Liga

Profil Supachok Sarachat, Bintang Timnas Thailand yang Resmi Dapat Kontrak 5 Tahun di Klub Elite Jepang

Supachok Sarachat resmi dikontrak selama lima tahun oleh klub J1 League, Hokkaido Consadole Sapporo.

Irwan Febri Rialdi

Supachok Sarachat saat debut bersama Consadole Sapporo di Liga Jepang 2022. (Instagram/@supachok_19)
Supachok Sarachat saat debut bersama Consadole Sapporo di Liga Jepang 2022. (Instagram/@supachok_19)

Bolatimes.com - Gelandang andalan timnas Thailand, Supachok Sarachat, resmi mendapatkan perpanjangan kontrak dari klub J1 League, Hokkaido Consadole Sapporo.

Sebelumnya, Supachok Sarachat bermain untuk Consadole Sapporo dengan status sebagai pemain pinjaman dari klub kasta tertinggi Liga Thailand, Buriram United.

Setelah masa peminjamannya yang dimulai pada Juli lalu itu berakhir, Consadole Sapporo memutuskan untuk mempermanenkan status Supachok Sarachat dari Buriram United.

Pihak Consadole Sapporo juga telah mengumumkan secara resmi perekrutan secara permanen gelandang andalan timnas Thailand ini pada Sabtu (12/11/2022).

Sebagai informasi, kontrak baru Supachok ini akan membuatnya menjadi bagian dari Consadole Sapporo selama lima tahun ke depan, yakni dimulai pada 12 November 2022 hingga 31 Desember 2027.

Dia turut meramaikan deretan pesepak bola asal Thailand yang kini tengah meniti karier bersama tim asal Negeri Terbit seperti Chanathip Songkrasin (Kawasaki Frontale), hingga Theerathon Bunmathan (Yokohama F Marinos).

Profil Supachok Sarachat

Sebagai informasi, Supachok Sarachat merupakan pesepak bola Thailand yang tercatat lahir di kota Sisaket pada 22 Mei 1998. Ketika usianya menginjak 13 tahun, Sarachat bergabung dengan tim junior Buriram United.

Setelah menimba ilmu sekitar empat tahun berada di tim junior, Supachok Sarachat akhirnya mendapat kesempatan untuk promosi ke tim utama Buriram United pada 2015.

Sejak saat itu, Supachok Sarachat menjadi salah satu pemain penting di skuad Buriram United. Sebab, selama bermain di sana, dia sudah mencatatkan total 34 gol dan tujuh assist dari 150 penampilannya di kompetisi.

Penampilan terbaiknya selama berada di Buriram United terjadi pada musim 2019/20 ketika pemain berusia 24 tahun ini mampu mencetak 12 gol dari 25 penampilan.

Pada musim terakhirnya memperkuat Buriram United sebelum dipinjamkan ke Consadole Sapporo, Supachok Sarachat sudah mencetak lima gol dan lima assist dari total 26 aksinya di Thai League 1.

Setelah itu, karier Supachok dimulai bersama Consadole Sapporo. Setiap pertandingan, dia hanya memainkan laga sebagai pemain pengganti.

Artinya, dari tujuh pertandingan, belum ada satu pun yang dimulai sebagai starter. Namun demikian, ia tetap mampu menyumbangkan tiga assist untuk klub kasta tertinggi Liga Jepang tersebut.

Lewat penampilannya itulah, Supachok mendapatkan kontrak jangka panjang dari Consadole Sapporo selama lima tahun, yakni dimulai pada 12 November 2022 hingga 31 Desember 2027.

Di level tim nasional, Supachok Sarachat sudah menjalani debutnya bersama timnas Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Irak pada Agustus 2017 silam.

Sejauh ini, dia sudah mencetak tiga gol untuk timnas Thailand di mana 2 gol perdananya dicetak ke gawang Indonesia pada 10 September 2019 pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Adapun gol terbarunya untuk skuad Gajah Perang dicatatkan ketika melawan Trinidad dan Tobago pada ajang King’s Cup 2022 yang berlangsung di Chiang Mai, 15 September 2022.

Jauh sebelum itu, Supachok juga sudah menjadi andalan di level junior, tepatnya ketika memperkuat timnas U-19 dan U-23 Thailand di berbagai ajang internasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini