Liga

Profil Rico Lewis, Wonderkid Manchester City Pencetak Gol Termuda di Liga Champions

Rico Lewis bikin kejutan di laga pamungkas Grup G Liga Champions..

Husna Rahmayunita

Wonderkid Manchester City Rico Lewis di Liga Champions. (AFP/Oli Scarff)
Wonderkid Manchester City Rico Lewis di Liga Champions. (AFP/Oli Scarff)

Bolatimes.com - Di balik absennya Erling Haaland, Manchester City mampu melahirkan calon bintang baru dari seorang pemain yang belum genap berusia 18 tahun saat berlaga di Liga Champions.

Pep Guardiola membuat pertaruhan mahal dengan menurunkan Rico Lewis saat Manchester City menjamu Sevilla di matchday pamungkas fase Grup G Liga Champions 2022/2023.

Bertanding di Stadion Etihad pada Kamis (3/11/2022) Manchester City sukses membungkam Sevilla dengan skor meyakinkan 3-1.

Man City sempat tertinggal lebih dulu lewat aksi Rafa Mir padamenit ke-31, kedudukan 0-1 bahkan bertahan sampai babak pertama selesai.

Magis Man City muncul di awal babak kedua lewat seorang pemain muda yang dijadikan starter, pemain yang baru berusia 17 tahun 346 hari.

Adalah sosok Rico Lewis, pemain muda yang dipercaya Pep Guardiola menjadi starter di laga pamungkas fase grup Liga Champions.

Rico Lewis membuktikan diri dengan gol yang dicetaknya pada menit ke-52 sekaligus penyama kedudukan 1-1, hingga Man City pun sukses membalikkan kedudukan menjadi 3-1.

"Lewis sangat pintar. Dia patut mendapat apresiasi, dia bermain dengan bagus." ucap Pep Guardiola usai pertandingan.

Profil Rico Lewis

Rico Lewis merupakan produk asli akademi Manchester City, tergabung sejak usianya masih delapan tahun dan tumbuh menjadi pemain masa depan klub.

Namanya kini sejajar dengan bintang Barcelona, Ansu Fati bahkan hanya butuh 9 tahun untuk bisa nemebus skuad utama The Citizens.

Bagi Pep Guardiola, menit bermain di Liga Champions untuk Rico sangat layak karena kualitas yang dimiliki sang pemain.

Bahkan sebelumnya sempat dimainkan melawan Bayern Muenchen saat Man City melakoni tur pramusim di Amerika Serikat.

"Kami memantaunya sepanjang hari. Kami tidak memberikan hadiah di sini, bukan karena dia berasal dari akademi lalu dapat jam main, tetapi karena dia layak," ujar Guardiola.

"Saat sesi latihan, kami selalu berpikir anak ini memiliki sesuatu yang spesial. Dari segi bertahan, sudah agresif." imbuhnya.

Nama Lengkap: Rico Henry Lewis
Tempat lahir: Manchester, Inggris
Tanggal lahir: 21 November 2004
Kebangsaan: Inggris
Tinggi badan: 169 cm
Posisi: Bek sayap kanan
Klub: Manchester City

Karier Klub

2021 - Man City Youth
2022 - Man City U-18

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini