Sejarah Futsal, Kapan Pertama Kali Masuk ke Indonesia

Futsal jadi salah satu olahraga favorit.

Husna Rahmayunita
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Para pemain Indonesia merayakan gol ke gawang Lebanon pada laga Grup C Piala Futsal Asia 2022 di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/HO-AFC)

Para pemain Indonesia merayakan gol ke gawang Lebanon pada laga Grup C Piala Futsal Asia 2022 di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/HO-AFC)

Bolatimes.com - Sejarah permainan futsal masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu olahraga favorit di Tanah Air. Futsal digandrungi tak kalah dari permainan sepak bola.

Menilik asal usulnya, futsal sendiri merupakan sebuah olahraga yang mirip dengan sepak bola. Bedanya, permainan ini dimainkan di sebuah ruangan sesuai dengan namanya yang disadur dari bahasa Spanyol, yakni Futbola (sepak bola) dan Sala (dalam ruangan).

Adapun pertama kali olahraga futsal ditemukan di Uruguay, tepatnya di Montevideo pada 1930 oleh pria bernama Juan Carlos Ceriani.

Awal ditemukannya futsal oleh Juan Carlos Ceriani dikarenakan dirinya yang lelah dengan kondisi lapangan yang basah ketika hujan.

Karena lapangan kerap basah dan tergenang karena hujan, dirinya dan rekan-rekannya pun tak bisa bermain maupun berlatih sepak bola.

Karena alasan tersebut, Juan Carlos Ceriani lalu berinisiatif membuat sebuah olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan dan membuat lahirnya olahraga futsal.

Pada awalnya, futsal buatan Juan Carlos Ceriani memiliki aturan seperti sepak bola, yakni dengan 11 pemain di setiap tim.

Namun aturan ini diubah karena lapangan untuk bermain di ruangan yang terbilang sempit, sehingga futsal pun kini dimainkan oleh lima orang saja.

Karena lapangan yang sempit dan jumlah pemain yang sedikit, aturan dalam futsal pun dibuat sedemikian rupa dan berbeda jauh dengan sepak bola.

Futsal dimainkan dalam dua babak seperti sepak bola. Bedanya, waktu yang dimainkan hanya 20 menit di setiap babak tanpa adanya Injury Time.

Aturan di dalamnya pun juga berbeda dengan sepak bola, kendati secara permainan futsal dan sepak bola memiliki kemiripan.

Saat ini, futsal telah mendunia dan menjadi permainan yang digandrungi banyak orang, termasuk di Indonesia sendiri.

Lantas, kapan olahraga futsal masuk ke Indonesia?

Sejarah Futsal Masuk ke Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, olahraga futsal diketahui masuk ke Indonesia saat Tanah Air mengalami krisis moneter, yakni di tahun 1998-1999.

Sedangkan secara resmi, olahraga futsal pertama kali dikenal masyarakat pada awal tahun 2000 an. Tepat pada tahun 2002, futsal pun telah resmi menjadi olahraga di Indonesia.

Futsal menjadi olahraga resmi di Indonesia usai AFC sekali federasi sepak bola Asia menunjuk Tanah Air sebagai tuan rumah Kejuaraan Futsal Asia atau Piala Asia Futsal.

Sejak saat itu, futsal di Indonesia kian berkembang dan memiliki kompetisi resmi yang berlangsung setiap musimnya, sama seperti sepak bola.

Saat itu, liga futsal pertama di Indonesia bernama Liga Futsal Indonesia atau LFI yang berada di bawah naungan Badan Futsal Nasional (BFN) dan telah berlangsung sejak 2004.

Setelahnya, futsal pun makin berkembang dan disukai banyak orang. Hal ini terlihat dari banyaknya lapangan untuk memainkan permainan ini.

Banyak tokoh-tokoh Indonesia yang berjasa akan perkembangan olahraga futsal di Tanah Air. Ada Wandy Batangtaris yang pernah menjabat sebagai Komite Futsal Fifa.

Lalu ada pula Ronny Pattinasarani yang juga berjasa akan perkembangan futsal. Karenanya, keduanya dianggap sebagai pelopor dan pengembang futsal di Indonesia.

Sejak saat itu, futsal pun kian digandrungi masyarakat Tanah Air dan juga menjadi salah satu olahraga andalan di Indonesia pada ajang-ajang internasional.

Hal ini terbukti dari prestasi Indonesia di kancah futsal dunia, di mana tim nasionalnya mampu menembus peringkat 39 dunia dan peringkat 6 Asia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.
timespedia | 06:00 WIB
Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.
timespedia | 16:50 WIB
Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.
timespedia | 14:47 WIB
Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:
timespedia | 14:21 WIB
Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.
timespedia | 20:00 WIB
Apa itu Premier League Summer Series 2023?
timespedia | 10:15 WIB
Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.
timespedia | 19:30 WIB
Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.
timespedia | 18:00 WIB
Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.
timespedia | 15:30 WIB
Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia
timespedia | 17:56 WIB
Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.
timespedia | 11:00 WIB
Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang
timespedia | 17:09 WIB
Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final
timespedia | 08:14 WIB
Jangan ketinggalan event Jatim Media Summit akan digelar 24-25 Mei. Buruan daftar.
timespedia | 17:23 WIB
Buat skuatmu menjadi tangguh
timespedia | 07:48 WIB
Berikut ulasan cara main FIFA Mobile di PC.
timespedia | 13:21 WIB
Mau dapat koin gratis? simak cara cheat game FIFA Mobile.
timespedia | 22:00 WIB
Dibagikan seorang YouTuber, inilah cara mendapatkan pemain dengan Ovr 112 secara gratis di gim FIFA Mobile 2023
timespedia | 14:56 WIB
Tampilkan lebih banyak