Liga

4 Pelatih yang Bisa Jadi Calon Suksesor Steven Gerrard di Aston Villa, Ada Eks Nakhoda Chelsea

Empat pelatih ini punya kualitas, tapi masih nganggur

Irwan Febri Rialdi

Thomas Tuchel saat masih menjadi pelatih Chelsea. (AFP)
Thomas Tuchel saat masih menjadi pelatih Chelsea. (AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pelatih muncul ke permukaan setelah kursi kepelatihan Aston Villa lowong karena ditinggalkan oleh Steven Gerrard.

Sebelumnya, nasib Steven Gerrard sebagai juru taktik Aston Villa telah resmi berakhir setelah pihak manajemen memberhentikannya. Keputusan ini diambil menyusul kekalahan telak dari Fulham pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris 2022/2023.

Pada laga yang berlangsung di markas The Cottagers, Jumat (21/10/2022) dini hari WIB itu, Aston Villa memang dibabat Fulham tiga gol tanpa balas.

Ini menjadi kekalahan keenam yang diraih oleh Aston Villa di Liga Primer Inggris musim ini. Secara keseluruhan, anak asuh Steven Gerrard hanya mampu meraih dua kemenangan dan tiga imbang.

Hasil ini membuat Aston Villa terburuk di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga Inggris. Situasi kritis inilah yang membuat pihak manajemen mengambil kebijakan tegas dengan mendepak Steven Gerrard dari kursi pelatih.

Setelah Gerrard angkat kaki dari Aston Villa, setidaknya ada beberapa nama pelatih yang layak dipertimbangkan oleh pihak manajemen.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat nama pelaih yang bisa menjadi calon suksesor Steven Gerrard sebagai nakhoda Aston Villa.

1. Julen Lopetegui

Jika ingin mendapatkan sosok pelatih yang memiliki segudang pengalaman di Liga Spanyol, maka nama Julen Lopetegui muncul yang paling depan.

Pasalnya, dia sudah tercatat menangani beberapa klub besar di La Liga seperti Real Madrid dan Sevilla. Ia juga pernah mengasuh timnas Spanyol selama dua tahun.

Prestasi terbarunya ialah membawa Sevilla meraih gelar juara UEFA Europa League 2019/2020. Ini bisa jadi pertimbangan khusus jika Aston Villa ingin menjajal atmosfer di Eropa.

2. Marcelo Bielsa

Marcelo Bielsa juga layak untuk menjadi salah satu kandidat suksesor Steven Gerrard di Aston Villa. Dia punya rekam jejak yang apik bersama Leeds United.

Pasalnya, juru taktik asal Argentina ini sudah membuktikan kapasitasnya dengan membawa Leeds United promosi ke Liga Primer Inggris.

Namun, setelah empat musim mengabdi, Marcelo Bielsa justru didepak pada musim 2021/2022. Statusnya sebagai pengangguran ini bisa jadi pertimbangan bagi Aston Villa.

3. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel juga berstatus sebagai pelatih yang memiliki rekam jejak mentereng untuk menggantikan Steven Gerrard sebagai bos baru Aston Villa.

Prestasi Thomas Tuchel bersama klub sebelumnya juga cukup impresif. Sebab, pelatih asal Jerman ini sukses membawa The Blues menjuarai Liga Champions 2020/2021.

Selain itu pula, pertimbangan lainnya ialah karena eks-pelatih Borussia Dortmund ini tengah menganggur selepas didepak oleh manajemen Chelsea.

4. Mauricio Pochettino

Nama terakhir yang patut mendapat pertimbangan dari manajemen Aston Villa sebagai suksesor Steven Gerrard ialah Mauricio Pochettino.

Salah satu alasan yang tepat menunjuk Pochettino menakhodai Aston Villa ialah pengalamannya bekerja di Liga Primer Inggris.

Saat ini, dia juga berstatus tanpa klub alias menganggur setelah sebelumnya didepak oleh Paris Saint-Germain (PSG) pada pertengahan Juli 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini