Arena

Mengenal Perbedaan Olahraga Rounders dengan Kasti, Hampir Sama tapi Beda

Inilah penjelasan mengenai olahraga Rounders dengan Kasti

Irwan Febri Rialdi

Ilustrasi bola kasti (Elements Envato)
Ilustrasi bola kasti (Elements Envato)

Bolatimes.com - Rounders dan kasti merupakan dua olahraga yang termasuk dalam jenis permainan bola kecil. Meskipun memiliki sejumlah kemiripan, tetapi ada beberapa perbedaan dari kedua permainan ini.

Sebagai informasi, rounders dan kasti sebagai permainan bola kecil juga masih satu rumpun dengan permainan lain seperti softball ataupun baseball.

Dari segi jumlah pemain, rounders dan kasti juga sama-sama melibatkan 12 pemain dalam satu tim. Perannya juga hampir sama, yakni ada pemain yang bertugas sebagai pemukul dan ada yang berperan sebagai penjaga.

Lalu, apakah perbedaan dari rounders dan kasti. Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah aspek yang membedakan dua permainan ini.

1. Bentuk Lapangan

Dari segi bentuk lapangan, rounders dan kasti memiliki perbedaan yang mencolok. Untuk diketahui, rounders menggunakan lapangan berbentuk segi lima.

Setiap sudut dari lapangan rounders membutuhkan tempat hinggap yang jaraknya masing-masing 15 meter. Masing-masing tempat hinggap ini diberi nama base I, II, III, IV, dan V.

Sedangkan lapangan kasti pada umumnya berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi beberapa daerah, yakni satu ruang bebas, satu ruang pertolongan, dua ruang hinggap atau disebut dengan base, dan tiga pos yang menjadi tujuan tim pemukul setelah memukul bola.

2. Ukuran Lapangan

Selain bentuknya yang berbeda, lapangan yang digunakan dalam permainan rounders dengan bola kasti juga memiliki perbedaan ukuran.

Untuk permainan bola kasti, lapangan yang digunakan harus memiliki panjang sekitar 60-70 meter, sedangkan lebarnya 30 meter.

Sementara itu, sisi lapangan rounders yang berbentuk segi lima memiliki panjang 14 meter dan berukuran dan masing-masing base-nya berukuran 40x40 cm.

3. Tiang Hinggap (Base)

Selanjutnya, perbedaan yang mencolok antara permainan rounders dengan kasti ialah keberadaan tiang hinggap atau yang juga dikenal sebagai base.

Dalam permainan rounders, tiang hinggap yang dibutuhkan berjumlah empat buah, sedangkan dalam permainan kasti hanya dua.

4. Berat bola

Bola yang digunakan dalam permainan rounders dengan kasti juga berbeda. Untuk permainan kasti dan rounders, sebetulnya bola yang digunakan ukurannya sama, yakni lingkaran 19-22 cm.

Meskipun demikian, berat bola menjadi faktor pembedanya. Sebab, berat bola kasti sekitar 70-80 gram, sedangkan berat bola rounders mencapai 80-100 gram.

5. Tongkat Pemukul

Tongkat pemukul atau yang biasa disebut dengan bat juga cukup berbeda. Alat pemukul permainan kasti terbuat dari bahan kayu berbentuk stik. Panjangnya 50-60 cm dengan diameter 5 cm.

Sementara itu, alat pemukul yang digunakan dalam permainan rounders menggunakan tongkat dengan panjang 50-80 cm, dan diameternya 7 cm.

6. Durasi Permainan

Perbedaan yang signifikan lainnya dari permainan rounders dengan kasti terletak pada durasinya. Permainan rounders terdiri dari tiga tinning atau babak yang masing-masing dinyatakan selesai apabila setiap regu sudah bergantian memukul dan berjaga.

Adapun permainan kasti berlangsung selama dua babak. Setiap babak berdurasi 30 menit. Masing-masing babak juga disertai waktu istirahat selama 10 menit.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini