Liga

Profil AFC Fylde, Klub Kasta ke-6 Inggris yang Dikalahkan Elkan Baggott Cs di Piala FA

Elkan Baggott Cs berhasil mengalahkan AFC Fylde dalam pertandingan Piala FA 2022/2023

Irwan Febri Rialdi

Klub kasta ke-6 Inggris, AFC Fylde. (Facebook/AFC Fylde)
Klub kasta ke-6 Inggris, AFC Fylde. (Facebook/AFC Fylde)

Bolatimes.com - Mengenal AFC Fylde, tim yang baru saja dikalahkan Elkan Baggott dan Gillingham FC di putaran pertama Piala FA 2022/2023.

Elkan Baggott bersama timnya, Gillingham FC, meneruskan kiprahnya di kancah domestik Inggris. Usai melangkah jauh di Carabao Cup, kini keduanya melangkah jauh di ajang tertua, yakni Piala FA 2022/23.

Hal ini tercipta setelah Gillingham mengalahkan AFC Fylde dalam Piala FA 2022/2023 putaran pertama, Rabu (16/11) dinihari WIB.

Dalam laga yang berlangsung di markas Gillingham itu, Elkan dkk mampu mengalahkan tim tamu dengan skor tipis 1-0.

Laga ini sejatinya merupakan laga ulangan atau laga Replay. Sebelumnya Gillingham dan AFC Fylde sempat bermain imbang 1-1 pada Jumat (5/11) lalu.

Usai bermain imbang, kedua tim pun harus melakoni laga Replay, di mana Gillingham mampu menyingkirkan lawannya dengan skor tipis 1-0.

Gol kemenangan Gillingham di laga Replay ini pun tercipta di paruh pertama, tepatnya di menit ke-43, lewat gol Lewis Walker.

Sedangkan Elkan yang menjadi starter di laga ini, mampu menjaga gawang timnya dari kebobolan hingga mampu mempertahankan keunggulan sampai menit terakhir.

Berkat hasil tersebut, Gillingham pun berhak melaju ke putaran kedua Piala FA 2022/2023 dan dijadwalkan akan bertemu Dag & Red pada Sabtu (26/11).

Terlepas dari calon lawan yang akan dihadapi Gillingham di putaran kedua Piala FA 2022/2023, siapakah AFC Fylde tersebut? Berikut profilnya.

Profil AFC Fylde, Tim Kasta ke-6 Inggris

AFC Fylde merupakan tim kasta ke-6 Inggris yang berkiprah di Liga Nasional Utara atau National League North di musim ini.

Tim ini sendiri terbentuk pada 1988 lalu dengan nama Kirkham & Wesham, seiring mergernya Kirkham dan Wesham pada 1988 silam.

Butuh waktu 20 tahun bagi Kirkham & Wesham menggunakan nama tersebut, hingga akhirnya pada 2008 barulah tim ini berubah nama menjadi AFC Fylde.

Perjalanan AFC Fylde untuk menembus strata atas di sepak bola Inggris terbilang tak mudah. Meski tak mudah, tim ini mampu promosi sebanyak empat kali dari rentang tahun 2007 hingga 2017.

Usai malang melintang di kasta ke-9 dan ke-10 pada awal-awal tahun 2007 an, AFC Fylde perlahan merangkak naik ke Northern Premier League pada 2008.

Di Northern Premier League sendiri, AFC Fylde bertahan cukup lama, yakni sejak 2008 hingga 2014, sebelum akhirnya naik kasta ke National League.

Keberhasilan menembus National League itu merupakan keberhasilan perdana AFC Fylde sepanjang sejarahnya, sejak masih bernama Kirkham & Wesham.

Namun di National League ini, AFC Fylde kesulitan untuk naik kasta kembali dan masuk ke League Two atau kasta keempat sepak bola Inggris.

Malahan, AFC Fylde harus turun kasta ke National League North pada musim 2019/2020 usai finis di peringkat dua terbawah.

Meski berkiprah di kasta bawah, AFC Fylde tergolong berprestasi. Mereka pernah memenangkan FA Trophy, atau kompetisi yang dibuat FA untuk tim semi-profesional pada musim 2018/2019.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini