Liga

5 Pemain Belanda yang Sukses di Manchester United, Wout Weghorst Menyusul?

Wout Weghorst dilaporkan akan bergabung Manchester United. Bisa kah dia sukses seperti para pendahulunya?

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Belanda, Wout Weghorst, bereaksi atas kekalahan timnya dari Argentina dalam laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022di Stadion Lusail, utara Doha pada 9 Desember 2022. (AFP/Juan Mabromata)
Penyerang Belanda, Wout Weghorst, bereaksi atas kekalahan timnya dari Argentina dalam laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022di Stadion Lusail, utara Doha pada 9 Desember 2022. (AFP/Juan Mabromata)

Bolatimes.com - Manchester United diambang mendapatkan jasa pemain asal Belanda, Wout Weghorst dari Burnley meskipun menurut kabar yang beredar hanya berstatus pinjaman.

Meksi hanya pinjaman, Wout Weghorst bakal menambah panjang riwayat transfer Manchester United terhadap pemain asal Belanda.

Tyler Malacia menjadi pemain Belanda pertama yang dibawa Erik ten Hag ke Old Trafford, kondisi yang sebenarnya patut dimaklumi.

Man United dan pemain Belanda memiliki sejarah panjang, sejumlah pemain asal Negeri Kincir Angin ini pernah membawa kejayaan untuk Setan Merah.

Lantas siapa saja pemain Belanda yang pernah membawa Man United ke puncak kejayaan? berikut ini lima di antaranya.

1. Edwin van der Sar

Berposisi sebagai kiper, Van der Sar adalah menjadi pemain andalan Setan Merah di bawah komando Sir Alex Ferguson selama lima musim mulai 2005 hingga 2011.

Total 266 pertandingan dicatatkan Van der Sar, mencatat 135 clean sheet dan 202 kebobolan, Liga Primer dan Liga Champions menjadi beberapa trofi juara yang pernah ia berikan.

2. Ruud van Nistelrooy

Nistelrooy menjadi salah satu striker terbaik Man United asal Belanda, didatangkan pada 2001 hingga 2005 sebelum hijrah ke Real Madrid.

Mencatatkan 219 laga dengan torehan 150 gol dan 25 assist, Nistelrooy meninggalkan Old Trafford dan Liga Inggris sebagai seorang legenda.

3. Daley Blind

Talenta Belanda masih dipercaya Man United saat Louis van Gaal ditunjuk sebagai manajer baru, didatangkan pada Januari 2014 dan bertahan hingga 2018.

Blind tak mampu meraih banyak kesuksesan dengan Setan Merah, hanya menorehkan 141 laga dengan 6 gol dan 10 assist sebelum kembali ke Belanda.

4. Jaap Stam

Stam merupakan bek Belanda yang pernah jadi andalan lini bertahan Man United, didatangkan dari PSV Eindhoven pada musim dingin 1998.

Tiga trofi Liga Primer diberikan untuk Man United sebelum memutuskan pensiun pada 2007, menorehkan 127 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 3 assist.

5. Robin van Persie

Kedatangannya ke Old Trafford cukup kontroversial setelah memilih menyeberang dari Arsenal pada 2012, meski hanya dua musim saja.

Pada akhirnya Van Persie mampu merengkuh trofi Premier League bersama Man United, dengan mencatat 105 laga dan 58 gol serta 21 assist.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini