Kronologis Gagalnya Hakim Ziyech Pindah ke PSG, Chelsea Ulangi Kebodohan Manchester United

Hakim Ziyech gagal ke PSG karena kesalahan pihak Chelsea.

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Rabu, 01 Februari 2023 | 14:03 WIB
Hakim Ziyech saat tampil bersama Timnas Maroko. (JAVIER SORIANO / AFP)

Hakim Ziyech saat tampil bersama Timnas Maroko. (JAVIER SORIANO / AFP)

Bolatimes.com - Hakim Ziyech jadi trending topic di laman sosial media. Pemain asal Maroko ini jadi sorotan pasca gagalnya ia hengkang ke klub kaya Prancis, Paris Saint Germain (PSG).

Mendekati deadline day alias penutupan bursa transfer musim dingin 2023, Hakim Ziyech harus gigit jari karena kepindahannya ke PSG dari Chelsea batal. Kegagalan Ziyech pindah dari Stamford Bridge menimbulkan kegeraman banyak pihak.

Seperti apa kronologis kegagalan Hakim Ziyech ke PSG pada penutupsan bursa transfer musim dingin 2023?

Baca Juga: Fakta Menarik Hakim Ziyech, Sempat Nyatakan Pensiun hingga Bawa Timnas Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

Sebelum penutupan bursa transfer musim dingin 2023, Ziyech memang kencang dirumorkan akan pindah ke PSG. Jurnalis Fabrizio Romano melaporkan bahwa kesepakatan kepindahan Ziyech telah rampung diselesaikan Chelsea dan PSG.

Menurut Romano bahwa masalah gaji telah diselesaikan jauh sebelum penutupan bursa transfer musim dingin 2023. 24 Mei 2022, Romano di tweetnya menuliskan bahwa pihak Chelsea putuskan membuka opsi penjualan Ziyech.

Baca Juga: Mulia, Kisah Hakim Ziyech Tak Mau Ambil Gaji dan Bonus dari Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

"Chelsea sekarang terbuka untuk menjual Hakim Ziyech jika mereka mendapat penawaran yang baik," tulis Romano saat itu.

Romano lalu mengabarkan bahwa Hakim Ziyech pada Juni 2022 sudah hampir pasti akan tinggalkan The Blues. Dalam laporannya, Romano tidak menyebut PSG sebagai klub yang akan dituju Ziyech melainkan AC Milan.

"AC Milan tertarik untuk mengontraknya. Pembicaraan sudah berlangsung di kamp pelatihan," tulis Romano.

Baca Juga: Chelsea Berniat Lepas Hakim Ziyech demi Boyong Adrien Rabiot

Namun kemudian nama PSG muncul sebagai kandidat kuat untuk bisa mendapatkan Ziyech. Beberapa jam sebelum penutupan bursa transfer, manajer PSG Christophe Galtier menyebut bahwa pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan Chelsea.

"Kami sedang mengerjakan kesepakatan dengan Hakim Ziyech, itu benar dan pembicaraan sedang berlangsung. Saya tidak ingin mengatakan lebih karena dia masih jadi pemain Chelsea," kata Galtier pada 31 Januari 2023 seperti dilihat dari tweet Fabrizio Romano.

Namun dalam hitungan jam, kondisi berubah total. Padahal Romano pada 1 Januari 2023 pukul 5:05 AM waktu setempat sempat unggah foto Ziyech dengan seragam PSG.

Baca Juga: Sempat Berselisih, Timnas Maroko Buka Pintu Tim Nasional untuk Hakim Ziyech

"PSG bersiap untuk rekrut Hakim Ziyech. Kesepakatan disetujui dan dibukan untuk peminjaman hingga Juni. Tidak termasuk klausul opsi beli," tulis Romano.

Melansir dari Sporting News, satu jam setelah bursa transfer ditutup waktu Prancis, kesepakatan perpindahan Ziyech batal. Sebagai informasi, penutupan bursa transfer Liga Inggris dan Ligue 1 berbeda satu jam.

Menurut laporan jurnalis Prancis, kesepakatan kepindahan Ziyech gagal disebabkan kesalahan pengiriman dokumen dari Chelsea ke PSG di detik-detik akhir penutupan bursa transfer.

Jurnalis Prancis, Bruno Salomon menyebutkan bahwa pihak Chelsea telah tiga kali mengirimkan dokumen secara terpisah. Namun, semua dokumen yang dikirim The Blues salah.

"Chelsea telah mengirimkan dokumen yang salah sebanyak 3 kali namun entah mengapa tidak ada yang benar dari dokumen yang dikirim," ungkap Salomon.

Sementara itu, Ben Jacobs dari CBS Sports melaporkn akibat kesalahan non teknis ini pihak PSG mengaku sangat geram. Menurut Jacobs, pihak PSG saat ini tengah mengupayakan banding kepada otoritas Ligue 1 agar kesepakatan Ziyech bisa terealisasi.

Laporan jurnalis lainnya, Nazar Kinsella dari The Standar menuliskan bahwa sebenarnya pihak Chelsea masih ingin pertahankan Ziyech hingga detik penutupan bursa transfer.

The Blues disebut baru mempersiapkan semua dokumen secara mendadak mendekati penutupan bursa transfer waktu Ligue 1. Menurut laporan Kinsella, pengacara Chelsea mendapat beban kerja terlalu besar di detik penutupan.

"Kedatangan Enzo Fernandez di detik terakhir, menyebabkan kekacauan dokumen di pihak Ziyech," tulis laporan Kinsella.

Gagalnya kepindahan Ziyech ke PSG mengingatkan publik kepada gagalnya proses transfer David de Gea dari Manchester United ke Real Madrid beberapa tahun lalu.

Pada 31 Agustus 2015, di detik penutupan bursa transfer, De Gea gagal pindah ke Old Trafford. United dituding gagal mengirimkan dokumen sebelum tenggat penutupan.

Seorang staf LFP berkata dokumen yang dikirim United bahkan tidak bisa dibuka karena perbedaan format. Madrid pun gagal mendaftarkan De Gea 28 menit sebelum pendaftaran ditutup.

"Pukul 13.30, United sudah memiliki surat kontrak. Kami mengirim kontrak untuk United pada 13.30 dan mereka butuh delapan jam sampai mereka mengirim kembali dokumen itu,” ungkap Presiden Madrid Florentino Perez saat itu.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak