Liga

Daftar Pelatih Negara di Piala AFF 2022, Tak Ada Juru Taktik Lokal

Pelatih peserta Piala AFF 2022 seluruhnya bukan juru taktik lokal.

Rauhanda Riyantama

Shin Tae-yong pimpin TC timnas Indonesia U-19 di Turki. (YouTube/PSSI TV)
Shin Tae-yong pimpin TC timnas Indonesia U-19 di Turki. (YouTube/PSSI TV)

Bolatimes.com - Daftar pelatih negara di Piala AFF 2022 akan dibahas dalam artikel kali ini. Para juru taktik ini akan beradu strategi untuk membawa timnya meraih gelar juara.

Menariknya, dari daftar 10 peserta di Piala AFF 2022, semuanya dilatih oleh sosok asing. Lebih menariknya, pelatih asing ini didominasi oleh pelatih asal Korea Selatan.

Pelatih asal Korea Selatan kekinian menjadi yang paling diminati. Tentu, ada pertimbangan tersendiri mengenai penunjukan pelatih ini.

Juru latih asal Korsel dipandang memiliki karakter disiplin dan mampu membangun kekuatan tubuh para pemain. Dari 11 negara ASEAN, tiga negara mengandalkan pelatih Korsel.

Untuk tim-tim yang sudah lolos ke Piala AFF 2022, semua dihuni oleh pelatih non-lokal. Di Grup A, misalnya, Timnas Indonesia dilatih oleh Shin Tae-yong.

Setelah di edisi Piala AFF 2020 menjadi runner-up, Shin Tae-yong dipercaya bisa membawa Timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2022.

Kemudian rival Indonesia, Thailand, juga masih akan dilatih oleh pelatih asal Brasil, Alexandre Polking. Ini adalah tahun kedua Polking menjadi pelatih Thailand.

Begitu juga dengan Filipina yang akan dilatih oleh sosok asal Amerika Serikat, Thomas Dooley, yang menggantikan pelatih sebelumnya Stewart Hall.

Sementara Timnas Kamboja, masih akan dipimpin oleh duet pelatih asal Jepang, Keisuke Honda dan Ryu Hirose di Piala AFF 2022.

Beralih ke Grup B, ada Vietnam yang masih akan dipimpin oleh Park Hang-seo. Ajang Piala AFF 2022 sendiri dikabarkan menjadi perpisahan Park Hang-seo dengan Vietnam. Lalu ada Malaysia yang baru saja merekrut pelatih asal Korea Selatan, Kim Pan-gon.

Sementara Singapura kembali menunjuk pelatih asal Jepang, Takayuki Nishigaya untuk menjadi pengganti Tatsuma Yoshida. Sedangkan Laos dan Myanmar sama-sama dilatih oleh sosok asal Jerman. Laos dilatih oleh Michael Weiss dan Myanmar oleh Antoine Hey.

Kemudian tim yang belum lama ini lolos ke Piala AFF 2022 lewat jalur play-off, Brunei Darussalam, juga dilatih oleh sosok pelatih asing asal Spanyol, Mario Rivera.

Daftar Pelatih Negara di Piala AFF 2022:

Timnas Thailand: Alexandre Mano Polking (Brasil)

Timnas Vietnam: Park Hang-seo (Korea Selatan)

Timnas Indonesia: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Timnas Malaysia: Kim Pan-gon (Korea Selatan)

Timnas Filipina: Thomas Dooley (Amerika Serikat)

Timnas Myanmar: Antoine Hay (Jerman)

Timnas Kamboja: Ryu Hirose (Jepang)

Timnas Laos: Michael Weiss (Jerman)

Timnas Singapura: Takayuki Nishigaya (Jepang)

Timnas Brunei Darussalam: Mario Rivera (Spanyol)

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini