Liga

Hasil Liga Inggris: MU Menangi Derbi Manchester, Liverpool Dibantai Brighton 0-3

Manchester United full senyum, Liverpool meringis

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Bruno Fernandes setelah mencetak gol pertama Manchester United dalam pertandingan Liga Premier Inggris melawan Manchester City di Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu (14/1/2023). ANTARA/REUTERS/PHIL NOBLE
Selebrasi Bruno Fernandes setelah mencetak gol pertama Manchester United dalam pertandingan Liga Premier Inggris melawan Manchester City di Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu (14/1/2023). ANTARA/REUTERS/PHIL NOBLE

Bolatimes.com - Hasil Liga Inggris 2022/2023 semalam hingga Minggu (15/1/2023) dini hari WIB. Manchester United sukses memenangi Derbi Manchester, kemudian Liverpool juga pesta gol.

Manchester United berhasil bangkit dari ketertinggalan dan memenangi Derbi Manchester dengan skor 2-1 atas Manchester City dalam laga pekan ke-20 Liga Premier Inggris di Old Trafford, Sabtu.

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Jack Grealish, United membalikkan keadaan melalui Bruno Fernandes dan Marcus Rashford untuk naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi 38 poin.

Tim besutan Erik ten Hag sukses menggusur Newcastle United yang baru bermain Minggu (15/1) besok serta kini hanya terpaut satu poin dari City yang tertahan di posisi kedua.

Tuan rumah berusaha menguasai bola sejak awal dan memperoleh peluang pada menit ke-11 setelah Christian Eriksen memotong umpan ceroboh Bernardo Silva dan mengirim bola ke arah Fernandes, yang sayangnya melepaskan penyelesaian melebar.

Tim tamu balas mengancam pada menit ke-23 ketika Erling Haaland memperoleh bola liar hasil umpan silang Silva, sayang bola tembakannya masih bisa dihalau oleh Casemiro.

Pada menit ke-34, Rashford sukses melewati hadangan kiper Ederson Moraes yang maju terlalu jauh untuk memotong bola, tapi kali ini penyelesaian tuan rumah berakhir dihadang oleh Manuel Akanji.

Skor nirgol bertahan hingga turun minum dan Ten Hag mengambil langkah berani memulai babak kedua dengan memasukkan Antony Matheus menggantikan Anthony Martial, tetapi mantan bintang Ajax itu tak segera memberi dampak positif.

Sementara Pep Guardiola berusaha melakukan perubahan dengan menarik keluar Phil Foden digantikan Grealish pada menit ke-57. Langkah itu berbuah positif, sebab Grealish tiga menit kemudian membawa City memimpin dengan menanduk umpan silang kiriman Kevin De Bruyne.

Keunggulan City raib pada menit ke-78, setelah tuan rumah memperoleh gol kontroversial dari kaki Fernandes. Berawal dari umpan Casemiro, Rashford yang berada di posisi offside awalnya mengejar bola, tapi kemudian memutuskan membiarkan si kulit bundar disambar Fernandes ke dalam gawang City.

Empat menit berselang, United membalikkan keadaan sepenuhnya saat talenta Rashford --kali ini dalam posisi yang tidak offside-- menyelesaikan umpan kiriman Garnacho untuk menaklukkan Ederson sembari membawa tuan rumah unggul 2-1 atas City.

City berusaha melancarkan serangan untuk memburu gol balasan demi setidaknya mengamankan satu poin, bahkan hampir seluruh bek mereka juga berada di paruh lapangan United. Namun hal itu tak cukup mengubah keadaan dan United tetap menutup laga dengan kemenangan 2-1 atas City.

Di laga lainnya, Liverpool takluk 0-3 kepada tuan rumah  Brighton & Hove Albion dalam pertandingan Liga Premier di Stadion American Express Community, Sabtu malam WIB.

Tiga gol tuan rumah tercipta pada babak kedua yang dua di antaranya dicetak Solly March, sedangkan satu gol lainnya disumbangkan oleh Danny Welbeck.

Kemenangan ini membuat Brighton menggeser Liverpool pada peringkat tujuh dengan 30 poin, sedangkan Reds kini berada pada tempat delapan dan mengumpulkan 28 poin.

Berita Terkait

Berita Terkini