MotoGP Argentina 2024 Dibatalkan

Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP, Dorna Sports mengkonfirmasi pembatalan Grand Prix (GP) Argentina 2024.

Pipin Lukmanul Hakim | BolaTimes.com
Kamis, 01 Februari 2024 | 11:37 WIB
Ilustrasi - starting grid pebalap MotoGP. Pihak penyelenggara, Dornas Sports mengkonfirmasi terkait pembatalan MotoGP Argentina 2024. (Instagram/@motogp)

Ilustrasi - starting grid pebalap MotoGP. Pihak penyelenggara, Dornas Sports mengkonfirmasi terkait pembatalan MotoGP Argentina 2024. (Instagram/@motogp)

Bolatimes.com - Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP, Dorna Sports mengkonfirmasi pembatalan Grand Prix (GP) Argentina 2024.

Meski begitu, tidak ada informasi detail soal alasan dibatalkannya MotoGP Argentina 2024, yang sebelumnya dijadwalkan pada 5-7 April itu.

"Karena keadaan saat ini di Argentina, promotor acara telah menyampaikan, bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada tahun 2024 sesuai standar MotoGP," demikian bunyi pengumuman resmi MotoGP.

Baca Juga: Fotonya Curi Perhatian Bobotoh, Pemain Persib Ini Disebut Mirip Cillian Murphy, Sepakat?

Namun, rumor terkait pembatalan ini sudah mencuat sejak beberapa waktu terakhir, menyusul dibatalkannya final World Superbike (WSBK) 2023 di San Juan Villicium.

"Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap dapat kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025," tambah keterangan tersebut.

Adapun final WSBK sebelumnya dibatalkan karena tingginya tingkat inflasi di Amerika Serikat, yang mencapai lebih dari 200 persen pada tahun lalu.

Baca Juga: Pemain Muda Persib Dihukum Berlipat Gara-gara Dua Masalah Ini

Inflasi ini juga membuat Argentina sebagai satu di antara negara besar di wilayah Amerika Selatan untuk melakukan kebijakan penghematan yang cukup ketat.

Termasuk mempertimbangkan penyelenggaraan kejuaraan dunia olahraga motor, yang menelan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, usai melakoni rangkaian sesi uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang, dan Qatar beberapa pekan lalu.

Baca Juga: Kembali ke Persib, Edo Febriansah: Cukup Senang Bisa Gabung

Ajang balapan motor kelas premier musim mendatang juga akan dibuka dengan Grand Prix pertama di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 8-11 Maret 2024.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Nama pebalap Fabio Di Giannantonio disebut-sebut memiliki potensi untuk menjadi 'kuda hitam' atau pesaing yang harus diwaspadai untuk merebut posisi sebagai yang tercepat di MotoGP 2024.

arena | 07:53 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin menyatakan, bahwa dirinya semakin termotivasi untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2024, sementara Franco Morbidelli tak sabar ingin lebih mengenal motor Desmosedici GP24 di musim ini.

arena | 07:38 WIB

Brad Binder menyatakan, bahwa dirinya semakin percaya diri bisa tampil kompetitif pada gelaran MotoGP 2024. Pebalap andalan Red Bull KTM itu juga yakin bisa bersaing ketat dengan para pebalap top lainnya di MotoGP 2024 nanti.

arena | 15:57 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menilai, tim masih perlu meningkatkan performa motor Yamaha M1 agar bisa tampil lebih kompetitif.

arena | 14:56 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sukses mempertahankan dominasinya untuk memimpin selama dua hari tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusai, pada 19-20 Februari.

arena | 14:35 WIB

Luca Marini merupakan pebalap yang baru pindahan dari tim VR46 ke tim Repsol Honda menggantikan posisi yang ditinggalkan Marc Marquez.

arena | 13:47 WIB

Honda RC213V 2024 membawa sejumlah peningkatan pada seluruh mesin, mulai dari revisi aerodinamis hingga penyempurnaan pada mesin dan sasis.

arena | 09:25 WIB

Red Bull KTM merasa optimistis bahwa tim dan dua pebalap utamanya, Brad Binder dan Jack Miller bisa meraih prestasi lebih baik di MotoGP 2024 dibandingkan musim lalu.

arena | 12:19 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Davide Tardozzi mengatakan, tim berharap MotoGP 2024 akan menjadi titik balik yang baik bagi satu di antara pebalap utama mereka, Enea Bastianini.

arena | 11:59 WIB

Sementara Marco Bezzecchi masih merasa kesulitan beradaptasi dengan pengaturan motor baru pada tes pramusim MotoGP 2024 hari ketiga di Sirkuit Internasional Sepang.

arena | 15:37 WIB

Duo pebalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins bersepakat, bahwa motor YZR-M1 tunggangan mereka menunjukkan peningkatan secara signifikan.

arena | 15:24 WIB

Pebalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sukses menjadi yang tercepat dapat tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia hari ketiga, pada Kamis (8/2/2024).

arena | 08:04 WIB

Pebalap MotoGP, Francesco Bagnaia menilai tim Ducati Lenovo masih memiliki kesempatan untuk memaksimalkan motor Desmosedici GP agar bisa tampil lebih garang di MotoGP 2024.

arena | 10:39 WIB

Pebalap tim Pertamina Enduro VR46, Marco Bezzecchi mengakui masih belum puas dengan performanya pada uji coba MotoGP 2024 hari kedua di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

arena | 09:46 WIB

Tes pramusim resmi MotoGP 2024 yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia berlangsung dari Selasa, (6/2) sampai Kamis, (8/2) mendatang.

arena | 14:23 WIB

Dua pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins termotivasi untuk memulai musim baru, dimulai dari uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang.

arena | 10:01 WIB

Jelang perhelatan MotoGP 2024, dua pebalap tim Repsol Honda Joan Mir dan Luca Marini bersepakat untuk memaksimalkan potensi motor baru mereka.

arena | 09:28 WIB

Tim Monster Energy Yamaha menyambut gelaran MotoGP 2024 bersama motor YZR-M1, yang akan menjadi tunggangan dua pebalap utamanya, yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins.

arena | 08:42 WIB
Tampilkan lebih banyak