Liga

Laga Klasik Napoli vs Juventus: Gol Indah Diego Maradona Hancurkan Pasukan Dino Zoff

Salah satu pertandingan menarik yang pernah tercipta di pertemuan Napoli vs Juventus ialah pertandingan pekan ke-30 Serie A musim 1989-90.

Galih Prasetyo

Diego Maradona kala memperkuat Napoli pada 1988 silam. [BON ISHIKAWA / AFP]
Diego Maradona kala memperkuat Napoli pada 1988 silam. [BON ISHIKAWA / AFP]

Bolatimes.com - Bigmatch Serie A pekan ini akan menghelat pertandingan antara Napoli vs Juventus yang berlangsung di Stadion Diego Maradona pada 14 Januari 2023. 

Misi wajib menang diemban oleh pemain kedua tim. Khusunya Juventus demi bisa memangkan jarak poin dengan Napoli

Saat ini Napoli puncaki klasemen Serie A dengan koleksi 44 poin. Sementara Juventus di peringkat kedua dengan mengumpulkan 37 poin. 

Kemenangan sangat penting bagi Juventus, selain memangkas jarak poin, mereka juga harus menjauh dari kejaran AC Milan dan Inter Milan di peringkat ketiga dan keempat. 

Pertemuan Napoli vs Juventus di pekan ke-17 nanti merupakan laga ke-153 di pentas Serie A. Dari 152 pertandingan sebelumnya, Juventus meraih 70 kemenangan sementara Napoli hanya 48 kali. 

Dari total pertemuan kedua tim di semua kompetisi, catatan Juventus juga masih lebih baik. Tim Nyonya Tua meraih 86 kemenangan dari 185 laga. 

Sementara Napoli hanya mengoleksi 58 kemenangan. Sejumlah pertandingan menarik dilakoni oleh kedua tim sepanjang sejarah. 

Rivalitas kedua tim sebenarnya sudah mengakar di pentas Serie A. Keduanya merupakan perwakilan klub terhebat dari Italia Utara dan Italia Selatan. 

Salah satu pertandingan menarik yang pernah tercipta di pertemuan Napoli vs Juventus ialah pertandingan pekan ke-30 Serie A musim 1989-90. Seperti apa pertandingannya? Berikut ulasannya

Diego Maradona Buat Pasukan Dino Zoff Tak Berdaya

Napoli pada pentas Serie A musim 1989-90 merupakan salah satu klub besar. Partenopei kala itu diperkuat legenda Argentina, Diego Maradona. 

Musim 1988-89, Napoli hanya finish sebagai runner up, di bawah Inter Milan. Misi untuk bisa meraih scudetto diemban Maradona dkk di musim 1989-90. 

Sementara Juventus di musim itu juga bukan tim sembarangan. Mereka dilatih oleh Dino Zoff dan diperkuat bomber Italia, Salvatore Schillaci. 

Pertemuan Napoli vs Juventus di pekan ke-30 Serie A musim 1989-90 berlangsung pada 25 Maret 1990 di San Paolo, sebelum berganti nama menjadi Stadion Diego Maradona. 

Sebagai tuan rumah, Napoli lebih percaya diri untuk obrak abrik pertahanan Juventus sejak menit awal pertandingan. 

Permainan dari kaki ke kaki diterapkan oleh pasukan Alberto Bigon. Hasilnya Napoli tak butuh waktu lama untuk bisa mencetak gol terlebih dahulu. 

Menit ke-13, Diego Maradona membuka skor. Gol pertama Napoli berawal dari skema serangan Napoli dari sektor sayap. 

Gelandang Napoli, Massimo Crippa kemudian alirkan bola ke tengah. Ia sempat solo run dan kemudian lepaskan tendangan keras, bola membentur tiang gawang. 

Percobaan kedua dilakukan pemain Napoli namun membentur kaki pemain Juventus. Bola liar langsung disambut Maradona dengan sepakan pelan namun terarah.

Semenit kemudian, Napoli kembali unggul lewat kaki Maradona. Kali ini Maradona mencetak gol indah lewat sepakan free kick. Skor 2-0 bertahan di babak pertama. 

Pada babak kedua, Juventus sempat hidupkan asa saat mencetak gol lewat penalti Luigi De Agostini. Namun sayang, menit ke-64, Giovanni Francini mencetak gol ketiga Napoli. 

Laga pun berakhir 3-1 untuk kemenangan Napoli. Di akhir musim, Napoli sukses meraih gelar Scudetto sementara Juventus hanya finish di peringkat ke-4.

Berita Terkait

Berita Terkini