Arena

Berlanjut, Fabio Quartararo Korban Terbaru 'Kutukan' Juara Dunia MotoGP

Kutukan Juara Dunia MotoGP kembali menimpa pembalap

Irwan Febri Rialdi

Fabio Quartararo saat mengklaim gelar juara dunia MotoGP 2021. (Instagram)
Fabio Quartararo saat mengklaim gelar juara dunia MotoGP 2021. (Instagram)

Bolatimes.com - Kutukan juara dunia MotoGP kembali menimpa pembalap. Kali ini yang menjadi korban adalah Fabio Quartararo usai gagal finis di MotoGP Algarve, Minggu (7/11/2021).

Pada balapan di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal, Fabio Quartararo terjatuh pada lap 21. Itu adalah kali pertama dirinya gagal finis di MotoGP 2021.

Hasil yang didapat Quartararo di MotoGP Algarve melanjutkan kutukan bagi juara dunia MotoGP dalam empat musim terakhir di mana sang kampiun kerap gagal finis dalam seri perdana pasca mereka memastikan trofi juara.

Sebelum Fabio Quartararo, Marc Marquez gagal finis di MotoGP Australia 2018 setelah sepekan sebelumnya memastikan gelar juara dunia.

Hal yang sama juga dialami pebalap Suzuki Joan Mir di MotoGP Portugal 2020 setelah memastikan gelar juara dunia di Sirkuit Valencia sepekan sebelumnya.

Entah karena adanya tekanan atau justru beban yang hilang dari pundak, para pebalap peraih gelar juara dunia MotoGP kerap tampil buruk selepas dipastikan juara.

Fabio Quartararo menampik anggapan tersebut terkait insiden jatuh yang dia alami hingga gagal finis di MotoGP Algarve. Menurutnya, hal itu lebih ke masalah teknis.

“Sejujurnya tidak [ada beban], karena pagi ini kecepatan saya bagus, sepanjang akhir pekan sangat bagus selain Sabtu sore,” kata Fabio Quartararo melansir Motorsport, Senin (8/11/2021).

“Maka sangat disayangkan untuk merasakan perbedaan itu. Sejujurnya ketika saya jatuh, saya seperti ‘mari kita lihat apa yang terjadi’."

Pada saat itu, Quartararo merasa tidak memiliki pilihan. Ia lebih memilih mencoba meskipun tahu akan gagal, jika tidak, ia akan disalip oleh pembalap lainnya.

“Saya sudah mencapai batas dan tidak bisa mengambil tikungan. Tetapi saya tahu jika saya menunggu, saya akan disalip oleh yang lain dan saya hanya mencobanya,” tambahnya.

“Dan percobaan itu tidak berhasil. Saya melihat dengan jelas titik lemah pada motor kami yang tidak dimiliki orang lain tetapi saya juga melihat titik positif yang jelas yang tidak dimiliki beberapa orang lain,” ujarnya.

“Kita benar-benar perlu mendapatkan kecepatan tertinggi karena saat itu, menyalip merupakan mimpi buruk,” tambahnya.

MotoGP Algrave 2021 pada akhirnya dimenangkan rival Fabio Quartararo dalam persaingan gelar juara dunia, Francesco Bagnaia (Ducati), diikuti Joan Mir (Suzuki), dan Jack Miller (Ducati) di tempat kedua dan tiga.

Penulis: Aulia Ivanka Rahmana

Berita Terkait

Berita Terkini