3 Fakta Mengenaskan Calon Lawan Timnas Indonesia Turkmenistan, Tak Pernah Menang di Tahun 2023

Turkmeniskan sedang dalam tren buruk. Ini jadi momentum Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 25 Juli 2023 | 20:00 WIB
Timnas Turkmenistan. (Facebook/Turkmenistan National Football)

Timnas Turkmenistan. (Facebook/Turkmenistan National Football)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan melawan Turkmenistan pada laga FIFA Matchday September 2023 yang rencananya bakal berlangsung 8 September mendatang.

Pertemuan kedua tim rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, venue yang juga digunakan saat melawan Palestina Juni lalu.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/7/2023) menyebutkan untuk FIFA Matchday September nanti Timnas Indonesia senior akan bertanding satu kali saja.

Baca Juga: Update Peringkat Dunia Voli Putra dan Putri FIVB seusai Gelaran Volleyball Nations League 2023

Pasalnya, ada event lain yang melibatkan Timnas Indonesia U-23. keputusan ini diambil agar tidak bertabrakan pemakaian pemain dengan timnas senior.

Lantas, fakta buruk apa saja tentang Turkmenistan calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang?

1. Tidak Pernah Menang di 2023

Baca Juga: 3 Negara Penyumbang Pemain Asing Terbanyak di Liga 1 2023/24, Ada Pendatang Baru

Rapor Turkmenistan pada 2023 tidak bagus. Dari empat pertandingan, mereka sama sekali tidak meraih kemenangan.

Turkmenistan menelan kekalahan dari Malaysia, ditahan imbang Tajikistan, lalu kalah beruntun dari Uzbekistan dan Oman di CAFA Nations Cup 2023.

Rapor merah Turkmenistan ini bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan. Terlebih, Timnas Indonesia punya rekor bagus saat bermain di kandang selama ditangani Shin Tae-yong.

Baca Juga: Kasihan Banget, Pemain Asing Persib Bandung Kebingungan setelah Ditinggal Luis Milla

2. Tidak Lolos ke Piala Asia 2023

Turkmenistan gagal meloloskan diri ke Piala Asia 2023 setelah mereka berhasil tampil di putaran final Piala Asia 2019. Turkmenistan gagal bersaig di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada kualifikasi ronde kedua, Turkmenistan cuma finis di peringkat ketiga klasemen Grup H sehingga harus berjuang di kualifikasi ronde ketiga.

Baca Juga: Pahlawan Kemenangan Persita atas Persija Berharap Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Sayangnya di Ronde Ketiga, Turkmenistan yang tergabung di Grup E lagi-lagi cuma finis di peringkat ketiga sehingga gagal lolos ke Piala Asia 2023.

3. Peringkat FIFA Turun

Serangkaian hasil buruk yang didapatkan Turkmenistan di tahun 2023 pada akhirnya mempengaruhi peringkat FIFA mereka. Turkmenistan harus rela turun satu peringkat ke posisi 138.

Meski turun, peringkat dunia Turkmenistan masih lebih baik daripada Timnas Indonesia yang juga mengalami penurunan ke peringkat 150.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak