasi Piala Afrika 2019 di bawah Tunisia dengan torehan 3 poin dari dua partai.

Bicara soal gagal mengeksekusi penalti, Mohamed Salah ternyata tak sendiri. Bahkan tiga pemain yang sudah didapuk sebagai pemain terbaik UEFA pun juga pernah melakukan kesalahan yang sama.

Berikut tiga pemain terbaik UEFA yang gagal melakukan eksekusi penalti.

Cristiano Ronaldo

Bintang yang kini berseragam Juventus itu menorehkan catatan negatif kala membela Portuga di ajang Piala Dunia 2018. Selain gagal membawa A Selecao das Quinas melangkah lebih jauh di pentas terakbar itu, CR7 juga gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Peristiwa itu terjadi kala Portugal bersua Iran di fase penyisihan Grup B. Saat itu, peraih tiga trofi pemain terbaik UEFA tersebut sebetulnya memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan bagi timnya ketika mendapat hadiah penalti di menit ke 53. Penalti diberikan setelah Ronaldo dijatuhkan Saeid Ezatolahi.

Ronaldo gagal penalti/Twitter
Ronaldo gagal penalti/Twitter

 

Awalnya, wasit Enrique Caceres tak menunjuk sebagai penalti. Namun, dia mengubah keputusannya setelah lewat VAR terlihat bahwa Ronaldo memang dilanggar. Iran sempat melakukan protes dan berujung kartu kuning untuk Ehsan Hajsafi.

Sayang, Ronaldo yang mampu mengeksekusi penalti saat melawan Spanyol, kali ini gagal menunaikan tugasnya. Tendangannya mampu dibaca oleh kiper Alireza Beiranvand.

Lionel Messi

Pemain yang sudah mengantongi dua trofi pemain terbaik UEFA ini juga gagal melakukan eksekusi penalti. Sama seperti rivalnya, Ronaldo, Messi juga gagal melakukan tendangan dari titik putih di ajang Piala Dunia 2018 ketika menghadapi Islandia.

Bertanding di Spartak Stadium, Sabtu (16/6/2018) malam WIB, Argentina mendominasi jalannya permainan atas Islandia. Albiceleste unggul lebih dulu di menit ke-19 lewat gol Sergio Aguero.

Islandia bisa membalas di menit ke-23. Alfred Finnbogason melesakkan gol untuk menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Argentina punya kesempatan untuk memimpin lagi lewat penalti Messi di menit ke-64. Namun beribu sayang, peluang itu gagal dimanfaatkan dengan baik setelah eksekusi penalti dari La Pulga berhasil ditepis kiper.

Kiper Islandia, Hannes Halldorsson, menepis penalti bintang Argentina, Lionel Messi.
Kiper Islandia, Hannes Halldorsson, menepis penalti bintang Argentina, Lionel Messi.

 

Tak ada gol tambahan yang tercipta dari Argentina. Mereka pun harus puas berimbang 1-1 dengan Islandia.

Argentina sendiri akhirnya tersingkir di fase gugur setelah takluk dari kampium Piala Dunia 2018, Prancis dengan skor 4-3.

Luka Modric

Masih di ajang Piala Dunia 2018. Kali ini pemain yang didapuk sebagai pemain terbaik di momen Piala Dunia dan baru saja meraih gelar pemain terbaik UEFA, Luka Modric nyatanya juga gagal melakukan eksekusi penalti.

Peristiwa itu terjadi kala ia membela Kroasia menghadapi Denmark di fase gugur Piala Dunia 2018 lalu. Pertandingan yang berlangsung ketat itu harus diakhiri dengan adu penalti untuk menentukan siapa pemenangnya.

Luka Modric gagal penalti kala Kroasia vs Denmark di Piala Dunia 2018 (Dok. Stuff.co.nz/Galih)
Luka Modric gagal penalti kala Kroasia vs Denmark di Piala Dunia 2018 (Dok. Stuff.co.nz/Galih)

 

Namun tahu ga? adu penalti terpaksa dilakukan salah satunya lantaran Luka Modric gagal mengeksekusi penalti ketika Kroasia dan Denmark melakoni babak perpanjangan waktu.

Penalti yang dilakukan di menit ke-116 itu mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper Denmark, Kasper Schmeichel. Skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga dua kali ekstra time.

Beruntung, Kroasia mampu memenangi adu penalti dan berhasil membawa mereka untuk pertama kalinya melenggang ke final Piala Dunia. Meski kemudian takluk oleh Prancis.

Berita Terkait

Berita Terkini