Liga

Prediksi Calon Top Skor Piala AFF 2022, Dua Striker Thailand Jadi Ancaman

Dua striker Thailand diprediksi jadi calon top skor Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Bolatimes.com - Sebanyak lima pemain diprediksi akan menjadi calon top skor atau pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2022. Siapa saja pemain tersebut?

Turnamen sepak bola dua tahunan di Asia Tenggara bertajuk Piala AFF 2022 akan segera bergulir. Dijadwalkan ajang ini digelar sejak 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Di ajang ini, sudah ada 10 negara peserta yang akan tampil dan siap memperebutkan gelar Piala AFF 2022 sekaligus mahkota sebagai negara terbesar di sepak bola Asia Tenggara.

Ke-10 negara ini pun telah terbagi dalam dua grup yang berisikan masing-masing lima negara di setiap grupnya.

Dari grup A, ada Timnas Indonesia yang akan bersua Thailand, Filipina, Kamboja, dan juga pendatang baru, yakni Brunei Darussalam.

Lalu dari grup B, ada negara-negara kuat seperti Vietnam, Singapura, serta Malaysia yang akan berhadapan dengan Laos dan Myanmar.

Jelang Piala AFF 2022, setiap negara kontestan pun telah memanggil para pemain terbaiknya, terutama di barisan lini serang atau penyerang.

Para penyerang top yang haus gol pun otomatis dipanggil oleh setiap peserta agar bisa mengoyak jala lawan dan membawa timnya meraih kemenangan.

Dengan banyaknya penyerang top yang dipanggil untuk Piala AFF 2022 ini, kira-kira siapa saja pemain yang masuk dalam daftar calon top skor? Berikut daftarnya.

1. Teerasil Dangda (Thailand)

Nama Teerasil Dangda dijagokan akan menjadi top skor Piala AFF 2022. Hal ini tak lepas dari kiprahnya selama berpartisipasi di ajang ini.

Pemain berusia 34 tahun itu berstatus top skor sepanjang masa Piala AFF dengan torehan 19 gol. Di musim ini saja, ketajamannya tak menurun meski sudah berusia senja, dengan mencetak 10 gol dari 16 laga bersama BG Pathum United.

2. Ilija Spasojevic (Indonesia)

Teerasil Dangda bukanlah satu-satunya penyerang gaek di daftar ini. Masih ada nama bomber andalan Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic.

Meski baru akan mencicipi Piala AFF pertamanya, ketajaman Spaso tak diragukan lagi. Ia datang ke Piala AFF 2022 dengan status top skor Liga 1 2021-2022.

3. Sergio Aguero (Malaysia)

Malaysia juga tak mau ketinggalan mengirimkan calon top skor Piala AFF 2022. Tim Harimau Malaya memiliki sosok penyerang tajam pada diri Sergio Aguero.

Pemain naturalisasi asal Argentina itu baru akan melakoni debutnya di Piala AFF 2022 ini. Bahkan ia telah berhasil mencetak gol bagi Malaysia di laga keduanya bersama Harimau Malaya.

4. Adisak Kraisorn (Thailand)

Tak hanya Teerasil Dangda, Thailand juga punya penyerang haus gol pada diri Adisak Kraisorn. Karenanya, namanya pun masuk daftar calon top skor Piala AFF 2022.

Penyerang Muangthong United ini merupakan salah satu striker berpengalaman. Di musim ini saja, ia telah mencetak lima gol dari 14 laga.

5. Nguyen Tien Linh (Vietnam)

Vietnam juga tak mau kalah dalam mengirimkan penyerang calon top skor Piala AFF 2022. Tim berjuluk The Golden Stars punya penyerang jempolan pada sosok Nguyen Tien Linh.

Penyerang berusia 25 tahun ini tercatat sudah mencetak tujuh gol dari 18 laga bersama Vietnam. Musim ini saja, dirinya telah mencetak 9 gol dari 20 laga bersama Becamex Binh Duong di kancah liga.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini