Boladunia

5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Eropa, Tak Ada Cristiano Ronaldo

Lima kompetisi top Eropa pada musim 2017/2018 akan segera berakhir, lima nama telah muncul sebagai kandidat peraih sepatu emas Eropa .

Rendy Adrikni Sadikin | Irwan Febri Rialdi

Mo Salah saat berselebrasi. (Sumber: Dok. New York Time).
Mo Salah saat berselebrasi. (Sumber: Dok. New York Time).

Bolatimes.com - Kompetisi di berbagai belahan Eropa telah memasuki masa akhir. Masing-masing kompetisi pun telah mengerucutkan tim kandidat juara atau bahkan telah muncul sang jawara.

Tak sampai di situ, calon top scorer liga juga sudah mulai diketahui.

Mencetak gol sebanyak mungkin menjadi target sendiri bagi seorang pemain, khususnya dia yang beroperasi di lini depan.

Selain demi membantu tim untuk meraih prestasi, mencetak banyak gol akan mengantarkan seorang penyerang menyabet gelar sepatu emas Eropa.

Tiap musim, para pencetak gol terbanyak di liga-liga Eropa berkesempatan memenangi sebuah trofi individual bergengsi tersebut.

Cara menentukannya sederhana, jumlah gol pemain dikalikan dengan faktor koefisien UEFA dari liga yang bersangkutan (lima liga top memiliki koefisien 2, sementara liga-liga lain antara 1,5 dan 1).

Lantas siapa saja kandidat pemenang Sepatu Emas musim 2017/18 yang segera berakhir ini?

1. Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

lewandowski/instagram

Di Bundesliga Jerman, saat ini penyerang asal Polandia itu meminpin daftar top scorer sementara. Ia mencatatkan 29 gol dari 29 laga.

Penyerang 29 tahun itu hanya menyisakan satu laga melawan Stuttgart di Stadion Allianz, Sabtu (12/5/2018). Laga itu menjadi kesempatan satu-satunya Lewandowski untuk menambah pundi-pundi golnya.

2. Ciro Immobile (Napoli)

ciro immobile/instagram

Serie A musim 2017/2018 menjadi musim yang menakjubkan bagi Immobile bersama Napoli.

Penyerang 28 tahun itu berhasil memuncaki daftar top scorer sementara Serie A dengan 29 gol. Jumlah tersebut juga menjadi yang terbanyak sepanjang sembilan tahun perjalanannya sebagai pesepak bola.

Napoli masih menyisakan dua laga di Serie A, akan tetapi pemain asal Italia ini dipastikan mungibarkan bendera putih diperburuan sepatu emas Eropa.

Immobile harus menepi selama dua pekan akibat cedera otot kala membela Napoli mengalahkan Juventus pada pekan ke-35 Serie A.

Selain itu, gelar top scorer di kompetisi domestik terancam terusik oleh penyerang Inter Milan, Mauro Icardi yang telah menciptakan 28 gol dan menyisakan dua laga.

3. Edison Cavani (PSG)

Edinson Cavani/Instagram

Di Liga Prancis, penyerang PSG, Edison Cavani akan turut meramaikan persaingan sepatu emas Eropa. Saat ini, Cavani telah mengoleksi 28 gol dari 32 laga.

Penyerang asal Uruguay ini masih menyisakan dua laga bersama PSG untuk menambahkan koleksi golnya.

Masing-masing akan menjamu Rennes pada Minggu (13/5/2018) dan bertandang ke markas Caen, Minggu (20/5/2018).

4. Mohamed Salah (Liverpool)

Mohamed Salah/instagram

Bintang baru milik Liverpool, Mohamed Salah memiliki peluang besar untuk menyabet gelar raja gol Eropa. Saat ini, pemuda asal Mesir itu tengah dalam performa yang impresif.

Di Liga Premier Inggris, ia telah mencetak 31 gol dari 35 pertandingan untuk Liverpool.

Namun, peluang untuk menambah torehan golnya hanya menyisakan satu laga. Ia wajib mencetak minimal empat gol untuk bisa bersaing dengan Lionel Messi yang berada di puncak.

5. Lionel Messi (Barcelona)

messi/instagram

Jumlah gol fantastis bukan hal yang mengherankan bagi seorang Lionel Messi. Kemampuannya sebagai pemain terbaik dunia telah dibuktikan dengan lima penghargaan lima Ballon d'Or.

Sebagai raja gol Eropa, Messi telah melakukannya pada musim 2016/2017. Kala itu, pemain asal Argentina ini berhasil mencetak 37 gol.

Pada musim 2017/2018, Messi kembali berkesempatan mengulang kesuksesan tersebut. Saat ini Messi telah mencetak 34 gol dari 35 laga bersama Barcelona.

Jumlah tersebut yang paling banyak dari semua kandidat, termasuk pesaing terdekatnya Mohamed Salah dengan 31 gol.

Apalagi, Messi masih menyisakan dua laga bersama skuat Blaugrana di La Liga. Sedangkan Salah tinggal menyisakan satu laga di Liga Inggris.

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Terkait

Berita Terkini