Liga

Profil Antony, Winger Ajax Seharga Rp 1,4 Triliun yang Segera Gabung Manchester United

Antony diboyong dengan harga Rp 1,4 triliun dan diikat kontrak lima tahun

Irwan Febri Rialdi

Pemain Ajax Amsterdam, Antony. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)
Pemain Ajax Amsterdam, Antony. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)

Bolatimes.com - Winger muda Ajax Amsterdam, Antony, dikabarkan selangkah lagi segera bergabung dengan Manchester United. Hal ini disampaikan oleh jurnalis ahli transfer asal Italia, Fabrizio Romano, lewat cuitan di Twitter.

Disebutkan pula bahwa kepindahan pemain asal Brasil itu akan memecahkan rekor transfer di Liga Belanda. Ini juga menjadi kelanjutan dari saga transfer Antony yang sebelumnya dikabarkan sudah mencapai kesepakatan personal dengan MU.

Tak tanggung-tanggung, Fabrizio Romano menyebut nilai transfer Antony ke Man United akan memakan biaya hingga 100 juta euro atau Rp 1,4 triliun.

Dalam transfer tersebut Antony akan mendapatkan kontrak lima tahun bersama Man Utd dengan opsi tambahan satu tahun.

Dengan nilai transfer ini, Antony disebut akan menjadi pemain termahal dalam sejarah transfer Liga Belanda. Lantas, siapa sebetulnya Antony ini?

Profil Antony

Sosok dengan nama lengkap Antony Matheus dos Santos ini lahir di Osasco, São Paulo, Brasil, pada 24 Februari 2000. Sebagai bocah Brasil, sepak bola sudah lekat dengannya sejak kecil.

Karier sepak bola makin serius setelah bergabung dengan akademi Sao Paulo saat usianya 10 tahun atau pada tahun 2010.

Bersama tim junior Sao Paulo, Antony menjuarai turnamen J League Challenge di Jepang pada 2018. Di ajang itu, Antony terpilih sebagai pemain terbaik.

Pada September 2018, Antony kemudian dipromosikan ke tim utama Sao Paulo bersama Helinho dan Igor Gomes. Dia menandatangani kontrak di tim senior hingga 2023.

Pada musim perdananya di tim utama Sao Paulo, Antony tidak banyak mendapat kesempatan. Dia cuma bermain tiga kali tanpa menyumbang gol.

Musim kedua Antony pada 2020/21 menjadi musim yang menakjubkan. Dia bermain 45 kali di semua kompetisi dengan mencetak 6 gol.

Ajax lalu bergerak cepat mengamankan tanda tangan Antony dengan transfer sebesar 13 juta poundsterling pada Februari 2020.

Pada musim perdananya di Ajax, Antony langsung tampil moncer dengan mencetak 10 gol dan 10 assist dari 46 penampilan di semua ajang.

Semakin impresif penampilan Antony di musim 2021/22 dengan mencetak 12 gol dan 10 assist dari 33 penampilan di semua kompetisi.

Di level tim nasional, Antony merupakan bagian dari Timnas Brasil U-23 yang meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Debutnya di timnas Brasil senior terjadi pada 7 Oktober 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini