Prediksi Serbia Vs Brasil di Grup E Piala Dunia 2018

Meski hanya butuh hasil imbang, Brasil akan tampil maksimal, terutama demi mencegah 'keajaiban' Serbia.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Rabu, 27 Juni 2018 | 19:28 WIB
Serbia Vs Brasil (Sumber: Suara.com)

Serbia Vs Brasil (Sumber: Suara.com)

Bolatimes.com - Tim favorit dan pujaan banyak orang, Brasil, ternyata harus menjalani penyisihan grup di Piala Dunia 2018 dengan tidak mudah. Buktinya, penentuan nasib mereka lolos ke 16 Besar atau fase knock out, harus dipastikan di laga ketiga melawan Serbia.

Meskipun dalam laga Serbia vs Brasil ini Neymar dan kawan-kawan secara teori hanya butuh hasil imbang, namun itu tidak akan gampang didapat mengingat Serbia bukanlah "tim gampangan". Lagipula, Brasil sendiri dipastikan tidak akan memilih opsi "cukup seri" tersebut.

Hasil tak memuaskan --dengan performa yang dinilai jelek oleh banyak orang-- saat membuka kiprahnya di Rusia melawan Swiss (skor 1-1), menjadi kunci dari langkah berat Brasil sejauh ini. Walau kemudian, dalam laga berikutnya penampilan Brasil terlihat mengalami peningkatan hingga menang 2-0 atas Kosta Rika.

Baca Juga: Pelatih Mesir Hector Cuper Mundur Usai Gagal di Piala Dunia 2018

Memang, di klasemen sementara sampai hari ini, Brasil masih memimpin di atas, namun hanya unggul selisih gol dibanding Swiss yang memiliki poin sama (4). Tapi itu bukan ukuran, karena Serbia yang saat ini memegang poin 3 siap menjegal langkah --sekaligus menyingkirkan mereka-- dari kelanjutan ajang Piala Dunia 2018.

Di pihak lain, Serbia mutlak butuh kemenangan dalam laga ini untuk melaju, lantaran poinnya yang memang berada di bawah Brasil dan Swiss. Hal itu jelas bukan mustahil, tergantung dari strategi yang akan mereka jalankan dan performa para pemainnya nanti.

Para pemain Serbia merayakan kemenangannya atas Kosta Rika. EMMANUEL DUNAND / AFP
Para pemain Serbia merayakan kemenangannya atas Kosta Rika. EMMANUEL DUNAND / AFP

Para pemain Serbia saat merayakan kemenangannya atas Kosta Rika. [EMMANUEL DUNAND / AFP] 

Baca Juga: Indra Sjafri Siapkan Strategi Timnas U19 Tanpa Egy di Piala AFF

Yang paling perlu dilakukan Serbia adalah mematikan pergerakan para pemain timnas Brasil yang rata-rata lincah dan cepat, atau minimal menutup aliran bola mereka. Sementara opsi terbaik jelas adalah keluar menyerang atau menekan sejak awal dengan sabar, karena opsi bertahan hanya akan jadi "bulan-bulanan" bagi kreativitas dan kelincahan Brasil.

"Kami tidak takut kepada Brasil, tapi kami harus (tampil) sabar, disiplin, dan bermain sebagai sebuah tim. Kami harus memuaskan bangsa Serbia," tutur pelatih timnas Serbia, Mladen Krstajic, seperti dikutip SkySports.

"Kami tak punya beban. Tapi jika kami tidak siap mengerahkan segala kemampuan, maka kami akan kalah," sambungnya.

Baca Juga: Lionel Messi Mulai Menatap Babak 16 Besar Lawan Prancis

Dari kubu Brasil, pelatih Tite pun mengutarakan keseriusannya menghadapi laga ini. Dia sekaligus mengindikasikan bahwa timnya tidak akan mengubah gaya permainan mereka sejauh ini.

"Apa yang mempertahankan strategi permainan Anda? Itu adalah ketika (tim) Anda mencetak gol di menit ke-91 dengan bermain sebagaimana gaya yang sudah dilakoni tim Anda sejak awal pertandingan," ujarnya.

"Saya sangat senang dengan cara kami bereaksi secara emosional di babak kedua (saat melawan Kosta Rika)," tambahnya.

Baca Juga: Kiper Nigeria Minta Jersey Lionel Messi Usai Dikalahkan Argentina

Pemain Kunci

Salah satu pemain kunci Serbia yang mungkin akan berpengaruh besar di laga ini adalah sang penyerang, Aleksandar Mitrovic. Untuk diketahui, dia adalah pencetak gol cepat (menit ke-5) bagi Serbia dalam laga kontra Swiss, meskipun akhirnya timnya harus kalah 1-2.

itu juga memang baru satu-satunya yang dihasilkan Mitrovic di gelaran Piala Dunia ini. Tapi jika mengingat dia sudah membukukan 18 gol dari 26 laga bersama timnas maupun klubnya di tahun 2018 ini saja, Mitrovic jelas bukan penyerang yang bisa dibiarkan mendapat peluang.

"Saya percaya kami bisa menang melawan Brasil. Mereka mungkin saja lebih baik secara teknis; kami perlu tampil baik untuk mendapatkan kemenangan. (Tapi) Dengan sedikit keberuntungan, dan bantuan Tuhan, kami bisa menang. Kami adalah orang Serbia dan tak ada yang tidak mungkin. Siapa pun yang percaya mukjizat bisa melakukannya," tuturnya dalam jumpa pers jelang laga.

Sementara itu di pihak Brasil, sosok utama tetap adalah seorang Neymar. Pasalnya lagi, sang megabintang sekarang ini juga sedang dalam sorotan, lantaran performanya yang oleh banyak orang dinilai belum maksimal --hampir sama dengan sorotan terhadap Lionel Messi di hampir setiap gelaran Piala Dunia.

Namun, pembelaan terhadap Neymar salah satunya langsung muncul dari mulut sang pelatih, Tite. Dia justru menilai performa pemain Paris Saint-Germain itu terus berkembang, sekaligus menegaskan bahwa beban (kemenangan) tidak hanya ada di pundak Neymar.

"Ini semacam evolusi. Jika Anda menyimak heat map atau data performanya (Neymar) di dua pertandingan kemarin, terlihat cukup meningkat. Mungkin dia (malah) akan berada di puncak penampilan di pertandingan berikutnya (ini). Kita tak bisa meletakkan semua beban (dan tanggung jawab) itu di pundaknya," ungkapnya.

Head to Head dan Fakta Menarik

*Secara total (termasuk saat masih di bawah Yugoslavia), kedua tim sudah saling berlaga 19 kali, dengan 10 kemenangan menjadi milik Brasil, dua seri, dan sisanya dimenangi Serbia/Yugoslavia.

*Sebagai negara merdeka alias membawa nama sendiri, Serbia baru sekali berjumpa Brasil sebelumnya, yakni dalam laga persahabatan Juni 2014 lalu yang dimenangi Brasil 1-0.

Pemain Brasil rayakan kemenangan atas Kosta Rika dalam laga Grup E Piala Dunia 2018, Jum'at (22/6/2018) [AFP]
Pemain Brasil rayakan kemenangan atas Kosta Rika dalam laga Grup E Piala Dunia 2018, Jum'at (22/6/2018) [AFP]

Pemain Brasil saat merayakan kemenangan atas Kosta Rika dalam laga Grup E Piala Dunia 2018, Jumat (22/6/2018). [AFP]

*Serbia yang sudah berstatus merdeka senantiasa kalah dalam 6 laga Piala Dunia di mana mereka kebobolan, dan baru 2 kali menang ketika mencatatkan clean sheet.

*Penyerang Serbia, Aleksandar Mitrovic, telah mencetak total 18 gol dalam 26 pertandingan yang ia mainkan di timnas maupun klubnya sepanjang tahun 2018 ini.

*Di kubu Brasil, Philippe Coutinho tercatat selalu mencetak gol di tiga penampilan terakhirnya bersama Brasil.

*Sementara itu Neymar, terlibat langsung dalam 18 gol Brasil di 17 penampilan terakhirnya, di mana 10 di antaranya adalah berupa gol dan 8 lainnya assist.

Prakiraan Susunan Pemain

Serbia:
Vladimir Stojkovic; Antonio Rukavina, Branislav Ivanovic, Dusko Tosic, Aleksandar Kolarov; Nemanja Matic, Luka Milivojevic, Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic, Filip Kostic; Aleksandar Mitrovic
Pelatih: Mladen Krstajic

Brasil:
Alisson; Fagner, Miranda, Thiago Silva, Marcelo; Casemiro, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus
Pelatih: Tite

Pertandingan: Penyisihan Grup E
Wasit: Alireza Faghani (Iran)
Venue: Spartak Stadium, Moskow

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak