Liga

Regulasi Fase Grup Piala AFF 2022, Beda dari Edisi Sebelumnya

Regulasi fase grup Piala AFF 2022 berbeda dari tahun lalu.

Rauhanda Riyantama

Trofi Piala AFF 2022. (Dok. TheThao247)
Trofi Piala AFF 2022. (Dok. TheThao247)

Bolatimes.com - Piala AFF 2022 akan dimulai dengan babak penyisihan dari dua grup yang dibagi menjadi Grup A dan Grup B. Perhelatan ini rencananya mulai bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Di Piala AFF 2022, format kompetisi mengalami perubahan dibanding edisi 2020--yang terdampak pandemi Covid-19. Format kompetisi yang dipakai di edisi tahun ini akan kembali seperti turnamen edisi 2018.

Ada 10 negara dan akan gabung dua grup, masing-masing pool diisi lima tim nasional. Piala AFF 2022 digelar dengan format round robin, setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua pertandingan tandang.

Tim peringkat satu dan dua klasemen akhir masing-masing grup fase penyisihan, bakal melaju ke babak semifinal. Rinciannya, juara Grup A akan melawan runner-up Grup B, dan pimpinan Grup B melawan runner-up Grup A.

Laga semifinal hingga final sendiri nantinya akan digelar dengan sistem dua leg, kandang dan tandang.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Laga perdana Skuad Garuda bakal berlangsung pada Jumat (23/12/2022) di Stadion Gelora Bung Karno melawan Kamboja.

Regulasi Fase Grup

Aturan penentuan tim di klasemen fase awal untuk lolos ke semifinal ada tiga. Pertama tentu jumlah poin. Tim terbanyak mendapatkan poin di grupnya akan lolos sebagai semifinalis.

Aturan kedua adalah selisih gol semua pertandingan yang menentukan tim mana berhak lolos. Kemudian yang ketiga, jumlah gol yang dicetak.

Tetapi jika ada dua tim atau lebih tetap sama setelah tiga kriteria di atas ditetapkan, ada aturan tambahan. Penentuan posisi klasemen akan dihitung berdasarkan kriteria berikut ini.

1. Head to head tim posisinya sama

2. Adu penalti, ini dilakukan hanya jika tim seri dan mereka bertemu pada laga terakhir

3. Undian oleh AFF selaku panitia penyelenggara.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini