Boladunia

Australia dan Peru Tersingkir dari Piala Dunia 2018

Australia terpaksa harus mengubur mimpi dan menghentikan langkahnya di pentas Piala Dunia 2018 setelah tim asal negeri kangguru itu dipermalukan Peru pada laga terakhir babak penyisihan Grup C.

Galih Priatmojo

Australia vs Peru/Instagram
Australia vs Peru/Instagram

Bolatimes.com - Australia terpaksa harus mengubur mimpi dan menghentikan langkahnya di pentas Piala Dunia 2018 setelah tim asal negeri kangguru itu dipermalukan Peru pada laga terakhir babak penyisihan Grup C. Pada laga yang digelar di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, Selasa malam (26/6/2018), Australia ditekuk Peru dengan skor 0-2.

Dengan kekalahan itu, Australia kini menghuni juru kunci klasemen akhir Grup C. Sementara Peru, yang juga sudah dipastikan gagal di Piala Dunia 2018, naik ke urutan tiga klasemen.

Prancis keluar sebagai penguasa klasemen Grup C diikuti Denmark yang keluar sebagai runner-up. Keduanya dipastikan melenggang ke putaran 16 besar setelah hanya bermain imbang tanpa gol di partai terakhir. 

Australia yang tadinya masih berpeluang - jika menang atas Peru dan bila Denmark kalah dari Prancis - sudah menemui tantangan berat ketika tertinggal 0-1 di babak pertama.

Peru berhasil membobol gawang Australia di menit 18 lewat aksi ciamik Andre Carillo. Gol Carillo itu, yang juga gol pertama Peru di turnamen empat tahunan itu, dicetak lewat sebuah tembakan first time, memanfaatkan umpan Jose Paolo Guerrero dari sayap kanan.

Di babak kedua, Australia yang berusaha untuk mengejar ketertinggalan justru dikejutkan oleh gol cepat Peru pada menit 50. Gol kedua Peru di laga itu dicetak Guerrero, setelah memanfaatkan umpan Christian Cueva di dalam kotak penalti.

Tertinggal 0-2 Australia memasukkan dua pemain baru untuk menambah daya gedor. Pada menit 53 striker gaek Tim Cahill masuk untuk mengisi tempat Tomi Juric dan Robbie Kruse digantikan Daniel Arzani di menit 58.

Taktik ini nyaris membuahkan hasil manis ketika pada menit 60, Cahill nyaris membobol gawang Peru jika tembakannya tak ditepis penjaga gawang Peru, Pedro Gellese.

Pada menit 72, Australia kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Jackson Irvine untuk mengisi tempat Tom Rogic.

Terus berusaha mendobrak pertahanan Peru, Australia berkali-kali melihat upaya mereka digagalkan rapatnya pertahanan tim asal Amerika Selatan itu.

Hingga laga berakhir di menit 94, skor 0-2 untuk kemenangan Peru tak berubah.

Formasi dan susunan pemain:

Australia (4-4-1-1): Mathew Ryan; Joshua Risdon, Trent Sainsbury, Mark Milligan, Aziz Behich; Matthew Leckie, Mile Jedinak, Aaron Mooy, Robbie Kruse (Daniel Arzani 58'); Tom Rogic (Jackson Irvine 72'); Tomi Juric (Tim Cahill 53').

Peru (4-2-3-1): Pedro Gellese; Luis Advincula, Christian Ramos, Anderson Santamaria, Miguel Trauco; Yoshimar Yotun, Renato Tapia; Edison Flores, Christian Cueva, Andre Carrillo; Jose Paolo Guerrero.

Berita Terkait

Berita Terkini