Arena

Profil Timnas Basket Yordania, Lawan Selanjutnya Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2022

Usai mengalahkan Arab Saudi, Timnas basket Indonesia akan melawan Yordania di FIBA Asia Cup 2022

Irwan Febri Rialdi

Timnas Basket Yordania. (Dok. FIBA)
Timnas Basket Yordania. (Dok. FIBA)

Bolatimes.com - Seusai meraih hasil impresif atas Arab Saudi pada laga perdana, timnas basket Indonesia kini tengah bersiap untuk menghadapi Yordania pada laga kedua Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2022.

Menurut jadwal, pertandingan antara timnas basket Indonesia versus Yordania di ajang FIBA Asia Cup 2022 itu akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022) pukul 17.30 WIB.

Pertandingan ini juga akan menjadi penentu nasib timnas basket Indonesia setelah pada laga sebelumnya sukses membabat Arab Saudi dengan skor telak 80-54.

Tentu saja, hasil positif atas Arab Saudi itu turut melahirkan optimisme baru bahwa timnas basket Indonesia diyakini mampu menggulingkan Yordania pada laga kedua.

Untuk saat ini, timnas basket Indonesia masih memimpin klasemen sementara Grup A FIBA Asia Cup 2022 dengan koleksi dua poin.

Sementara itu, timnas basket Yordania berada di peringkat ketiga setelah mereka sempat kalah dari Australia pada pertandingan pertama.

Kemenangan atas Yordania tentunya akan membuka jalan bagi tim asuhan Milos Pejic untuk melaju ke babak delapan besar sekaligus lolos ke Piala Dunia FIBA 2023.

Profil Timnas Basket Yordania

Apabila dibandingkan dengan Arab Saudi yang menjadi lawan pertama timnas basket Indonesia, Yordania adalah lawan yang terhitung jauh lebih berat.

Pasalnya, timnas basket Yordania adalah salah satu kekuatan besar di dunia basket Asia. Mereka saat ini berada di urutan ke-39 ranking FIBA.

Apabila ditelusuri lebih jauh, mereka berada di urutan ketujuh untuk Asia. Ini tentu sangat jauh apabila dibandingkan dengan Indonesia yang duduk di ranking 95 FIBA atau 19 di level Asia.

Selain dari peringkat FIBA, prestasi mentereng timnas basket Yordania juga cukup memuaskan pada beberapa tahun terakhir.

Sepanjang sejarah, mereka sukses dua kali lolos FIBA World Cup, yakni pada edisi 2010 dan 2019. Pada 2021 lalu, mereka sukses menjuarai ajang King Abdullah II Basketball Cup 2021.

Timnas basket Yordania juga sempat melaju ke semifinal FIBA Asia Challenge 2016. Namun, mereka gagal lolos ke semifinal karena takluk dari Iran yang keluar sebagai juara.

Akan tetapi, Yordania tetap pulang dengan kepala tegak setelah menumbangkan Irak pada partai perebutan peringkat ketiga FIBA Asia Challenge 2016.

Untuk menghadapi FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung di Indonesia ini, Yordania membawa total 16 pemain untuk bertarung dengan kontestan lainnya.

Mereka adalah Zaid Abbas, Ahmad Dwairi, Mohammad Hussein, Yousef Abu Wazaneh, Ahmad Hamarseh, Ashraf Alhendi, Dar Tucker, Sami Bazai, Amin Abu Hawwas, Hashem Abbas, dan Malek Kanaan.

Pada pertemuan sebelumnya, yakni pada ajang Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023, timnas basket Indonesia sempat jadi bulan-bulanan Yordania. Saat itu, skuad Merah Putih ditekuk dengan skor 52-77.

Ini menjadi kekalahan kedua tim Merah Putih atas The Falcon, julukan timnas basket Yordania, setelah sebelumnya sempat takluk 64-94 pada Februari lalu.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini