Liga

Profil Jim Ratcliffe, Pengusaha Inggris yang Ingin Beli Manchester United

Sekaya apa Sir Jim Ratcliffe?

Irwan Febri Rialdi

Bos INEOS Group dan pemilik klub Liga Prancis Nice, Jim Ratcliffe, terlihat sebelum pertandingan final Piala Prancis antara OGC Nice dan FC Nantes di Stade de France, Saint-Denis, Paris, 7 Mei 2022. [AFP/BERTRAND GUAY]
Bos INEOS Group dan pemilik klub Liga Prancis Nice, Jim Ratcliffe, terlihat sebelum pertandingan final Piala Prancis antara OGC Nice dan FC Nantes di Stade de France, Saint-Denis, Paris, 7 Mei 2022. [AFP/BERTRAND GUAY]

Bolatimes.com - Sir Jim Ratcliffe sedang jadi sorotan. Penguasa asal Inggris tersebut dikabarkan siap membeli saham Manchester United.

Jim Ratcliffe dipastikan menjadi calon pembeli terkuat Manchester United jika raksasa sepak bola Inggris itu dijual ke pasar, kata kata juru bicara miliarder petrokimia Ineos itu seperti dikutip AFP, Kamis (18/8/2022).

Ineos menanggapi laporan bahwa pemilik United saat ini, keluarga Glazer yang berbasis di AS, sedang mempertimbangkan menjual saham minoritas Setan Merah yang tengah melewati awal musim menyedihkan di bawah manajer baru Erik ten Hag.

Juru bicara Ineos mengatakan kepada The Times bahwa Ratcliffe yang merupakan orang terkaya di Inggris, siap membeli saham tersebut sebagai awal untuk sepenuhnya mengendalikan Old Trafford.

Keluarga Glazer, yang membeli United pada 2005 dengan dana dari utang sehingga kemudian membebani klub dengan utang besar, sejak lama dituduh telah mengeruk keuntungan jauh lebih banyak dari dana yang mereka investasikan, termasuk dalam hal dana transfer pemain.

Lantas, siapa sebetulnya Sir Jim Ratcliffe ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jim Ratcliffe

Sosok bernama lengkap Sir James Arthur Ratcliffe ini lahir pada 18 Oktober 1952. Dia mendirikan Grup Ineos pada 1998 yang bergerak di industri kimia.

Ia menjabat sebagai CEO dan Chairman perusahaan yang ia kini miliki sebanyak dua sepertiga bagian tersebut. 

Ratcliffe merupakan kelahiran Failsworth, area di Greater Manchester, sehingga tidak mengherankan jika dirinya merupakan fans Man United sejak kecil.

Saat ini kekayaan Sir James Ratcliffe ditaksir mencapai 7,12 miliar dolar atau sekitar 104 triliun rupiah menurut laporan Bloomberg, sedangkan per laporan Forbes kekayaannya mencapai 16,3 miliar dolar.

Dengan duit berlimpah, Ratcliffe ternyata sudah berkecimpung di dunia olahraga. Dia menjadi pemilik klub Ligue 1, Nice, klub Liga Swiss FC Lausanne-Sport, dan tim sepeda Ineos Grenaders.

Dia membeli FC Lausanne pada November 2017 dan membeli Nice pada Agustus 2019 dengan duit 100 juta euro, lalu membeli tim sepeda Team Sky yang diganti menjadi Team Ineos.

Tak hanya itu, Ratcliffe juga menjadi sponsor dari tim Mercedes di Formula 1. Perusahaannya juga menjadi sponsor dari timnas rugby Selandia Baru.

Di luar sepak bola, Sir James Ratcliffe menyukai petualangan. Dia sudah pernah melakukan ekspedisi ke Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Kini dirinya tinggal di Monako dan Hampshire, Inggris, bersama pasangannya, Cathrine Polli. Sebelumnya dia bercerai dengan istrinya, Carol Pieroni, pada 2022 yang dinikahi sejak 1985.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini