VIDEO - 5 Pengkhianat Terbesar di Dunia Sepak Bola

Para pemain ini rela membela klub rival atau musuh bebuyutan klub sebelumnya.

Minggu, 29 April 2018 | 16:55 WIB
Kolase pemain yang hengkang ke klub rival. (sumber: berbagai sumber).

Kolase pemain yang hengkang ke klub rival. (sumber: berbagai sumber).

Bolatimes.com - Dalam dunia sepak bola profesional, berpindah-pindah klub merupakan hal yang biasa. Berbagai alasan seorang pesepakbola memilih setia atau hengkang.

Namun, bagaimana jika perpindahan seorang pesepakbola justru ke tim rival atau musuh bebuyutan? tentu perpindahannya menimbulkan sebuah kontroversi hingga dijuluki pengkhianat. Terlebih ia merupakan kapten tim, pemain andalan, ataupun pemain didikan akademi.

Dalam sejarah sepak bola dunia, setidaknya ada lima pemain yang disebut pengkhianat terbesar di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemain Asing yang Sukses Nikahi Wanita Indonesia

Penasaran? yuk simak ulasan Bolatimes.com.

5. Sol Campbell

Mantan kapten Tottenham Hotspur ini merupakan didikan asli Akademi Spurs. Ia dipromosikan dari Tottenham U-18 pada musim 1992/1993, dan sejak saat itu ia menjadi pemain andalan The Lilyehites di lini belakang.

Baca Juga: Ini Kisah Haru Di Balik Kesuksesan Asensio Bersama Real Madrid

Namun, kebersamaannya dengan Spurs harus berakhir pada 2001. Menjabat sebagai kapten klub, ia secara mengejutkan hengkang ke klub sesama London, Arsenal.

Keputusan tersebut sempat membuat publik White Hart Lane kecewa. Hal tersebut terlihat tiap kali Campball bermain tandang ke Tottenham, cemooh dan rasis tak luput dari perjumpaan.

4. Robin van Persie

Baca Juga: Perjuangan Mohamed Salah Gapai Mimpi Taklukkan Benua Biru

Ia merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Arsenal. Van Persie didatangkan oleh Arsene Wenger pada musim 2004/2015 usai tampil impresif bersama Feyenoord.

Bersama Arsenal, ia telah mempersembahkan 131 gol dan 55 assist dari 192 penampilan. Sebagai mesin gol, ia dipuja-puja oleh fan Arsenal. Ia juga didapuk sebagai kapten klub Meriam London, dan berhasil menjadi top scorer pada musim itu.

Namun, semua berubah pada musim 2012/2013. Pemain berkebangsaan Belanda itu memutuskan hengkang ke Manchester United, klub rival Arsenal dalam perburuan Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Potret Kecantikan Andieny Dwi Septiani

Meski begitu ia tak peduli dengan olok-olokan sebagai pengkhianat. Bersama skuat Setan Merah ia langsung meraih titel Liga Inggris pertamanya.

3. Ashley Cole

Pemain asli Inggris ini menjadi salah satu pemain yang paling dibenci fan Arsenal.

Kariernya bersama Arsenal dimulai pada musim 2000. Ia promosi ke tim utama Arsenal setelah pada sebelumnya hanya menjadi tim cadangan dan dipinjamkan ke Crystal Palace.

Permainannya sebagai bek kiri juga terus terasah. Cole juga menjadi bagian dari tim The Invicibles, kala Arsenal menjuarai Liga Inggris pada 2003/2004 tanpa kekalahan.

Namun, romantisme Cole bersama Arsenal kandas pada akhir musim 2005/2006. Ia enggan memperpanjang kontra bersama Arsenal dengan mahar 50.000 poundsterling.

Situasi tersebut dimanfaatkan oleh Chelsea dan memboyong Cole ke Stamford Bridge dengan gaji hampir dua kali lipat.

2. Mats Hummels

Bek Timnas Jerman ini memiliki kasus dramatis dalam membela sebuah klub.

Sebelumnya, Hummels sempat membela Bayern Munchen di semua level usia. Namun, ia justru ditendang oleh Bayern Munchen ke Borussia Dortmund pada Januari 2008 saat Die Rotens dipimpin oleh Jurgen Klinsmann.

Bersama skuat Kuning Hitam, Mats Hummels menjadi bek yang sangat tangguh.

Ia pun langsung mengantarkan Dortmund menjuarai Bundesliga Jerman dua musim beruntun pada 2010/2011 dan 2011/2012. Bahkan, ia juga dipercaya sebagai kapten tim menggantikan Sebastian Kehl.

Lebih dari itu, Hummels dikabarkan sempat melempar ultimatum tak akan membela Bayern Munchen karena telah membuang dirinya ketika muda.

Namun, setelah delapan tahun bersama Dortmund, pada akhirnya ia kembali ke pelukan Bayern Munchen. Memenangkan gelar lebih banyak menjadi alasan bek 29 tahun itu.

1. Luis Figo

Tentu publik sepak bola dunia ingat betul era Luis Figo di La Liga Spanyol.

Pemain asal Portugal itu merupakan tulang punggung Barcelona pada selama lima musim. Terhitung sejak 1995 hingga 2000.

Namun, pada musim 2000/2001 klausul 37 juta poundsterling membuat dirinya bergabung ke rival abadi, Real Madrid.

Keputusan itu membuat Figo sangat dibenci oleh publik Camp Nou. Botol dan bahkan kepala babi kerap menghujami dirinya kala bertandang ke markas Barcelona.

Kendati demikian, gangguan tersebut sepertinya tak memperngaruhi kemampuannya yang elegan. Bersama Los Blancos, Figo berhasil memenangkan dua gelar La Liga, satu gelar Liga Champions, dan satu gelar pribadi, Ballon d'Or.

Berikut video lima Pengkhiatan Terbesar di Dunia Sepak Bola:

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak