Selain Canggih, Piala Dunia 2018 juga Dirancang Ramah Lingkungan

Namun pandangan dunia berubah, terutama sejak Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, dipastikan bahwa selama Piala Dunia 2018 dinyatakan iklim Rusia akan sangat bersahabat.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Selasa, 10 Juli 2018 | 21:47 WIB
Piala Dunia 2018/Instagram

Piala Dunia 2018/Instagram

Bolatimes.com - Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 akan segera berakhir. Beberapa hari lagi, kita semua akan mengetahui siapa pemenang Piala Dunia 2018 kali ini.

Tetapi sebelum pesta sepak bola itu berakhir, kalian harus tahu nih ada hal yang menarik mengenai Piala Dunia 2018 dari segi sains dan lingkungan.

Vladimir Putin, Presiden Rusia pernah dikecam sekitar 15 tahun lalu karena berpendapat bahwa peningkatan suhu tidak akan berpengaruh untuk Rusia.

Baca Juga: Bedah Kekuatan dan Kelemahan Kroasia Jelang Lawan Inggris

Namun pandangan dunia berubah, terutama sejak Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, dipastikan bahwa selama Piala Dunia 2018 dinyatakan iklim Rusia akan sangat bersahabat.

Dilansir dari DR Amanda Katili Niode, berikut beberapa fakta menarik terkait Piala Dunia 2018 yang juga menjaga lingkungan.

Panitia Penyelenggara Telah Memperkirakan Jumlah Gas Rumah Kaca

Baca Juga: Inggris Vs Belgia, Jordan Pickford Siap Adu Skill dengan Courtois

Piala Dunia/performgroup.com
Piala Dunia/performgroup.com

Penyelenggara Piala Dunia 2018 sudah memperkirakan jumlah gas rumah kaca yang dihasilkan perhelatan akbar dunia ini.

Sebanyak 464 ribu kendaraan selama satu tahun dan dari jumlah tersebut sebesar 74 persen berasal dari perjalanan internasional, antar kota dan dalam kota Rusia.

Kira-kira ada dua juta penggemar sepak bola datang ke Rusia dan 3,4 miliar menyaksikan dari layar televisi di seluruh dunia.

Baca Juga: Didier Deschamps Sebut Thierry Henry Adalah Musuh Prancis

Pegiat Lingkungan Khawatir Pembangunan Stadion Merusak Lingkungan

Piala Dunia/cdn
Piala Dunia/cdn

Associated Press melaporkan, beberapa tempat termasuk Kaliningrad yang merupakan lahan basah, Moscow tempat pohon langka tumbuh dan Kazan sebagai hunian spesies eksotis akan merusak lingkungan di sekitarnya.

Pasalnya gas-gas rumah kaca diketahui menyebabkan pemanasan global yang memicu perubahan iklim di Rusia.

Baca Juga: Cetak Gol ke Gawang Swedia Buat Harry Maguire Semakin Bersemangat

Seluruh Stadion Telah Memperoleh Sertifikat Hijau

Piala Dunia/americastarbooks.com
Piala Dunia/americastarbooks.com

Sebanyak 12 Stadion untuk 65 pertandingan Piala Dunia yang bertarung dari Kaliningrad sampai Yekaterinburg dan dari St. Petersburg sampai Sochi telah mendapatkan sertifikat hijau atau peduli lingkungan.

Federasi sepak bola internasional dan panitia penyelenggaran menyusun strategi untuk mengurasi dampak negatif dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan.

FIFA Bekerja Sama dengan PBB

Piala Dunia/africansportsmonthly.com
Piala Dunia/africansportsmonthly.com

Pihak FIFA bekerja sama dengan PBB (UNFCCC) untuk meluncurkan kampanye bagi pemegang tiket untuk offset emisi karbon.

Peserta yang mendaftar kampanye nantinya akan diundi untuk memenangkan dua tiket laga final.

Kampanye ini akan memastikan lebih banyak orang berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan.

Lionel Messi Sebagai Duta Pariwisata

Piala Dunia/givemesport
Piala Dunia/givemesport

Penyerang dari klub Barcelona, Lionel Messi, baru ditetapkan oleh badan PBB sebagai Pariwisata Dunia (UNWTO) sebagai Duta untuk Pariwisata.

Tidak hanya itu, Messi juga menjadi SDG Advocate yang mendorong tercapainya agenda global untuk memberantas kemiskinan, ketimpangan sosial dan perubahan iklim juga lho.

Wah ternyata gelaran akbar Piala Dunia yang diadakan di Rusia ini bukan hanya sekedar even dunia saja tetapi juga ikut menjaga lingkungan.

 

Berita ini sudah tayang di hitekno.com

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak