Liga

Profil Calvin Ramsay, Bek Baru Liverpool yang Baru Berusia 18 Tahun

Seberapa hebat Calvin Ramsay?

Irwan Febri Rialdi

Bek sayap muda milik klub Skotlandia, Aberdeen, Calvin Ramsay (kiri). [Instagram/@calvin_ramsay]
Bek sayap muda milik klub Skotlandia, Aberdeen, Calvin Ramsay (kiri). [Instagram/@calvin_ramsay]

Bolatimes.com - Liverpool kembali bergerak di bursa transfer musim panas ini. Sekarang The Reds memperkuat lini belakang dengan mendatangkan  Calvin Ramsay.

Ramsay direkrut dari klub Liga Utama Skotlandia, Aberdeen. Runner-up Liga Inggris musim lalu itu mengonfirmasi langsung sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (20/6/2022).

Ramsay menjadi rekrutan musim panas ketiga klub Merseyside tersebut setelah pemain sayap Fabio Carvalho dan penyerang Darwin Nunez.

Media Inggris melaporkan Liverpool membayar Aberdeen dengan 4,5 juta pound ditambah bonus untuk bek kanan berusia 18 tahun tersebut.

Ramsay membuat sembilan assist dalam 33 penampilan bersama Aberdeen selama musim 2021-2022 saat mereka nyaris terdegradasi dari liga papan atas Skotlandia dan mencapai babak final kualifikasi Liga Conference Europa.

Kehadiran Ramsay bisa menjadi serep dari Trent Alexander-Arnold di sisi kanan pertahanan Liverpool. Lantas, siapa sebetulnya Calvin Ramsay ini?

Profil Calvin Ramsay

Sosok dengan nama lengkap Calvin William Ramsay ini lahir pada 31 Juli 2003. Dia merupakan produk asli akademi Aberdeen.

Dia bergabung di akademi Aberdeen sejak 2012. Pada 2019, dia tergabung dengan tim U-21 Aberdeen, tetapi hanya memainkan 1 pertandingan.

Satu musim berselang, bakat yang ditunjukan Ramsay membuatnya menembus tim utama. Dia lalu melakoni debutnya pada Maret 2020 bersama tim utama Aberdeen.

Saat itu dia diberikan kepercayaan oleh caretaker Aberdeen, Paul Sheerin. Pada musim perdananya di tim utama, Ramsay melakoni 6 pertandingan di semua kompetisi.

Tidak butuh waktu lama buat Ramsay mencuri tempat utama di sisi kanan pertahanan Aberdeen. Dia mendapat tempat reguler sepanjang musim 2021/22.

Ramsay juga melakoni debutnya di kompetisi Eropa pada musim itu dengan menghadapi BK Hacken di Kualifikasi Liga Konferensi Eropa.

Jika ditotal, Calvin Ramsay memainkan 33 pertandingan di semua kompetisi dengan mencatatkan 1 gol yang dicetak di Liga Skotlandia.

Atas penampilan yang ciamik sepanjang musim, Ramsay pun mendapat penghargaan Pemain Muda Terbaik di Skotlandia.

Berkat penampilan apiknya itu pula, Ramsay bisa menyeberang ke Inggris untuk bergabung bersama Liverpool yang diperkirakan membelinya dengan biaya 4,2 juta poundsterling.

Dengan nilai tersebut, Ramsay resmi tercatat sebagai penjualan termahal dari Aberdeen sepanjang sejarah berdirinya klub.

Di level tim nasional, Ramsay juga jadi langganan bermain di beberapa kelompok usia. Dia pernah membela Skotlandia U-16, U-17, dan U-21.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini