5 Pemain Cadangan yang Pernah Hattrick di Liga Inggris, Ada Eks Chelsea

Para Super Sub ini mampu mencetak tiga gol yang mengantarkan timnya menang.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 18 Oktober 2022 | 07:08 WIB
Striker Chelsea Romelu Lukaku menciptakan gol semata wayang saat The Blues menaklukkan Zenit St Petersburg dalam laga Grup H Liga Champions League di Stamford Bridge, London, Inggris, 14 September 2021. (REUTERS/HANNAH MCKAY)

Striker Chelsea Romelu Lukaku menciptakan gol semata wayang saat The Blues menaklukkan Zenit St Petersburg dalam laga Grup H Liga Champions League di Stamford Bridge, London, Inggris, 14 September 2021. (REUTERS/HANNAH MCKAY)

Bolatimes.com - Deretan pesepak bola yang pernah mencetak Hattrick atau tiga gol dalam satu laga di Liga Inggris kendati berstatus sebagai pemain cadangan.

Menjadi pemain cadangan kerap dianggap sebelah mata oleh banyak pecinta sepak bola. Sebab, para pemain cadangan ini dianggap hanya sebagai pelapis dari para pemain di lapangan.

Meski kerap mendapat pandangan miring, pemain cadangan terkadang bisa menjadi penentu kemenangan bagi timnya saat bertanding.

Tak pelak, para pemain cadangan ini mendapat julukan Super sub. Julukan ini diberikan bagi pemain cadangan yang bisa menjadi pahlawan bagi timnya.

Dalam dunia sepak bola, julukan Super Sub ini mampir ke pemain yang menjadi penentu kemenangan timnya lewat gol-golnya meski turun ke lapangan sebagai pemain cadangan.

Sebut saja Ole Gunnar Solskjaer, pemain legendaris Manchester United yang berstatus Super Sub terbaik sepanjang masa karena kerap menjadi penentu.

Berbicara soal Supersub, di kompetisi Liga Inggris terdapat beberapa pemain Super Sub yang benar-benar ‘Super’.

Para Super Sub ini disebut ‘Super’ karena mampu mencetak hattrick dalam satu laga Liga Inggris meski turun sebagai pemain cadangan.

Lantas, siapa saja para pemain cadangan atau Super Sub yang bisa mencetak Hattrick meski berstatus pemain pengganti?

1. Son Heung-min

Selebrasi Son Heung-min setelah mencetak gol untuk Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris pekan terakhir lawan Norwich pada 22 Mei 2022. ANTARA/Reuters/PAUL CHILDS
Selebrasi Son Heung-min setelah mencetak gol untuk Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris pekan terakhir lawan Norwich pada 22 Mei 2022. ANTARA/Reuters/PAUL CHILDS

Son Heung-min bisa disebut sebagai Super Sub terbaik di Liga Inggris, setidaknya untuk musim ini atau musim 2022/2023 ini.

Sebab, ia mampu mencetak Hattrick bagi timnya, Tottenham Hotspur, meski turun sebagai pemain pengganti di laga melawan Leicester City, Sabtu (17/9).

Dalam laga yang berkesudahan 6-2 untuk Tottenham itu, Son Heung-min masuk di menit ke-59 dan kemudian mencetak Hattrick dalam tempo 13 menit saja.

2. Romelu Lukaku

Tak ada yang meragukan ketajaman Romelu Lukaku sebagai penyerang, terutama saat dirinya berkiprah di Liga Inggris.

Hal tersebut terjadi pada musim 19 Mei 2013. Saat itu Lukaku mampu mencetak Hattrick bagi West Bromwich Albion saat bermain imbang 5-5 dengan Manchester United.

Lukaku mampu mencetak Hattrick tersebut di babak kedua. Hebatnya, Hattrick sebagai Super Sub itu dicetak di laga terakhir Manchester United bersama Sir Alex Ferguson.

3. Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer saat masih menjadi pemain Manchester United (Andrew Yates/AFP)
Ole Gunnar Solskjaer saat masih menjadi pemain Manchester United (Andrew Yates/AFP)

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Ole Gunnar Solskjaer merupakan Super Sub terbaik sepanjang masa, terutama di kancah Liga Inggris.

Hal ini dibuktikannya pada tahun 1999 silam, saat Manchester United mengalahkan Nottingham Forest dengan skor 8-1.

Di laga itu, Manchester United yang telah unggul 4-1, memasukkan Solskjaer di menit ke-72. Tak disangka, dirinya justru mampu mencetak empat gol dalam waktu 12 menit saja.

4. Jimmy Floyd Hasselbaink

Liga Inggris juga mempunyai salah satu penyerang tajam pada sosok Jimmy Floyd Hasselbaink. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki sepakan keras.

Kehebatan Hasselbaink sebagai penyerang pernah ditunjukkannya kala berseragam Chelsea di tahun 2004, kala The Blues menang 5-2 atas Wolverhampton Wanderers.

Dalam laga itu, Chelsea yang tengah imbang 2-2 atas Wolves, memasukkan Hasselbaink di menit ke-79 dan berhasil mencetak tiga gol dalam waktu 11 menit.

5. Emmanuel Adebayor

Pemain asal Togo Emmanuel Adebayor [AFP]
Pemain asal Togo Emmanuel Adebayor [AFP]

Emmanuel Adebayor juga merupakan penyerang tajam yang pernah merumput di Liga Inggris. Tercatat, dirinya pernah membela tiga klub besar di kompetisi itu.

Saat membela Arsenal, Adebayor membuktikan ketajamannya dengan mencetak Hattrick sebagai pemain pengganti kala The Gunners bertemu Derby County.

Di laga yang berlangsung tahun 2008 itu, Adebayor masuk menggantikan Robin van Persie dan mampu mencetak Hattrick yang membawa Arsenal menang 6-2 atas Derby County.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak