Arena

Rekor Kemenangan Shin Tae-yong selama Menjabat sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Shin Tae-yong punya rekor kemenangan apik bersama Timnas Indonesia, tapi ...

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki rekor kemenangan yang cukup apik sejak menjabat sebagai juru taktik skuad Merah Putih pada Desember 2019.

Shin Tae-yong mendapat pekerjaan itu dari PSSI untuk menggantikan posisi pelatih timnas Indonesia sebelumnya, yakni Simon McMenemy.

Sejak saat itu, Shin Tae-yong sudah memulai pekerjaannya sebagai juru taktik, mulai dari mengasuh, timnas U-19, timnas U-23, hingga skuad senior timnas Indonesia.

Sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan itu memiliki rekor kemenangan yang terbilang apik apabila melihat catatan performa timnas Indonesia selama berada di bawah asuhannya.

Shin Tae-yong sudah mengasuh timnas Indonesia di berbagai ajang, mulai dari Piala AFF 2020, SEA Games 2021, play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, hingga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Dari semua ajang yang pernah diikuti, termasuk laga uji coba internasional FIFA Matchday, Shin Tae-yong telah memimpin total 24 pertandingan.

Tercatat, 13 pertandingan di antaranya sukses dimenangkan Shin Tae-yong, sementara tiga lainnya berakhir imbang, dan delapan kali berujung kekalahan.

Catatan ini tentu saja cukup terbilang apik apabila ukuran kesuksesan yang digunakan bukanlah raihan trofi. Sebab, ia memang belum mampu mempersembahkan prestasi apa pun selama menjadi pelatih timnas Indonesia.

Terlepas dari semua hasil itu, Shin Tae-yong masih memiliki sejumlah tugas berat yang menantinya sebagai juru taktik skuad Garuda.

Yang terdekat, Shin Tae-yong harus mempersiapkan skuad Merah Putih untuk berjuang di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A harus bersaing dengan dua negara dari Asia Barat, yakni Yordania dan Kuwait. Kemudian, ada pula Nepal yang tidak bisa diremehkan.

Kualifikasi Piala Asia 2022 akan digelar dengan sistem home tournament dan setiap tim bertanding tiga kali. Di Grup A, Kuwait akan menjadi tuan rumah.

Sebagai informasi, hanya 11 tim yang bisa lolos ke Piala Asia 2023. Mereka adalah sang juara grup dan lima runner-up terbaik.

Selain itu, ada pula Piala AFF 2022 yang juga bakal diikuti oleh timnas Indonesia pada akhir tahun ini. Sebelumnya, Shin sukses mengantarkan skuad Garuda melaju hingga final di edisi 2020.

Tugas lain yang juga dijabat oleh Shin Tae-yong ialah menyiapkan timnas Indonesia U-19 sebaik mungkin. Pasalnya tim ini diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini