Liga

Profil Pascal Gross, Pemain Brighton yang Hancurkan Manchester United

Pascal Gross permalukan Machester United.

Husna Rahmayunita

Pemain Brighton Pascal Gross saat mengalahkan Manchester United di Old Traford, Senin (8/8/2022). (AFP/Lindsey Parnaby)
Pemain Brighton Pascal Gross saat mengalahkan Manchester United di Old Traford, Senin (8/8/2022). (AFP/Lindsey Parnaby)

Bolatimes.com - Pascal Gross menjadi momok bagi Manchester United. Gelandang milik Brighton & Hove Albion itu membawa timnya mengalahkan The Red Devils.

Pada laga pekan pertama Liga Inggris 2022/23 yang berlangsung di Old Trafford, Minggu (7/8/2022) malam WIB itu, Man United keok 1-2.

Brighton sudah unggul 2-0 di babak pertama. Dua gol Brighton diborong oleh Pascal Gross yang membobol gawang David De Gea di menit ke-30 dan 39. 

Gawang Man United sendiri memang jadi favorit Pascal Gross untuk mencetak gol. Menurut catatan Opta, dia sudah mencetak total enam gol ke gawang Man United di Liga Inggris.

Bahkan torehan gol itu dua kali lebih banyak dari yang pernah dia cetak ke gawang tim lain. Tak cuma itu, ini juga kali ketiga Pascal Gross jadi penentu kemenangan Brighton atas Manchester United.

Hal serupa pernah dilakukan oleh gelandang asal Jerman tersebut pada Mei 2018 dan Agustus 2018. Dengan begini, aman mengatakan Pascal Gross sebagai nemesis Man United.

Tak cuma membuatnya jadi mimpi buruk pasukan Erik ten Hag, kemenangan ini juga menjadi kemenangan perdana Brighton sepanjang sejarah di Old Trafford. 

Lantas, siapa sebetulnya Pascal Gross? Berikut ulasannya!

Profil Pascal Gross

Pacal Gross adalah pemain kelahiran Mannheim, Jerman, pada 15 Juni 1991. Perjalanan kariernya dimulai di klub lokal, Vfl Neckarau.

Setelah itu dia pindah ke akademi 1899 Hoffenheim pada 2007. Dia menembus tim utama Hoffenheim pada 2008 dan 2009 dan mencatatkan 5 laga di Bundesliga.

Gross sempat dipindahkan ke Karlsruher SC pada 2011 hingga akhirnya bergabung dengan klub Bundesliga 2, FC Ingolstadt 04 pada 2012.

Di Ingolstadt, Pascal Gross mulai mendapat banyak menit bermain. Musim terbaiknya hadir pada 2014/15 dengan mencatatkan 7 gol dari 35 laga.

Di musim itu pula Pascal Gross mengantarkan FC Ingolstadt menjadi kampiun Bundesliga 2 dan promosi ke Bundesliga. Selama dua musim Pascal Gross bermain di Bundesliga bersama Ingolstadt.

Pascal Gross lalu diboyong oleh Brighton & Hove Albion pada Mei 2017 dengan biaya 3 juta poundsterling. Di Brighton, Pascal Gross tak tergantikan di lini tengah.

Pada musim perdananya di Brighton dan Liga Inggris, Pascal Gross mencetak 7 gol dari 38 penampilan. Meski jumlah golnya menurun setiap musim, dia tetap berperan penting di lini tengah Brighton.

Selama lima musim terakhir bermain di Brighton & Hove Albion, Pascal Gross sudah mencatatkan 170 penampilan di semua ajang dan mencetak 17 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini