Liga

Elon Musk Cuma Nge-Prank, Pengusaha Inggris Ini Serius Ingin Beli Manchester United

Manchester United kabarnya akan dijual

Irwan Febri Rialdi

Manajer Manchester United Erik ten Hag berbicara dengan Alejandro Garnacho dan Cristiano Ronaldo saat jeda minum dalam laga persahabatan pramusim antara Manchester United dan Rayo Vallecano di Old Trafford, Manchester, Inggris, 31 Juli 2022. (Action Images via Reuters/ED SYKES)
Manajer Manchester United Erik ten Hag berbicara dengan Alejandro Garnacho dan Cristiano Ronaldo saat jeda minum dalam laga persahabatan pramusim antara Manchester United dan Rayo Vallecano di Old Trafford, Manchester, Inggris, 31 Juli 2022. (Action Images via Reuters/ED SYKES)

Bolatimes.com - Pengusaha Inggris Jim Ratcliffe menjadi calon pembeli terkuat Manchester United apabila klub yang bermarkas di Old Traford itu dijual ke pasar, kata juru bicara miliarder petrokimia Ineos itu seperti dikutip AFP, Kamis.

Ineos menanggapi laporan bahwa pemilik United saat ini, keluarga Glazer yang berbasis di AS, sedang mempertimbangkan menjual saham minoritas Setan Merah yang tengah melewati awal musim menyedihkan di bawah manajer baru Erik ten Hag.

Juru bicara Ineos mengatakan kepada The Times bahwa Ratcliffe yang merupakan orang terkaya di Inggris, siap membeli saham tersebut sebagai awal untuk sepenuhnya mengendalikan Old Trafford.

"Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik berbicara dengan tujuan kepemilikan jangka panjang," tambah juru bicara itu.

Keluarga Glazer, yang membeli United pada 2005 dengan dana dari utang sehingga kemudian membebani klub dengan utang besar, sejak lama dituduh telah mengeruk keuntungan jauh lebih banyak dari dana yang mereka investasikan, termasuk dalam hal dana transfer pemain.

Mereka semakin membuat marah penggemar United setelah mendukung proyek kontroversial Liga Super Eropa pada April tahun lalu.

United terakhir menjuarai Liga Premier pada 2013 dan tak pernah lagi mengangkat trofi utama sejak 2017. Mereka dibantai 0-4 oleh Brentford sehingga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun berada di dasar klasemen.

"Ini bukan tentang uang yang dibelanjakan atau tidak dibelanjakan," kata juru bicara Ineos juga kepada The Times.

"Jim sedang mempelajari apa yang bisa dilakukan saat ini dan, dia tahu betapa pentingnya klub ini untuk kota itu, rasanya waktu yang tepat untuk menata ulang."

Ratcliffe yang penggemar berat United gagal mengakuisisi Chelsea pada Mei lalu karena kalah dari konsorsium pimpinan pengusaha AS Todd Boehly.

Ineos sudah memiliki klub sepak bola Ligue 1 Prancis Nice, klub Swiss FC Lausanne-Sport, tim balap sepeda Team Sky, dan juga mensponsori Mercedes yang menjadi juara dunia konstruktor Formula 1.

Ketertarikan mereka membeli saham Glazer muncul setelah Elon Musk, si orang terkaya di dunia menyatakan hanya bercanda soal membeli United.

"Saya membeli Manchester United," cuit Musk yang beberapa jam kemudian mengklarifikasi lagi, "Tidak, ini lelucon lama di Twitter. Saya tak membeli satu pun klub olah raga.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini