Liga

Usir Halus, Frenkie De Jong Lagi-lagi Dijadikan Bek di Barcelona

De Jong kembali dimainkan sebagai bek saat Barcelona melawan Juventus

Irwan Febri Rialdi

Gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong. (JOSEP LAGO / AFP)
Gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, lagi-lagi menempatkan Frenkie de Jong sebagai bek tengah ketika tim Catalan berhadapan dengan Juventus pada Rabu (27/7/2022) waktu setempat.

Duel Barcelona vs Juventus berlangsung di Dallas, Amerika Serikat. Dalam laga persahabatan itu, Frenkie de Jong tampil dari bangku cadangan pada babak kedua.

Alih-alih bermain sebagai gelandang bertahan sebagaimana posisi asilnya, Xavi Hernandez kembali menempatkan Frenkie de Jong sebagai bek tengah dalam formasi 4-3-3.

De Jong tampil menggantikan Eric Garcia pada menit ke-46, sementara pos gelandang bertahan yang ditempati Sergio Busquets, diberikan kepada Miralem Pjanic.

Ini jadi kali kedua Frenkie de Jong bermain sebagai bek tengah dalam laga pramusim Barcelona di Amerika Serikat. Sebelumnya, dia juga dijadikan pemain bertahan ketika tim Catalan menang 1-0 atas Real Madrid.

Situasi itu dinilai ada kaitannya dengan masa depan De Jong di Barcelona. Blaugrana diketahui sudah mencapai kesepakatan dengan Manchester United untuk menjualnya, tetapi sang pemain disebut menolak pindah.

Pelatih Barcelona Spanyol Xavi Hernandez memegang bola pada pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara FC Barcelona dan Cadiz CF di stadion Camp Nou di Barcelona pada 18 April 2022.LLUIS GEN/AFP
Pelatih Barcelona Spanyol Xavi Hernandez memegang bola pada pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara FC Barcelona dan Cadiz CF di stadion Camp Nou di Barcelona pada 18 April 2022.LLUIS GEN/AFP

Barcelona yang sempat enggan melepas De Jong, luluh oleh tawaran 75 juta poundsterling plus bonus 10 juta poundsterling. Keputusan mereka disebut lebih kepada aspek ekonomi alih-alih olahraga lantaran jasa sang pemain sejatinya sangat dibutuhkan.

Sebelum menempatkan De Jong sebagai bek tengah, Xavi Hernandez telah menyampaikan kepada sang pemain bahwa jika ingin bertahan di Camp Nou, gelandang timnas Belanda itu harus mau potong gaji hingga 50 persen.

Frenkie de Jong disebut setuju dengan kesepakatan itu demi tetap bertahan di Barcelona yang diketahui memiliki hutang gaji kepadanya sekitar 17 juta pound kepadanya.

Xavi Hernandez sendiri berkilah bahwa keputusannya menempatkan De Jong sebagai pemain bertahan bukanlah isyarat untuk menekan sang pemain agar menerima pinangan Manchester United. Hal itu, lanjut Xavi, lebih ke arah taktikal.

"Dia [De Jong] bisa berkontribusi besar kepada kami sebagai seorang bek tengah," ujar Xavi yang dikutip Marca.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini