Liga

Profil Edin Dzeko, Striker Gaek yang Kabarnya Mau Direkrut Manchester United di Bursa Transfer Januari

Manchester United kabarnya ingin memboyong Edin Dzeko

Irwan Febri Rialdi

Striker Inter Milan Edin Dzeko merayakan gol ketika Inter menang 3-2 atas Atalanta dalam pertandingan Liga Italia di Stadion Atleti Azzurri d'Italia di Bergamo pada 13 November 2022. (AFP/ISABELLA BONOTTO)
Striker Inter Milan Edin Dzeko merayakan gol ketika Inter menang 3-2 atas Atalanta dalam pertandingan Liga Italia di Stadion Atleti Azzurri d'Italia di Bergamo pada 13 November 2022. (AFP/ISABELLA BONOTTO)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Edin Dzeko, penyerang gaek milik Inter Milan yang dikabarkan masuk radar Manchester United di bursa transfer Januari 2023.

Manchester United tengah mencari penyerang tengah baru untuk menggantikan Cristiano Ronaldo yang telah resmi hengkang medio November lalu.

Mega bintang asal Portugal itu resmi hengkang setelah memutuskan berpisah secara baik-baik dengan klub berjuluk The Red Devils tersebut.

Mengingat saat ini MU, sebutan Manchester United, memiliki stok penyerang yang sedikit, Erik ten Hag selaku pelatih pun meminta pihak klub mendatangkan penyerang baru.

Penyerang yang diminta pelatih asal Belanda itu pun terbilang spesifik, yakni penyerang dengan kemampuan dalam duel udara atau bola atas.

Sederet nama pun kemudian bermunculan, di mana salah satu yang dilaporkan menjadi target adalah penyerang gaek Inter Milan, Edin Dzeko.

Penyerang berusia 36 tahun itu masuk radar MU untuk didatangkan di Januari 2023 ini karena kontraknya yang bakal habis.

Karena MU membutuhkan opsi jangka pendek, Dzeko pun dianggap sebagai sosok yang tepat untuk mengisi kekosongan di penyerang tengah.

Lantas, siapakah sosok Edin Dzeko tersebut? Berikut profilnya.

Mantan Penyerang Rival Manchester United

Edin Dzeko adalah penyerang tajam berpaspor Bosnia-Herzegovina yang lahir di Sarajevo pada 17 Maret 1986 silam.

Kiprahnya di kancah sepak bola bermua di klub lokal, yakni Zeljeznicar, di mana Dzeko awalnya bermain sebagai gelandang.

Namun karena posturnya yang tinggi dan kemampuan teknisnya yang dianggap kurang, Zeljeznicar saat itu rela menjualnya dengan harga 25 ribu euro ke klub Republik Ceko, Teplice.

Uniknya, Zeljeznicar justru senang dengan transfer ini dan menganggap untung besar karena Dzeko dirasa tak punya kemampuan spesial.

Siapa sangka, anggapan klub lamanya itu mampu dipatahkan Dzeko di Teplice. Saat menjalani peminjaman di Usti nad Labern pada 2005, ia mampu mencetak 6 gol dari 15 laga di posisi barunya sebagai penyerang.

Lalu saat kembali di Teplice, Dzeko mampu mencetak 13 gol dari 30 pertandingan dan menjadi top skor kedua di Liga Ceko pada musim 2006/2007.

Karena performanya itu, Dzeko kemudian diboyong Wolfsburg yang diasuh Felix Magath pada 2007 dengan harga 4 juta euro.

Di Wolfsburg, Dzeko bertahan selama 3,5 musim. Total 142 pertandingan, ia mampu mencetak 85 gol dan 35 assist sekaligus membawa timnya menjuarai Bundesliga Jerman di musim 2008/2009.

Kiprahnya itu membuat tim kaya baru, Manchester City, mendatangkannya ke Inggris dengan harga 32 juta euro, yang menjadikan Dzeko pemain termahal sepanjang masa Bosnia-Herzegovina.

Di Manchester City, Dzeko bertahan selama 4,5 musim dengan mencatatkan 189 penampilan dengan sumbangan 72 gol dan 38 assist.

Sumbangsihnya itu membuat Man City kemudian meraih gelar Liga Inggris pertamanya pada musim 2011/2012 dan gelar juara di musim 2013/2014.

Nahas perjalanannya di Man City tak berakhir manis. Pada 2015, Dzeko dipinjamkan ke AS Roma yang kemudian mempermanenkannya pada 2016 usai mencetak 10 gol dari 38 laga.

Di AS Roma, Dzeko pun menunjukkan tajinya kembali dengan mencatatkan total 119 gol dan 54 assist dari 260 laga selama lima tahun bersama tim ibu kota Italia itu.

Catatan itu membuat Inter Milan kemudian merekrutnya pada 2021 lalu dengan mahar 2,8 juta euro saja untuk menggantikan Romelu Lukaku yang hijrah ke Chelsea.

Di musim pertamanya bersama Inter Milan, Dzeko mampu menciptakan 17 gol. Lalu di musim keduanya saat ini, 10 gol telah disumbangkannya dari 23 laga.

Di level internasional sendiri, Dzeko membela Bosnia-Herzegovina. Ia mencatatkan debutnya pada 2007 silam di usia 21 tahun.

Bahkan berkatnya, Bosnia-Herzegovina mampu menembus kompetisi besar untuk pertama kalinya, yakni Piala Dunia 2014 di Brasil.

Total Dzeko telah mencatatkan 126 penampilan bagi negaranya dengan sumbangan 64 gol dan 26 assist hingga saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini