Liga

Dipecat Aston Villa, 3 Alasan Gerrard Cocok Jadi Asisten Jurgen Klopp di Liverpool

Apakah ini waktunya Steven Gerrard untuk 'pulang' ke Liverpool?

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Rangers, Steven Gerrard. (ANDY BUCHANAN / POOL / AFP)
Pelatih Rangers, Steven Gerrard. (ANDY BUCHANAN / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Setelah resmi didepak oleh manajemen Aston Villa, Steven Gerrard sebetulnya menjadi sosok pelatih yang tepat untuk mengasisteni Jurgen Klopp di staf kepelatihan Liverpool.

Sebelumnya, nasib Steven Gerrard sebagai juru taktik Aston Villa telah resmi berakhir setelah pihak manajemen memberhentikannya. Keputusan ini diambil menyusul kekalahan telak dari Fulham pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris 2022/2023.

Pada laga yang berlangsung di markas The Cottagers, Jumat (21/10/2022) dini hari WIB itu, Aston Villa memang dibabat Fulham tiga gol tanpa balas.

Ini menjadi kekalahan keenam yang diraih oleh Aston Villa di Liga Primer Inggris musim ini. Secara keseluruhan, anak asuh Steven Gerrard hanya mampu meraih dua kemenangan dan tiga imbang.

Hasil ini membuat Aston Villa terburuk di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga Inggris. Situasi kritis inilah yang membuat pihak manajemen mengambil kebijakan tegas dengan mendepak Steven Gerrard dari kursi pelatih.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Steven Gerrard cocok menjadi asisten Jurgen Klopp di Liverpool seusai dipecat oleh Aston Villa.

1. Kualitas yang Mumpuni

Kualitas Steven Gerrard sebagai pelatih sebetulnya cukup mumpuni, terlepas dari kegagalannya membawa Aston Villa bersinar di awal musim ini.

Sebab, sebelumnya dia sudah membuktikan kapasitasnya dengan membawa Glasgow Rangers menjuarai Scottish Premiership 2020/2021.

Gelar juara itu tak hanya membuat Glasgow Rangers mengakhiri dominasi Glasgow Celtic saja. Sebab, ada sederet rekor impresif yang turut dicatatkan Gerrard.

Sebagai informasi, gelar juara ini diraih dengan catatan tanpa kekalahan. Sebab, dari 38 pertandingan, mereka sukses mengoleksi 32 kemenangan dan enam seri.

Gerrard juga sukses membawa Rangers meraih rekor 100% kemenangan di kandang saat menjuarai gelar Liga Primer Skotlandia tersebut.

2. Calon Penerus Jurgen Klopp

Status Steven Gerrard sebagai legenda Liverpool memang sangat layak untuk membantu Jurgen Klopp di staf kepelatihan The Reds.

Apalagi, hal ini bisa membuat Gerrard semakin memperkaya ilmu kepelatihannya di bawah bimbingan Jurgen Klopp yang memiliki rekam jejak mengagumkan.

Oleh sebab itu, Steven Gerrard nantinya bakal bisa menjadi penerus Jurgen Klopp jika suatu saat Liverpool mengakhiri kerja sama denganeks-pelatih BorussiaDortmun  tersebut.

3. Jadi Panutan untuk Pemain Muda

Sosok Steven Gerrard yang menjadi mantan pemain bintang sekaligus legenda Liverpool bisa sangat penting sebagai contoh para pemain mudanya.

Sebab, para pemain muda membutuhkan bimbingan dari sosok pelatih yang berpengalaman. Tak dimungkiri, Gerrard adalah pemain yang diidolakan oleh para pemain muda Liverpool.

Oleh sebab itu, kehadiran mantan kapten Liverpool ini bakal memberikan pelajaran penting bagi para pemain mudanya. Sebab, ada sosok mentor yang bisa menjadi pembimbing.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini